PREDIKSI PAKET 03
UJIAN NASIONAL TAHUN 2017
MATA PELAJARAN BAHASA NDONESIA
Petunjuk
: Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dengan tanda silang (X)
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal
nomor 1 s.d. 3!
(1) Buah tomat bermanfaat bagi manusia. (2) Selain
sebagai bumbu dan masakan, tomat juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.
(3) Untuk kesehatan, tomat dapat mengobati wasir, menurunkan tekanan darah
tinggi, mencegah penyakit jantung dan menangkal sel-sel kanker. (4) Manfaat
tomat untuk kecantikan di antaranya menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit,
dan sebagai masker untuk wajah.
1.
Makna kata masker pada teks tersebut adalah ...
A. sediaan yang berwujud cairan yang dioleskan
B. penutup
muka untuk melindungi muka
C. kain
penutup mulut dan hidung
D. alat
untuk menutup muka
2.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi teks
tersebut adalah ...
A.
Tomat banyak mengandung vitamin C.
B.
Tomat termasuk tanaman
yang mudah tumbuh.
C. Tomat dapat menurunkan
tekanan darah tinggi.
D.
Tomat banyak kita jumpai di pasar tradisional.
3.
Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A.
Kandungan buah tomat menghaluskan kulit.
B. Tomat sangat
bermanfaat bagi tubuh manusia.
C.
Minuman jus tomat banyak mengandung vitamin C.
D.
Tomat digunakan sebagai bahan dasar kecantikan.
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 4
s.d. 6!
Buah
nanas banyak memiliki
manfaat. Buah nanas dapat mencegah hipertensi, menguatkan tulang,
melembabkan kulit, dan menjaga
elastisitas kulit. Nanas dapat meningkatkan
sistem kekebalan tubuh agar tubuh
kita tidak mudah terserang
penyakit. Serat yang terkandung di dalam buah nanas dapat membantu
melancarkan saluran pencernaan.
(1)Nanas dapat dikonsumsi dengan
berbagai cara. (2) Buah nanas, akan terasa nikmat bila langsung dikonsumsi
setelah dikupas dan dicuci bersih. (3) Selain itu, sebagai
buah pelengkap untuk asinan maupun rujak. Buah nanas juga dapat dioikmati
sebagai minuman segar berupa jus nanas. (4)
Namun ada juga yang mengonsumsi buah nanas dengan diolah dahulu, seperti
selai nanas, manisan nanas, dan dodol nanas.
4.
Ide pokok paragraf pertama teks tersebut
adalah ....
A.
pencegah hipertensi
B. manfaat buah nanas
C. sistem
kekebalan tubuh
D.
kelancaran pencernaan
5.
Kalimat
utama paragraf kedua
teks tersebut ditandai nomor
....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
6.
Ringkasan teks tersebut yang tepat adalah
...
A. Nanas dapat dikonsumsi dengan cara
langsung atau pun diolah terlebih dahulu.
B.
Nanas dapat meningkatkan sistem
kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.
C. Buah
nanas memiliki banyak
manfaat dan dapat dikonsumsi
dengan berbagai cara.
D.
Buah nanas dapat diolah menjadi
selai nanas, manisan nanas, dan dodol
nanas.
7.
Bacalah teks berikut!
Dampak
negatif gadget dapat diminimalkan dengan
peran orang tua. (2) Untuk itu, orang tua dianjurkan mengerti dan
paham pada usia berapa anak-anak bisa
diperkenalkan dan diberi gadget. (3) Na mun, kenyataannya banyak orang tua memberikan
gadget pada anaknya sejak dini.
(4) Bahkan, tidak jarang orang tua merasa bangga bila telah
membelikan gadget untuk
anak-anaknya.
Pendapat yang
mendukung pada teks tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
8.
Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Pulau Kodingareng Keke adalah pulau
tidak berpenduduk, terletak tidak jauh dari Kota Makassar. Sebelah selatan
pantai Pulau Kodingareng Keke dihiasi oleh pecahan karang berbentuk kerikil,
sedangkan di bagian utara pantai pasirnya halus.
|
Hari pertama, kami mengunjungi
Parangtritis. Seharian kami habiskan bermain di pantai. Menjelang maghrib,
kami pun bergegas menuju penginapan. Hari kedua, kami akan berkunjung ke
Candi Borobudur dan candi Prambanan.
|
Perbedaan
pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
|
Teks 1
|
Teks 2
|
A.
|
urutan tempat
|
urutan waktu
|
B.
|
urutan waktu
|
urutan tempat
|
C.
|
urutan sebab-akibat
|
urutan waktu
|
D.
|
urutan sebab-akibat
|
urutan tempat
|
9.
