Prediksi Soal UN 2017 P-3

PREDIKSI PAKET 03

UJIAN NASIONAL TAHUN 2017

MATA PELAJARAN BAHASA NDONESIA


Petunjuk : Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dengan tanda silang (X)
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 3!
(1) Buah tomat bermanfaat bagi manusia. (2) Selain sebagai bumbu dan masakan, tomat juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. (3) Untuk kesehatan, tomat dapat mengobati wasir, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jantung dan menangkal sel-sel kanker. (4) Manfaat tomat untuk kecantikan di antaranya menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, dan sebagai masker untuk wajah.

1.        Makna kata masker pada teks tersebut adalah ...
A.  sediaan yang berwujud cairan yang dioleskan
B.  penutup muka untuk melindungi muka
C.  kain penutup mulut dan hidung
D.  alat untuk menutup muka

2.        Pernyataan  yang sesuai dengan isi  teks tersebut adalah ...
A. Tomat banyak mengandung vitamin C.
B. Tomat    termasuk    tanaman    yang    mudah tumbuh.
C. Tomat   dapat   menurunkan   tekanan   darah tinggi.
D. Tomat banyak kita jumpai di pasar tradisional.

3.        Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A.  Kandungan buah tomat menghaluskan kulit.
B.  Tomat sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.
C.  Minuman jus tomat banyak mengandung vitamin C.
D.  Tomat digunakan sebagai bahan dasar kecantikan.

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 4 s.d. 6!
Buah   nanas  banyak   memiliki    manfaat. Buah nanas dapat mencegah hipertensi, menguatkan    tulang,    melembabkan    kulit, dan menjaga elastisitas kulit. Nanas dapat meningkatkan  sistem  kekebalan tubuh  agar tubuh  kita tidak  mudah  terserang  penyakit. Serat yang terkandung di dalam buah nanas dapat membantu melancarkan saluran pencernaan.
(1)Nanas dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. (2)  Buah  nanas, akan terasa   nikmat bila langsung   dikonsumsi   setelah   dikupas   dan dicuci bersih. (3) Selain itu, sebagai buah pelengkap untuk asinan  maupun  rujak. Buah nanas juga dapat dioikmati sebagai minuman segar berupa jus nanas. (4)  Namun ada juga yang mengonsumsi buah nanas dengan diolah dahulu, seperti selai nanas, manisan nanas, dan dodol nanas.
Diolah dari sumber: http://www.cara-obat.com
4.        Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah ....
A.  pencegah hipertensi
B.  manfaat buah nanas
C.  sistem kekebalan tubuh
D.  kelancaran pencernaan

5.        Kalimat   utama   paragraf   kedua  teks   tersebut ditandai nomor ....
A.  (4)
B.  (3)
C.  (2)
D.  (1)

6.        Ringkasan teks tersebut yang tepat adalah ...
A. Nanas dapat dikonsumsi dengan cara langsung atau pun diolah terlebih dahulu.
B.  Nanas  dapat meningkatkan  sistem  kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.
C.  Buah   nanas  memiliki   banyak  manfaat  dan dapat dikonsumsi dengan berbagai cara.
D.  Buah  nanas dapat diolah menjadi selai  nanas, manisan nanas, dan dodol nanas.

7.        Bacalah teks berikut!
Dampak negatif gadget dapat diminimalkan dengan  peran orang tua. (2) Untuk itu, orang tua dianjurkan mengerti dan paham  pada usia berapa anak-anak bisa diperkenalkan dan diberi gadget. (3) Na mun, kenyataannya banyak orang tua  memberikan  gadget pada anaknya  sejak dini. (4) Bahkan, tidak jarang orang tua merasa bangga  bila telah  membelikan gadget  untuk anak-anaknya.

