Pembuatan Lampion

Bacalah teks rekaman percobaan yang disusun secara acak berikut!
 Pembuatan Lampion


Nah, pembuatan lampion cukup mudah dilakukan. Ternyata kita bisa memanfaatkan bahan di sekitar kita untuk membuat lampion. Jika kamu pandai memanfaatkan barang-barang di sekitarmu untuk membuat barang kerajinan, keterampilanmu akan dapat menghasilkan uang.

Alat dan Bahan

1.    Balon karet
2.    Gunting
3.    Benang warna
4.    Lem kayu
5.    Kuas
6.    Kain flanel
7.    Bola lampu

Membuat lampion dengan menggunakan menang merupakan salah satu kerajinan tangan yang dapat dibuat sendiri dengan cukup mudah. Kamu dapat membuat prakarya yang satu ini untuk mengisi waktu luangmu. Selain itu bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan. Kerajinan yang satu ini selain menambah kreativitas juga dapat dijual untuk menunjang pendapatan sehari-hari.


Langkah-Langkah Pembuatannya

Setelah semua alat serta bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan lampion benang sudah siap, maka sekarang kita akan lanjut ke langkah-langkah untuk membuatnya:
1. Ambil balon karet yang tadi sudah disiapkan, isi angin dengan meniup atau memompa!
2. Masukan lem kayu dalam wadah, kemudian campur dengan sedikit air supaya lem lebih encer!
3.  Gunakanlah kuas untuk melapisi permukaan balon dengan lem tadi agar benang dapat menempel pada balon dengan baik!
4. Lilitkan benang ke balon secara acak! Bila lilitan benang telah kelihatan rata dan tebal, lapisi kembali seluruh permukaannya dengan menggunakan lem serta lilitkan lagi benang ke balonnya. Lakukan langkah ini berulan-ulang hingga tingkat ketebalan balon seperti kamu inginkan!
5. Tunggu lem hingga mengering! Usahakan dalam proses pengeringan dengan cara diangin-anginkan.
6. Setelah lem tadi benar-benar kering. kemudian potonglah pada bagian bawah balon untuk membuat lubangnya agar nantinya bisa dipasang lampu.
7. Satukan lampion yang sudah dibuat dengan bohlam lampu yang sudah disiapkan!
8.  Hiasi dengan kain flanel kemudian bentuklah dengan jenis karakter lucu yang kamu suka.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, lampion yang indah pun sudah selesai dibuat. Meskipun sedikit susah, tetapi jika kita ulet dan teliti dalam proses membuatnya maka akan terasa lebih mudah dan cepat dalam pembuatan lampion ini.


Sumber: https://gopena.com/contoh-teks-rekaman-percobaan/
Previous
Next Post »