Bacalah teks berikut!
(1
)Desain gambar animasi yang banyakterdapat dalam buku ini justru menjadi
kekurangan karena buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga yang
ditujukan untuk dibaca orang tua.
(2) Selain itu, ada
banyak istilah dalam bahasa asing yang umumnya sukar
dipahami oleh para orang tua. (3) Namun, terlepas dari kekurangan yan.g ada,
buku ini layak dimiliki oleh semua
kalangan, khususnya orang
tua. (4) Buku ini sarat
dengan ilmu tentang cara mendidik,
mengubah atau membentuk perilaku anak menjadi pribadi yang baik.
Hal
yang menyatakan keunggulan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Bacalah
teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d. 13!
Kisah
Seorang Penjual Koran
Di ufuk timur,
matahari belum tampak. Udara pada pagi hari terasa dingin. Alam pun masih diselimuti embun
pagi. Seorang anak mengayuh sepedanya
di tengah jalan yang masih lengang. Siapakah gerangan anak
itu? la adalah seorang penjual koran,
yang bernama Doni.
Menjelahg pukul lima
pagi, ia telah sampai di tempat agen koran dari beberapa penerbit.
"Ambil berapa Doni?" tanya Bang Karno. "Biasa saja," jawab
Doni. Bang Karno mengambil sejumlah
koran dan majalah yang biasa dibawa Doni untuk langganannya. Setelah
selesai, ia pun berangkat.
Ketika Doni sedang mengayuh sepedanya, tiba-tiba ia
dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersehut adalah sebuah bungkusan plastik
berwarna hitam. Doni jadi gemetaran. Namun pada akhirnya, ia mencoba membuka
bungkusan. tersebut. Tampak di dalam
bungkusan itu terdapat sebuah kardus. "Wah, apa isinya
ini?"tanyanya dalam hati.
Dani segera membuka bungkusan dengan hati-hati. Alangkah terkejutnya la,
karena di dalamnya terdapat kalung
emas dan perhiasan lainnya.
la makin
terperanjat lagi karena
ada kartu kredit di
dalamnya. "Lho, ... ini kan
milik Pak Alif. Kasihan
sekali Pak Alif, rupanya
ia telah kecurian;'gumamnya dalam hati.
Apa yang
diperkirakan Dani itu
memang benar. Rumah Pak Alif telah kemasukan maling tadl malam. Karena pencuri
tersebut terburu-buru, bungkusan perhiasan yang telah dikumpulkannya
terjatuh. Dani dengan segera memberitahukan Pak Alif. la menceritakan apa yang
terjadi dan ia temukan. Betapa senangnya Pak Alif karena perhiasan milik istrinya telah kembali. la
sangat bersyukur, perhiasan
itu jatuh ke tangan orang yang jujur. Sebagai ucapan terima kasihnya,
Pak Alif memberikan modal kepada Dani
untuk membuka kios di rumahnya.
http://isma-ismi.com/contoh-cerpen-singkat.html
10. Watak tokoh
Doni pada kutipan
teks tersebut adalah ....
A. jujur B. penakut C. pemaaf D.
pemarah
11. Makna
kata modal pad a teks tersebut adalah ....
A. barang yang
digunakan sebagai dasar atau bekal bekerja
B. barang yang
digunakan sebaga1 pendukung dalam bekerja
C. uang
yang dipakai sebagai pokok untuk berdagang
D. uang yang
dipakai sebagai dana tambahan dalam berdagang
12. Amanat
yang terdapat pada teks tersebut adalah ...
A. Janganlah
mudah menyerah dalam bekerja!
B. Jujurlah dalam berperilaku karena akan
membawa berkah!
C. Janganlah menyakiti perasaan orang lain!
D.
Rajin-rajinlah menabung selagi
usia muda!
13. Latar
waktu pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. sore hari B.
senja hari C. siang hari D. pagi
hari
14. Bacalah
teks berikut!