Pendapat  yang  mendukung  pada teks  tersebut ditandai nomor ....
A.  (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)

8.        Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Pulau Kodingareng Keke adalah pulau tidak berpenduduk, terletak tidak jauh dari Kota Makassar. Sebelah selatan pantai Pulau Kodingareng Keke dihiasi oleh pecahan karang berbentuk kerikil, sedangkan di bagian utara pantai pasirnya halus.
Hari pertama, kami mengunjungi Parangtritis. Seharian kami habiskan bermain di pantai. Menjelang maghrib, kami pun bergegas menuju penginapan. Hari kedua, kami akan berkunjung ke Candi Borobudur dan candi Prambanan.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
urutan tempat
urutan waktu
B.
urutan waktu
urutan tempat
C.
urutan sebab-akibat
urutan waktu
D.
urutan sebab-akibat
urutan tempat

9.        Bacalah teks berikut!
(1 )Desain gambar animasi yang banyakterdapat dalam buku ini justru menjadi kekurangan karena buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga  yang  ditujukan  untuk dibaca  orang tua.  (2) Selain  itu,  ada  banyak  istilah  dalam bahasa asing yang umumnya sukar dipahami oleh para orang tua. (3) Namun, terlepas dari kekurangan yan.g  ada,  buku  ini  layak dimiliki oleh  semua  kalangan,  khususnya  orang  tua. (4) Buku  ini sarat dengan   ilmu tentang cara mendidik, mengubah atau membentuk perilaku anak menjadi pribadi yang baik.
Hal yang menyatakan keunggulan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A.  (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d. 13!
Kisah Seorang Penjual Koran
Di  ufuk  timur,   matahari   belum   tampak. Udara  pada pagi hari terasa  dingin. Alam pun masih diselimuti  embun  pagi. Seorang  anak mengayuh  sepedanya  di  tengah jalan  yang masih lengang. Siapakah gerangan anak itu? la adalah seorang  penjual koran, yang  bernama Doni.
Menjelahg pukul lima  pagi, ia telah sampai di tempat agen koran dari beberapa penerbit. "Ambil berapa Doni?" tanya Bang Karno. "Biasa saja," jawab Doni. Bang  Karno mengambil sejumlah koran dan majalah yang biasa dibawa Doni untuk langganannya. Setelah selesai,  ia pun berangkat.
Ketika Doni sedang mengayuh sepedanya, tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersehut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam. Doni jadi gemetaran. Namun pada akhirnya, ia mencoba membuka bungkusan. tersebut. Tampak di  dalam bungkusan itu terdapat sebuah kardus. "Wah, apa  isinya   ini?"tanyanya   dalam   hati.   Dani segera membuka bungkusan dengan hati-hati. Alangkah terkejutnya la, karena di  dalamnya terdapat  kalung  emas dan perhiasan  lainnya. la  makin  terperanjat  lagi  karena  ada  kartu kredit  di  dalamnya.  "Lho, ... ini  kan  milik  Pak Alif.  Kasihan  sekali  Pak Alif,  rupanya  ia telah kecurian;'gumamnya dalam hati.
Apa yang  diperkirakan  Dani  itu  memang benar.  Rumah Pak Alif  telah  kemasukan maling  tadl malam. Karena  pencuri  tersebut terburu-buru, bungkusan perhiasan yang telah dikumpulkannya terjatuh. Dani dengan segera memberitahukan Pak Alif. la menceritakan apa yang terjadi dan ia temukan. Betapa senangnya Pak Alif karena perhiasan milik  istrinya telah kembali.  la  sangat  bersyukur,  perhiasan  itu jatuh ke tangan orang yang jujur. Sebagai ucapan terima kasihnya, Pak Alif memberikan modal  kepada Dani untuk membuka  kios  di rumahnya.
http://isma-ismi.com/contoh-cerpen-singkat.html
10.    Watak  tokoh  Doni  pada  kutipan  teks  tersebut adalah ....
A. jujur                             B. penakut                   C. pemaaf                                D. pemarah

11.    Makna kata modal pad a teks tersebut adalah ....
A.  barang  yang  digunakan sebagai  dasar  atau bekal bekerja
B.   barang yang digunakan sebaga1 pendukung dalam bekerja
C.  uang yang dipakai sebagai pokok untuk berdagang
D.  uang yang dipakai sebagai dana tambahan dalam berdagang

12.    Amanat yang terdapat pada teks tersebut adalah ...
A.  Janganlah mudah menyerah dalam bekerja!
B.  Jujurlah dalam berperilaku karena akan membawa berkah!
C.  Janganlah  menyakiti perasaan orang lain!
D.  Rajin-rajinlah  menabung selagi usia muda!

