5. Penyusunan Teks Rekaman Percobaan


Materi Penyusunan Teks Rekaman Percobaan

Di dalam pembelajaran, melakukan percobaan atau eksperimen adalah hal yang penting. Eksperiman atau percobaan ini dilakukan untuk menguji kebenaran suatu hal terkait ilmu pengetahuan.

Tindakan untuk menguji atau mengamati ini berguna untuk mengecek kebenaran atau menyalahkan maupun mengenali suatu hubungan antara suatu hal dalam ranah ilmu pengetahuan. Di dalam percobaan inilah, diperlu suatu laporan yang menerangkan hasil percobaan.

Laporan yang dilakukan setelah melakukan percobaan inilah yang sering disebut sebagai teks rekaman percobaan. Lebih lanjut, pengertian teks percobaan, struktur, unsur kebahasaan dan juga contoh teks rekaman percobaan akan dibahas dalam artikelnya.


Pengertian Teks Rekaman Percobaan

Pengertian teks rekaman percobaan adalah susunan teks yang dibuat dengan isi yang menceritakan atau menyampaikan hal -hal terkait percobaan yang telah dilakukan oleh penulis atau peneliti.

Teks rekaman percobaan umumnya dibuat untuk melengkapi suatu proses yang dilakukan atas dasar ilmu pengetahuan. Misalnya seperti untuk percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum. Seluruh percobaan ini juga harus dilakukan dengan landasan ilmiah yang jelas.

Cara menyusun teks rekaman percobaan sangat penting untuk pahami oleh para pelajar dan peneliti karena mereka tentu akan banyak melakukan percobaan untuk memperkuat disiplin keilmuan.

Struktur Teks Rekaman Percobaan

Terdapat empat struktur yang menyusun teks rekaman percobaan sehingga menjadi satu kesatuan, dan hampir sama dengan teks prosedur, hanya saja di teks prosedur tidak ada hasil dan simpulan. Struktur tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tujuan serta alat dan bahan
  2. Langkah-langkah
  3. Hasil
  4. Simpulan


Unsur Kebahasaan Teks Rekaman Percobaan

Adapun ciri kebahasaan yang biasa digunakan dalam teks rekaman percobaan dituliskan sebagai berikut.

  1. Sinonim dan Antonim
  2. Kalimat Kompleks/Kalimat Majemuk
  3. Kata Hubung
  4. Kata rujukan
  5. Istilah teknis
  6. Kalimat perintah
  7. Kata bilangan





Video Pembuatan Perangkap Tikus Sederhana
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=atndeZ-NrEA

Soal Penyusunan Teks Rekaman Percobaan

Agar kalian memahami cara menyusun teks rekaman percobaan, kerjakan soal berikut ini secara online!


Previous
Next Post »