Sambil istirahat di bawah pohon rindang, rasa lapar
makin menjadi. lngin
rasanya dia sampai ke rumah, tapi jarak
masih jauh. Dia pun membayangkan
ketimun segar makanan kesukaannya. Terus kemudian berpikir, bagaimana caranya dia mendapatkan ketimun tersebut. Sang Kancil berpikir bagaimana
meminta bantuan sang Kerbau untuk mengambil
ketimun milik Pak Tani dekat
Makna simbol kata yang dicetak miring pada teks
tersebut adalah ....
A. rajin B. rakus C. malas D. cerdik
Bacalah
teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 15 dan 16!
"Saya tak mau makan ikan-ikan
yang kecil," katanya kepada diri
sendiri. "lkan yang kecil tidak
pantas dimakan oleh
bangau yang anggun seperti saya,"
Sekarang, seekor ikan yang sedikit
lebih besar dari ikan lain, lewat di dekatnya.
"Tidak," kata sang Bangau. "Saya tidak
akan merepotkan diri saya untuk membuka
paruh dan memakan ikan sebesar itu!"
Saat
matahari mulai meninggi,
ikan-ikan yang berada pada air yang dangkal dekat pinggiran sungai, akhirnya berenang
pindah ke tengah sungai yang lebih dalam dan dingin. Sang Bangau yang
tidak melihat ikan lagi, terpaksa harus
puas dengan memakan siput kecil di pinggiran sungai.
Sumber.httpv/www.ceritekecil.corn
15. Sebab
terjadinya konflik pada teks tersebut adalah ....
A. Bangau terlalu sombong
mengukur dirinya sendiri.
B. lkan besar saat
matahari meninggi berenangke
tengah sungai.
C. lkan kecil menepi
saat matahari mulai
akan tenggelam.
D. Seekor
ikan besar melewati tempat sang Bangau
berdiri.
16. Aki
bat kontlik pada teks tersebut adalah ...
A.
lkan besar menjadi makanan yang melezatkan bagi Bangau.
B. Sang
Bangau harus puas dengan memakan
siput kecil.
C.
Sang Bangau gembira karena mendapat
makanan kesukaannya.
D.
lkan kecil riang menari bersama
karena diajak berenang ke tengah sungai.
17. Bacalah
kedua teks berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Lalu sang Kerbau berkata kepada sang
Kambing, “Jangan berpikir bahwa saya akan menyerah dan diam saja melihat
tingkah lakumu yang pengecut karena saya merasa takut kepadamu. Saat Singa
itu pergi, saya akan memberimu pelajaran yang tidak akan pernah kamu
lupakan.”
|
Pada suatu masa, ada seorang wanita yang
telah menjanda dan memiliki dua orang putri. Putri tertua memiliki wajah dan
perangai yang sangat mirip dengan ibunya. Mereke berdua mempunyai sifat jelek
yang sama, sangat sombong dan tidak pernah menghargai orang lain.
|
Perbedaan
pola pengembangan kedua teks tersebut adalah diawali dengan ....
|
Teks 1
|
Teks 2
|
A.
|
pengenalan tokoh
|
pengenalan latar
|
B.
|
pengenalan latar
|
aksi tokoh
|
C.
|
aksi tokoh
|
pengenalan tokoh
|
D.
|
pengenalan tokoh
|
aksi tokoh
|
Bacalah teks beriukut kemudian
kerjakan soal nomor 18 dan 19!
Seekor Keledai
dituntun oleh pemiliknya melewati sebuah jalan yang sempit
di pinggiran jurang. Sang Keledai tiba-tiba memutuskan untuk tidak
memperdulikan tuntunan dari pemiliknya dan mencoba untuk memilih jalan yang
diinginkannya. Dia bisa melihatjalan yang ada di bawah ju rang, dan berpikir
bahwa jalan yang tercepat untuk mencapai jalan di bawah jurang adalah
dengan cara menuruni jurang terse but.
Saat dia ingin
meloncat ke dalam jurang, pemiliknya dengan cepat menangkap ekornya
dan
menahan serta menarik mundur keledai
tersebut agar tidak melompat ke dalam ju rang, tetapi sang
Keledai yang keras kepala
dan bodoh terus meronta-ronta sekuat tenaga. Karena pemiliknya tidak
kuat lagi untuk menahan keledai yang
meronta-ronta ingin melompat ke
jurang, pemiliknya lalu berkata
"Baiklah, pergilah ke arah yang
kamu mau, binatang bodoh, dan
nanti kita lihat apa yang terjadi"
Saat pemiliknya melepaskan ekornya, sang Keledai
melompat ke dalam ju rang dan akhirnya meluncur sepanjang jurang yang terjal
dengan kaki di atas dan
kepala di bawah, terbentur
sepanjang dinding jurang yang curam.