13.    Latar waktu pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. sore hari                       B. senja hari                C. siang hari                D. pagi hari

14.    Bacalah teks berikut!
Sambil   istirahat di bawah  pohon rindang, rasa  lapar  makin  menjadi.  lngin  rasanya  dia sampai  ke rumah, tapi  jarak  masih jauh. Dia pun membayangkan  ketimun  segar  makanan kesukaannya. Terus kemudian  berpikir, bagaimana caranya  dia mendapatkan  ketimun tersebut. Sang Kancil berpikir bagaimana meminta bantuan sang  Kerbau untuk  mengambil    ketimun milik  Pak Tani dekat

Makna simbol kata yang dicetak miring pada teks tersebut adalah ....
A.    rajin                B. rakus                       C. malas                      D. cerdik

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 15 dan 16!
"Saya tak mau makan ikan-ikan yang kecil," katanya  kepada diri sendiri. "lkan  yang  kecil tidak   pantas   dimakan   oleh   bangau   yang anggun seperti saya,"
Sekarang, seekor ikan yang sedikit lebih besar dari ikan lain, lewat di dekatnya.
"Tidak," kata sang Bangau. "Saya tidak akan merepotkan diri saya  untuk membuka paruh dan memakan ikan sebesar itu!"
Saat  matahari  mulai  meninggi,  ikan-ikan yang berada pada air yang dangkal dekat pinggiran  sungai, akhirnya  berenang  pindah ke tengah sungai yang lebih dalam dan dingin. Sang Bangau yang tidak melihat ikan lagi, terpaksa  harus puas dengan  memakan  siput kecil di pinggiran sungai.
Sumber.httpv/www.ceritekecil.corn
15.    Sebab terjadinya konflik pada teks tersebut adalah ....
A.  Bangau  terlalu   sombong   mengukur  dirinya sendiri.
B.  lkan  besar saat  matahari  meninggi berenangke tengah sungai.
C.  lkan  kecil menepi  saat  matahari  mulai  akan tenggelam.
D.  Seekor ikan besar  melewati tempat sang Bangau berdiri.

16.    Aki bat kontlik pada teks tersebut adalah ...
A.  lkan besar menjadi makanan yang melezatkan bagi Bangau.
B.  Sang  Bangau harus puas dengan  memakan siput kecil.
C.  Sang  Bangau gembira karena mendapat makanan kesukaannya.
D.  lkan  kecil riang menari bersama karena diajak berenang ke tengah sungai.

17.    Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Lalu sang Kerbau berkata kepada sang Kambing, “Jangan berpikir bahwa saya akan menyerah dan diam saja melihat tingkah lakumu yang pengecut karena saya merasa takut kepadamu. Saat Singa itu pergi, saya akan memberimu pelajaran yang tidak akan pernah kamu lupakan.”
Pada suatu masa, ada seorang wanita yang telah menjanda dan memiliki dua orang putri. Putri tertua memiliki wajah dan perangai yang sangat mirip dengan ibunya. Mereke berdua mempunyai sifat jelek yang sama, sangat sombong dan tidak pernah menghargai orang lain.

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah diawali dengan ....

Teks 1
Teks 2
A.
pengenalan tokoh
pengenalan latar
B.
pengenalan latar
aksi tokoh
C.
aksi tokoh
pengenalan tokoh
D.
pengenalan tokoh
aksi tokoh

Bacalah teks beriukut kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19!
Seekor  Keledai dituntun  oleh  pemiliknya melewati sebuah jalan yang sempit di pinggiran jurang. Sang Keledai tiba-tiba memutuskan untuk tidak memperdulikan tuntunan dari pemiliknya dan mencoba untuk memilih jalan yang diinginkannya. Dia bisa melihatjalan yang ada di bawah ju rang, dan berpikir bahwa jalan yang tercepat untuk mencapai jalan di bawah jurang  adalah  dengan  cara  menuruni jurang terse but.
Saat dia ingin  meloncat ke dalam jurang, pemiliknya dengan cepat menangkap ekornya
dan menahan serta  menarik mundur keledai tersebut agar tidak melompat ke dalam ju rang, tetapi  sang  Keledai yang  keras  kepala  dan bodoh terus meronta-ronta sekuat tenaga. Karena pemiliknya tidak kuat lagi untuk menahan  keledai  yang   meronta-ronta   ingin melompat ke jurang, pemiliknya lalu  berkata "Baiklah, pergilah  ke arah  yang  kamu  mau, binatang bodoh, dan nanti kita lihat apa yang terjadi"
Saat pemiliknya melepaskan ekornya, sang Keledai melompat ke dalam ju rang dan akhirnya meluncur sepanjang jurang yang terjal dengan kaki  di  atas dan  kepala di  bawah, terbentur sepanjang dinding jurang yang curam.
Sumber: http://www.ceritakecil.com

18.    Komentar  yang tepat  terhadap isi  teks  tersebut adalah ...
A.  lsi cerita bagus karena memberi contoh akibat tidak menuruti nasihat.
B.  lsi cerita kurang menarik karena tidak ada latar tempatnya.
C.  lsi cerita bag us hanya tidak ada nilai moral yang patut dicontoh.
D.  lsi cerita tidak masuk aka I  sehingga -tidak patut ditiru dalam kehidupan nyata.

19.    Tindakan terpuji pemilik keledai pada teks tersebut adalah ...
A.  Memberi Keledai makanan dan minuman saat di perjalanan.
B.  Cepat  menangkap  dan menarik  ekor Keledai agar tidak melompat ke jurang.
C. Mencari jalan yang mudah dilalui untuk Keledai miliknya.
D. Membiarkan Keledai berlari menemui bapak dan ibunya.

20.    Perhatikan kalimat berikut!
Pendidikan lingkungan  dilakukan sebagai upaya untuk [ ... ] pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam mencari pemecahan dan pencegahan timbulnya masalah lingkungan.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A. meninggikan                B. menambahkan        C. mengumpulkan       D. Meningkatkan

21.    Bacalah teks berikut!
Kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di Jakarta cenderung  menurun.  Hal  itu terbukti dari bertarnbahnya jumlah pelanggaran yang tercatat  di  kepolisian.  [. .. ]  Oleh  karena   itu, kesadaran masyarakat tentang kedisiplinan berlalu lintas perlu ditingkatkan.

Kalimat   yang   tepat   untuk   melengkapi   teks tersebut adalah ...
A.  Selain   itu,  jumlah  korban  yang  meninggal akibat kecelakaan pun  semakin meningkat.
B.  Para pengendara di jalan raya mulai menyadari pentingnya disiplin berlalu lintas.
C.  Bukti yang lain,  saat  ini jarang ditemui aparat kepolisian yang menilang pengendara.
D.  Pengendara  mulai  menyadari  bahwa menaati peraturan lalu lintas itu bentuk disiplin.

22.    Bacalah teks berikut!
(1) Radikal bebas itu merusak susunan protein dalam tubuh.
(2) Salah satunya mampu meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh.
(3) Hal itu dapat memicu kanker yang sukar diobati.
(4) Meningkatnya jumlah oksigen dapat meminimalkan efek radikal bebas.
(5) Berolahraga akan meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi serangan penyakit.
(6) Selain itu, radikal bebas dapat memicu penyakit-penyakit berbahaya.

Susunan  kalimat  tersebut  supaya  menjadi  teks laporan yang tepat adalah ....
A.  (2)-(1)-(6)-(4)-(5)-(3)
B.  (2)-(5)-(1)-(6)-(4)-(3)
C.  (5)-(2)-(4)-(1)-(3)-(6)
D.  (5)-(3)-(1)-(2)-(4)-(6)

23.    Bacalah teks berikut!
Petunjuk Membuat Nasi Goreng  Spesial
(1)  Tambahkan saus tomat dan kecap manis!
(2) Setelah  rnatang, angkat dan sajikan  selagi hang at!
(3) Panaskan mentega, lalu masukkan bumbu halus dan cabai merah, masaklah hingga harurn!
(4) Aduk lagi hingga  saus dan kecap benar-benar rnerata!
(5)  Setelah harum, masukkan nasi, ayam, udang, kemudian aduk hingga rata!