Sumber: http://www.ceritakecil.com
18. Komentar
yang tepat terhadap isi
teks tersebut adalah ...
A. lsi cerita bagus karena memberi contoh akibat tidak menuruti
nasihat.
B. lsi
cerita kurang menarik karena tidak ada latar tempatnya.
C. lsi
cerita bag us hanya tidak ada nilai moral yang patut dicontoh.
D. lsi
cerita tidak masuk aka I sehingga -tidak
patut ditiru dalam kehidupan nyata.
19. Tindakan
terpuji pemilik keledai pada teks tersebut adalah ...
A.
Memberi Keledai makanan dan minuman saat di perjalanan.
B. Cepat
menangkap dan menarik ekor Keledai agar tidak melompat ke jurang.
C. Mencari jalan yang mudah dilalui untuk
Keledai miliknya.
D. Membiarkan Keledai berlari menemui
bapak dan ibunya.
20. Perhatikan
kalimat berikut!
Pendidikan
lingkungan dilakukan sebagai upaya untuk
[ ... ] pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam mencari pemecahan dan
pencegahan timbulnya masalah lingkungan.
Kata
yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A.
meninggikan B. menambahkan C. mengumpulkan D. Meningkatkan
21.
Bacalah
teks berikut!
Kedisiplinan
masyarakat dalam berlalu lintas di Jakarta cenderung menurun.
Hal itu terbukti dari
bertarnbahnya jumlah pelanggaran yang tercatat
di kepolisian. [. .. ]
Oleh karena itu, kesadaran masyarakat tentang
kedisiplinan berlalu lintas perlu ditingkatkan.
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi
teks tersebut adalah ...
A. Selain itu, jumlah
korban yang meninggal akibat kecelakaan pun semakin meningkat.
B. Para
pengendara di jalan raya mulai menyadari pentingnya disiplin berlalu lintas.
C. Bukti
yang lain, saat ini jarang ditemui aparat kepolisian yang
menilang pengendara.
D. Pengendara mulai
menyadari bahwa menaati peraturan
lalu lintas itu bentuk disiplin.
22. Bacalah
teks berikut!
(1) Radikal bebas itu merusak susunan
protein dalam tubuh.
(2) Salah satunya mampu meningkatkan
jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh.
(3) Hal itu dapat memicu kanker yang sukar
diobati.
(4) Meningkatnya jumlah oksigen dapat
meminimalkan efek radikal bebas.
(5) Berolahraga akan meningkatkan imunitas
tubuh dalam menghadapi serangan penyakit.
(6) Selain itu, radikal bebas dapat memicu
penyakit-penyakit berbahaya.
Susunan kalimat
tersebut supaya menjadi
teks laporan yang tepat adalah ....
A. (2)-(1)-(6)-(4)-(5)-(3)
B. (2)-(5)-(1)-(6)-(4)-(3)
C. (5)-(2)-(4)-(1)-(3)-(6)
D. (5)-(3)-(1)-(2)-(4)-(6)
23. Bacalah
teks berikut!
Petunjuk Membuat Nasi Goreng Spesial
(1)
Tambahkan saus tomat dan kecap manis!
(2) Setelah rnatang, angkat dan sajikan selagi hang at!
(3) Panaskan mentega, lalu masukkan bumbu
halus dan cabai merah, masaklah hingga harurn!
(4) Aduk lagi hingga saus dan kecap benar-benar rnerata!
(5)
Setelah harum, masukkan nasi, ayam, udang, kemudian aduk hingga rata!
Urutan
kalimat-kalimat tersebut agar
menjadi petunjuk yang sistematis adalah ....
A.
(3)-(2)-(4)-(1)-(2)
B. (3)-(5)-(1)-(4)-(2)
C.
(4)-(3)-(2)-(1)-(5)
D.
(4)-(2)-(1)-(3)-(5)
24. Bacalah
teks berikut!
Martha
Christina dihukum dan diasingkan ke Pulau
Jawa. Perjalanan Martha Christina ke
Jawa menggunakan kapal
Eversten diwarnai
pemberontakan melawan Belanda. la melakukan aksi mogok makan.