Urutan   kalimat-kalimat   tersebut   agar  menjadi petunjuk yang sistematis adalah ....
A.  (3)-(2)-(4)-(1)-(2)
B.  (3)-(5)-(1)-(4)-(2)
C.  (4)-(3)-(2)-(1)-(5)
D.  (4)-(2)-(1)-(3)-(5)

24.    Bacalah teks berikut!
Martha Christina dihukum dan diasingkan ke Pulau  Jawa. Perjalanan Martha Christina ke  Jawa  menggunakan  kapal  Eversten diwarnai   pemberontakan   melawan  Belanda. la melakukan aksi mogok makan. Dengan keberaniannya,  ia  tetap  gigih  melawan pasukan Belanda di dalam kapal. Namun, akhirnya Martha Christina meninggal di perjalanan pada tanggal 2 Januari  1818 dalam usia 18  tahun.  Jasadnya  dibuang  di  lautan. Atas pengorbanannya, ia  ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional pada tahun 1969. Di Maluku juga berdiri monumen untuk mengenang gadis pemberani Martha Christina.
Hal  yang   patut  diteladani  dari  tokoh  tersebut adalah ....
A.  keberanian dan kegigihannya
B.  keberanian dan kenekatannya
C.  kegigihan dan kecerdasannya
D.  kegigihan dan kecerdikannya

25.    Bacalah teks berikut!
Martha Christina Tiahahu lahir4Januari 1800 di Maluku. Christina adalah putri dari Kapitan Paulus Tiahahu, seorang  kapitan  berasal  dari Negeri Abubu. Ayah Christina juga seorang kawan Thomas Matulessy yang juga turut serta dalam perang Patimura melawan Belanda pada tahun1817.
Martha   Christina   adalah   seorang   gadis kecil yang sejak masih remaja telah mengikuti ayahnya dalam rapat pembentukan kubu pertahanan. Dalam usianya yang  masih belia, yaitu 17 tahun Martha Christina berani melawan penjajah. Dengan alat yang sangat sederhana, bambu runcing, ia mampu membuat penjajah kesulitan menghadapinya. lkat kepala yang ia gunakan menjadi bukti keberanian seorang gadis yang masih belasan umurnya.
Diolah dari sumber  http://www.biografipahlawan.com
Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ...
A.  Pejuang yang berasal dari daerah Maluku.
B.  la anak dari salah seorang pejuang Maluku.
C.  Pejuang yang selalu menggunakan ikat kepala
D.  la berani melawan penjajah meski masih usia belasan

26.    Bacalah teks berikut!
Cara Berhenti Darurat Saat Berkendaraan
(1) Nyalakan sent kiri!
(2) Lihat  keadaan lalu  lintas  di  kiri dari kaca spion!
(3) [ ... ]
(4) Berhentikan kendaraan perlahan-lahan!
(5) Matikan lampu sent!

Kalimat petunjuk yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ...
A.  Posisikan kendaraan di jalur kiri !
B.  Balikkan kendaraan ke iri sesudah situasi sesuai!
C.  Berhentikan  kendaraan setelah situasi sejajar dengan jalan!
D.  Berbaliklah setelah keadaan jalan sepi dari kendaraan!

27.    Bacalah teks berikut!
Karir Khrisna Pabichara sebagai penulis telah banyak melahirkan kumpulan cerita pendek. Novel Sepatu Dahlan adalah buku ke-14 yang ditulisnya. Novel ini berhasil melontarkan sesuatu yang patut direnungkan oleh pembacanya. [ ... ] Tanpa  banyak tutur,  Khrisna Pabichara berhasil melukiskan adegan demi adegan dengan gaya ceritanya yang lembut.