Dengan keberaniannya, ia tetap
gigih melawan pasukan Belanda di
dalam kapal. Namun, akhirnya Martha Christina meninggal di perjalanan pada
tanggal 2 Januari 1818 dalam usia
18 tahun. Jasadnya
dibuang di lautan. Atas pengorbanannya, ia ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional pada
tahun 1969. Di Maluku juga berdiri monumen untuk mengenang gadis pemberani
Martha Christina.
Hal
yang patut diteladani
dari tokoh tersebut adalah ....
A. keberanian dan kegigihannya
B. keberanian
dan kenekatannya
C. kegigihan
dan kecerdasannya
D. kegigihan
dan kecerdikannya
25.
Bacalah
teks berikut!
Martha Christina Tiahahu lahir4Januari 1800 di Maluku.
Christina adalah putri dari Kapitan Paulus Tiahahu, seorang kapitan
berasal dari Negeri Abubu. Ayah
Christina juga seorang kawan Thomas Matulessy yang juga turut serta dalam
perang Patimura melawan Belanda pada tahun1817.
Martha
Christina adalah seorang
gadis kecil yang sejak masih remaja telah mengikuti ayahnya dalam rapat
pembentukan kubu pertahanan. Dalam usianya yang
masih belia, yaitu 17 tahun Martha Christina berani melawan penjajah.
Dengan alat yang sangat sederhana, bambu runcing, ia mampu membuat penjajah
kesulitan menghadapinya. lkat kepala yang ia gunakan menjadi bukti keberanian
seorang gadis yang masih belasan umurnya.
Diolah
dari sumber
http://www.biografipahlawan.com
Keistimewaan
tokoh pada teks tersebut adalah ...
A. Pejuang
yang berasal dari daerah Maluku.
B. la
anak dari salah seorang pejuang Maluku.
C. Pejuang yang selalu menggunakan ikat kepala
D. la
berani melawan penjajah meski masih usia belasan
26.
Bacalah
teks berikut!
Cara Berhenti Darurat Saat Berkendaraan
(1)
Nyalakan sent kiri!
(2)
Lihat keadaan lalu lintas
di kiri dari kaca spion!
(3)
[ ... ]
(4)
Berhentikan kendaraan perlahan-lahan!
(5)
Matikan lampu sent!
Kalimat
petunjuk yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ...
A. Posisikan
kendaraan di jalur kiri !
B. Balikkan
kendaraan ke iri sesudah situasi sesuai!
C. Berhentikan kendaraan setelah situasi sejajar dengan
jalan!
D. Berbaliklah
setelah keadaan jalan sepi dari kendaraan!
27. Bacalah
teks berikut!
Karir
Khrisna Pabichara sebagai penulis telah banyak melahirkan kumpulan cerita
pendek. Novel Sepatu Dahlan adalah buku ke-14 yang ditulisnya. Novel ini
berhasil melontarkan sesuatu yang patut direnungkan oleh pembacanya. [ ... ]
Tanpa banyak tutur, Khrisna Pabichara berhasil melukiskan adegan
demi adegan dengan gaya ceritanya yang lembut.
Kalimat
yang menyatakan keunggulan untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Alur ceritanya cukup enak untuk dinikmati.
B. Huruf
yang digunakan ukuran mudah dibaca.
C. Uraiannya
bertele-tele, melelahkan, dan membosankan.
D. Cover
depan tidak memberi kesan yang mendalam kepada pembacanya.
28. Perhatikan
data berikut!
No.
|
Unsur
|
Keadaan
|
1.
|
Nama
|
Kantin SMP Angsa Biru
|
2.
|
Ruang
|
empat ruang
|
3.
|
Makanan
|
berbeda setiap ruang
|
4.
|
Letak
|
di belakang perpustakaan
|
Teks laporan
yang sesuai dengan
data tersebut adalah ....
A. SMP Angsa
Biru mempunyai kantin
sehat. Kantin itu berdekatan dengan
perpustakaan. Kantin dan perpustakaan dicat dengan warna yang sama. Makanan
di setiap kantin berbeda-beda sesuai dengan selera siswa.
B. Kantin SMP Angsa Biru
terletak di belakang perpustakaan.
Kantin tersebut dibagi menjadi empat ruang. Ruangan-ruangan itu dicat dengan
warna sama yaitu biru. Setiap ruangan menyediakan menu yang berbeda.