Kalimat yang menyatakan keunggulan untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A.  Alur ceritanya cukup enak untuk dinikmati.
B.  Huruf yang digunakan ukuran mudah dibaca.
C.  Uraiannya bertele-tele, melelahkan, dan membosankan.
D.  Cover depan tidak memberi kesan yang mendalam kepada pembacanya.


28.    Perhatikan data berikut!
No.
Unsur
Keadaan
1.
Nama
Kantin SMP Angsa Biru
2.
Ruang
empat ruang
3.
Makanan
berbeda setiap ruang
4.
Letak
di belakang perpustakaan

Teks  laporan  yang  sesuai  dengan  data  tersebut adalah ....
A.  SMP   Angsa  Biru   mempunyai   kantin   sehat. Kantin itu berdekatan dengan  perpustakaan. Kantin dan perpustakaan dicat dengan warna yang sama. Makanan di setiap kantin berbeda-beda sesuai dengan selera siswa.
B.  Kantin  SMP Angsa Biru terletak di  belakang perpustakaan. Kantin tersebut dibagi menjadi empat ruang. Ruangan-ruangan itu dicat dengan warna sama yaitu biru. Setiap ruangan menyediakan menu yang berbeda.
C.  Kantin di SMP Angsa Biru dibagi menjadi empat ruangan. Setiap ruangan menjual makanan dan minuman  yang  nyaris sama.  Namun  rnereka mempunyai pelanggan masing-masing. Kantin tersebut terletak dekat perpustakaan.
D.  SMP Angsa Biru mempunyai perpustakaan. Perpustakaan tersebut terletak dekat kantin yang  menyediakan berbagai  menu  makanan dan minuman. Setiap kantin menjual makanan yang berbeda denqan kantin yang lainnya.

29.    Perhatikan data buku berikut!
No.
Unsur
Keadaan
1.
Judul
Perahu Kertas
2.
Penulis
Dewi Lestari
3.
Penerbit
Bentang Pustaka
4.
Tahun
2012
5.
Kelemahan
Terlalu banyak konflik dan mudah ditebak akhir cerita
6.
Keunggulan
Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan banyak pelajaran hidup

Teks ulasan yang sesuai dengan data buku tersebut adalah ...
A.  Keenan, Kugy, Eko, dan Noni empat  remaja yang akan berkuliah di suatu perguruan tinggi. Cerita  bermula saat pasangan Eko dan Noni beserta Kugy hendak menjemput   Keenan di stasiun. Penulis mencoba menceritakan kehidupan  remaja, tetapi  sayang   penulis terlalu sering memunculkan konflik.
B.  Setiap kita membaca buku, kita ingin mendapat pengalaman hidup seseorang. Novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari  menyuguhkan hal itu yang dikemas dengan bahasa sederhana sehingga  mudah dipahami. Dalam novel ini konflik dimunculkan bertubi-tubi  sehingga akhir cerita mudah ditebak pembacanya.
C.  Dewi Lestari begitu pandai meramu kehidupan remaja masa kini. Tokohnya Keenan dan seorang gadis bernama Kugy. Bahasa yang digunakakan mudah dimengerti. Banyak nilai-nilai kehidupan dalam novel ini. lnilah sisi kekuatan novel ini sehingga cocok dibaca anak remaja.
D.  Perahu Kertas novel karya Dewi Lestari terbit haun 2012. Novel yang menceritakan kehidupan seorang laki-laki bernama Keenan yang baru lulus SMA di Amsterdam.  Keenan bercita-cita seperti mamanya, tetapi ayahnya tidak mengizinkan. Ayah Keenan menginginkan Keenam menjadi seorang ekonom. Dari sinilah konflik mulai muncul.

30.    Perhatikankalimat berikut!
Di tengah kesibukannya menulis dan membuat film, seniman Richard Oh masih memaksakan diri mengunjungi kafe miliknya di Kemang.

Kata yang tidak tepat pada kalimattersebut adalah ....
A. tengah                         B. seniman                  C. Memaksakan          D. Mengunjungi

31.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Kucing peliharaan tidak pada umumnya berbahaya bagi manusia.
(2) Masyarakat  Indonesia harus minat baca ditingkatkan.
(3) Perubahan berat badan remaja berpengaruh pada perkembangan fisiknya.
(4) Pada musim hujan, kita selalu disuguhi berita tentang banjir di mana-mana.