C. Kantin
di SMP Angsa Biru dibagi menjadi empat ruangan. Setiap ruangan menjual makanan
dan minuman yang nyaris sama.
Namun rnereka mempunyai pelanggan
masing-masing. Kantin tersebut terletak dekat perpustakaan.
D. SMP
Angsa Biru mempunyai perpustakaan. Perpustakaan tersebut terletak dekat kantin
yang menyediakan berbagai menu
makanan dan minuman. Setiap kantin menjual makanan yang berbeda denqan
kantin yang lainnya.
29. Perhatikan
data buku berikut!
No.
|
Unsur
|
Keadaan
|
1.
|
Judul
|
Perahu Kertas
|
2.
|
Penulis
|
Dewi Lestari
|
3.
|
Penerbit
|
Bentang Pustaka
|
4.
|
Tahun
|
2012
|
5.
|
Kelemahan
|
Terlalu banyak konflik dan mudah ditebak
akhir cerita
|
6.
|
Keunggulan
|
Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
dan banyak pelajaran hidup
|
Teks
ulasan yang sesuai dengan data buku tersebut adalah ...
A. Keenan,
Kugy, Eko, dan Noni empat remaja yang
akan berkuliah di suatu perguruan tinggi. Cerita bermula saat pasangan Eko dan Noni beserta
Kugy hendak menjemput Keenan di
stasiun. Penulis mencoba menceritakan kehidupan
remaja, tetapi sayang penulis terlalu sering memunculkan konflik.
B. Setiap kita membaca buku, kita ingin mendapat pengalaman hidup seseorang.
Novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari
menyuguhkan hal itu yang dikemas dengan bahasa sederhana sehingga mudah dipahami. Dalam novel ini konflik
dimunculkan bertubi-tubi sehingga akhir
cerita mudah ditebak pembacanya.
C. Dewi
Lestari begitu pandai meramu kehidupan remaja masa kini. Tokohnya Keenan dan
seorang gadis bernama Kugy. Bahasa yang digunakakan mudah dimengerti. Banyak
nilai-nilai kehidupan dalam novel ini. lnilah sisi kekuatan novel ini sehingga
cocok dibaca anak remaja.
D. Perahu
Kertas novel karya Dewi Lestari terbit haun 2012. Novel yang menceritakan
kehidupan seorang laki-laki bernama Keenan yang baru lulus SMA di
Amsterdam. Keenan bercita-cita seperti
mamanya, tetapi ayahnya tidak mengizinkan. Ayah Keenan menginginkan Keenam
menjadi seorang ekonom. Dari sinilah konflik mulai muncul.
30. Perhatikankalimat
berikut!
Di
tengah kesibukannya menulis dan membuat film, seniman Richard Oh masih memaksakan
diri mengunjungi kafe miliknya di Kemang.
Kata
yang tidak tepat pada kalimattersebut adalah ....
A.
tengah B.
seniman C. Memaksakan D.
Mengunjungi
31. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
(1)
Kucing peliharaan tidak pada umumnya berbahaya bagi manusia.
(2)
Masyarakat Indonesia harus minat baca
ditingkatkan.
(3)
Perubahan berat badan remaja berpengaruh pada perkembangan fisiknya.
(4)
Pada musim hujan, kita selalu disuguhi berita tentang banjir di mana-mana.
Kalimat
yang tidak efektif ditandai nomor ....
A. (1) dan (2) B.
(1) dan (3) C. (2) dan (3) D.
(3) dan (4)
32. Bacalah
teks berikut!
(1)
Di kota-kota besar kemacetan lalu lintas menjadi persoalan yang kompleks. (2)
Sebenarnya, ini merupakan hal yang wajar, konsekuensi dari arus urban ke kota. (3) Masyarakat kota banyak
berlalu lalang pada hari libur. (4) Kota-kota besar masih
menjadi tumpuan masyarakat untuk mendapat penghidupan. (5) Namun demikian,
tetap saja kemacetan membuat
pengguna jalan stres karena aktivitas lebih banyak di jalan.
Kalimat yang
tidak padu pada
teks tersebut ditandai nomor
....
A.
(2) B. (3) C.
(4) D. (5)
33. Bacalah
kalimat berikut!
Pasien
itu langsung [ ... ] untuk memasukkan nutrisi cair ke dalarn tubuhnya.
lstilah
yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. diinfus B. diinjeksi C. diinkubasi D. didiagnosis
34. Bacalah
kalimnat berikut!
Sejak
kepergian ibunya menjadi TKW di Turki,
anak itu [ ... ] menjadi pemurung.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A.
dirubah B. berubah C.
mengubah D. perubahan
35. Bacalah
kalimat berikut!
Mereka
[. .. ] minta tolong sambil menunjuk seorang anak di dalam kandang gorilla.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut adalah ...
A.
teriak-teriakan B. berteriak-teriak C.
diteriak-terikan D. meneriak-neriaki
36. Bacalah
kalimat berikut!
Tim
Jurnalis bertanya kepada mereka, bagaimana cara
menjaga keserasian satu
angkatan?
Perbaikan
kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. kerukunan B. keselarasan C.
kekompakan D. keharmonisan
37. Bacalah
teks berikut!
Pantai utara
Pulau Jawa mengalami reboisasi yang memprihatinkan. Garis pantai kini sudah maju
beberapa meter. Bahkan di beberapa daerah sudah mengikis jalan raya.
Perbaikan
istilah reboisasi pada teks tersebut adalah ....
A.
erosi B. abrasi C.
eksarasi D. reklamasi
38. Bacalah
kalimat berikut!
Lumpur
panas semburan mirip lumpur Lapindo muncul di Tomohon, Sulawesi Utara.
Perbaikan
kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. Lumpur
Lapindo mirip semburan lumpur panas muncul
di Tomohon, Sulawesi Utara.
B. Di
Tomohon, Sulawesi Utara, lumpur Lapindo muncul
mirip semburan lumpur panas
C. Semburan lumpur panas mirip lumpur Lapindo muncul diTomohon,
Sulawesi Utara.
D. Semburan
lumpur Lapindo mirip lumpur panas muncul di Tomohon, Sulawesi Utara.
39. Bacalah
teks berikut!
(1)
Semut dalam bahasa Jepang memiliki sebutan Ari yang secara harfiah
berarti serangga kesetiaan.(2) Semut jepang ada 200 spesies
dibiarkan berkeliaran di mana-mana. (3) Beberapa contoh jenis semut jepang, yakni
Lasius talpa, Pehidole bugi, dan Aphaenogaster. (4) Semut jepang memiliki
badan yang keras, bersayap, tetapi tak bisa terbang, hidup berkelompok.
Perbaikan
teks tersebut supaya menjadi padu adalah mengganti kalimat nomor (2) menjadi
....
A. Masyarakat
Jepang banyak yang beternak ari.
B. Penduduk
Jepang senang memelihara jenis serangga
ini.
C. Di Jepang terdapat lebih dari 200 jenis semut jepang.
D. Jepang
sebagai salah satu negara yang peduli pada sernut.
40. Bacalah
kalimat berikut!
Mereka
saling bermaaf-maafan disaksikan tokoh masyarakat setempat.
Penggunaan kata
saling pada kalimat
tersebut tidak tepat karena ...
A. kata bermaaf-maafan sudah menyatakan saling.
B. kata
saling bukan kata kerja sehingga tidak
dapat menduduki predikat.
C. kata
mereka sudah menunjukkan pelaku lebih dari satu.
"
D. subjek
dan predikat tidak dapat disisipi kata saling.
41. Bacalah
kalimat berikut!
Keadaan
itu kami terpanggil untuk menyelesaikan pembangunan jembatan secepatnya.
Kalimat
tersebut tidak efektif karena ....
A. penggunaan
kata depan untuk
B. peletakan frase keadaan itu pada awal kalimat
C. kata
terpanggil dan menye/esaikan yang berdekatan
D. keterangan
waktu secepatnya yang diletakkan pada akhir kalimat
42. Bacalah
teks berikut!
(l)
Semburan lumpur Lapindo berdampak pada dunia usaha. (2) Para pengusaha di
Sidoarjo terus melakukan terobosan untuk menyiasati keadaan yang
berkepanjangan. (3) Terobosan
ini
dilakukan untuk mempertahankan usaha yang menjadi sumber penghidupan banyak
pihak. (4) Pemda Sidoarjo memindahkan tempat usahanya ke beberapa daerah
sekitar Sidoarjo.
Ketidakpaduan
paragraf tersebut karena ...
A. Kalimat
(2) masih membicarakan pengusaha seharusnya lumpur Lapindo.
B. Kalimat
(3) diawali dengan kata terobosan seharusnya kata pengusaha.
C. Pada kalimat (4) subjeknya seharusnya pengusaha bukan Pemda
Sidoarjo.
D. Kalimat
(3) membicarakan terobosan jadi tidak padu dengan kalimat (2) dan (4).
43. Bacalah
kalimat berikut!
Klinik
tersebut memang memiliki izin oprasional, namun
karena mempekerjakan dokter yang
tidak memiliki izin praktik, tetap dianggap ilegal.
Kesalahan
penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
A. Kata
izin seharusnya ditulis ijin
B. Kata oprasional seharusnya ditulis operasional
C. Kata
praktik seharusnya ditulis prakiek
D. Kata
ilegal seharusnya ditulis illegal
44. Bacalah
kalimat berikut!
Pelajar
se-Cipayung berkumpul di GOR Ciracas, tetapi
mereka tidak mengenakan: seragam
dan atribut.
Tanda
baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A.
titik (.) B. koma (,) C.
hubung (-) D. titik dua (:)
45. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
(1)
Pulang dari supermarket, dia periksa
kardus mie instan.
(2)
Menempatkan objek manusia merupakan satu cara membuat skala dalam komposisi
foto.
(3)
Tidak perlu kawatir dengan semua kebutuhan gadget dan aksesori lainnya.
(4)
Internet dan teknologi digital secara
dominan ikut mengubah kehidupan manusia.
Kalimat yang menggunakan kata
dengan ejaan yang tepat terdapat
pada kalimat ....
A.
(1) dan (2) B. (1) dan
(4) C. (2) dan (3) D. (2) dan
(4)
46. Bacalah
kalmat berikut!
Kami
tidak akan menyerah sebelum peluit akhir dibunyikan kata Kapten Subasha.
Penggunaan
tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. "Kami tidak akan
menyerah, sebelum peluit akhir
dibunyikan;' kata Kapten Subasha.
B. "Kami tidak akan
menyerah sebelum peluit akhir dibunyikan," kata Kapten Subasha.
C. "Kami
tidak akan menyerah sebelum peluit akhir dibunyikan: kata Kapten
Subasha"
D. "Kami
tidak akan menyerah: sebelum peluit
akhir dibunyikan kata," Kapten Subasha.
47. Bacalah
kalimat berikut!
Pada
Hari Minggu, 10 Januari 2016 Museum Nasional
menyelenggarakan festival gasing.
Perbaikan
ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
|
Tertulis
|
Perbaikan
|
A.
|
Hari
|
hari
|
B.
|
Minggu
|
minggui
|
C.
|
Museum
|
musium
|
D.
|
festival
|
pestival
|
48. Bacalah
kalimat berikut!
Hanya
ada dua pilihan bagi para pejuang
kernerdekaan, hidup atau mati.
Perbaikan
tanda baca pada kalimat tersebut adalah
A. titik
(.) diganti dengan koma (,)
B. titik
(.) diganti dengan ellipsis (...)
C. koma (,) diganti dengan titik dua (:)
D. koma
(,) diganti dengan titik koma (;)
49. Bacalah
kalimat berikut!
Pagi-pagi
ibu beranak dua itu sudali pergi ke Pasar.
Penulisan kata pasar pada kalimat tersebut salah karena
...
A. Kata
pasar tidak menunjukkan tempat yang khusus.
B. Tempat yang tidak diikuti
nama tidak ditulis dengan huruf kapital.
C. Kata
pasar terletak pada akhir kalimat jadi harus ditulis dengan hurufkecil.
D. Keterangan
tempat yang terletak pada akhir kalimat harus ditulis dengan huruf kecil.
50. Bacalah
kalimat berikut!
Dia
mempunyai banyak teman, karena tidak congkak.
•
Penggunaan
tanda koma (,) pad a kalimat tersebut
tidak tepat karena ...
A. tanda koma
(,) tidak dipakai
pada kalimat majemuk bertingkat.
B. tanda
koma (,) tidak dipakai pada kalimat yang menyatakan hubungan sebab-akibat.
C. tanda koma (,) hanya dipakai pada kalimat yang terdapat
unsur-unsur perincian atau pembilangan.
D. tanda koma (,) tidak dipakai pada kalimat majemuk bertingkat jika
anak kalimat mengiringi induk kalimat.
EmoticonEmoticon