Kalimat yang tidak efektif ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)                   B. (1) dan (3)              C. (2) dan (3)              D. (3) dan (4)

32.    Bacalah teks berikut!
(1) Di kota-kota besar kemacetan lalu lintas menjadi persoalan yang kompleks. (2) Sebenarnya, ini merupakan hal yang wajar, konsekuensi dari arus urban ke   kota. (3) Masyarakat kota  banyak  berlalu  lalang  pada hari libur. (4) Kota-kota besar masih menjadi tumpuan masyarakat untuk mendapat penghidupan. (5) Namun  demikian,  tetap  saja kemacetan membuat pengguna jalan stres karena aktivitas lebih banyak di jalan.

Kalimat   yang  tidak  padu  pada  teks   tersebut ditandai nomor ....
A. (2)                                B. (3)                           C. (4)                           D.   (5)

33.    Bacalah kalimat berikut!
Pasien itu langsung [ ... ] untuk memasukkan nutrisi cair ke dalarn tubuhnya.

lstilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A.  diinfus                         B. diinjeksi                  C. diinkubasi               D. didiagnosis

34.    Bacalah kalimnat berikut!
Sejak kepergian ibunya  menjadi TKW di Turki, anak itu [ ... ] menjadi pemurung.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. dirubah                        B. berubah                   C. mengubah               D. perubahan

35.    Bacalah kalimat berikut!
Mereka [. .. ] minta tolong sambil menunjuk seorang anak di dalam kandang gorilla.

Kata  ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. teriak-teriakan             B. berteriak-teriak       C. diteriak-terikan       D. meneriak-neriaki

36.    Bacalah kalimat berikut!
Tim Jurnalis bertanya kepada mereka, bagaimana cara  menjaga keserasian satu angkatan?

Perbaikan kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A.  kerukunan                    B. keselarasan             C. kekompakan           D. keharmonisan

37.    Bacalah teks berikut!
Pantai  utara  Pulau Jawa  mengalami  reboisasi yang  memprihatinkan. Garis pantai kini sudah maju beberapa meter. Bahkan di beberapa daerah sudah mengikis jalan raya.

Perbaikan istilah reboisasi pada teks tersebut adalah ....
A. erosi                             B. abrasi                      C. eksarasi                   D. reklamasi

38.    Bacalah kalimat berikut!
Lumpur panas semburan mirip lumpur Lapindo muncul di Tomohon, Sulawesi Utara.

Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A.  Lumpur Lapindo mirip semburan lumpur panas muncul  di Tomohon,  Sulawesi Utara.
B.  Di Tomohon, Sulawesi Utara, lumpur Lapindo muncul  mirip semburan lumpur panas
C.  Semburan lumpur panas mirip lumpur Lapindo muncul diTomohon, Sulawesi Utara.
D.  Semburan lumpur Lapindo mirip lumpur panas muncul di Tomohon,  Sulawesi Utara.

39.    Bacalah teks berikut!
(1) Semut dalam bahasa Jepang memiliki sebutan Ari yang secara  harfiah  berarti  serangga  kesetiaan.(2) Semut jepang ada 200 spesies dibiarkan berkeliaran di mana-mana. (3) Beberapa contoh jenis semut jepang, yakni Lasius talpa, Pehidole bugi, dan Aphaenogaster. (4) Semut jepang memiliki badan yang keras, bersayap, tetapi tak bisa terbang, hidup berkelompok.

Perbaikan teks tersebut supaya menjadi padu adalah mengganti kalimat nomor (2) menjadi ....
A.  Masyarakat Jepang banyak yang beternak ari.
B.  Penduduk Jepang senang  memelihara jenis serangga ini.
C.  Di Jepang terdapat lebih dari 200 jenis semut jepang.
D.  Jepang sebagai salah satu negara yang peduli pada sernut.

40.    Bacalah kalimat berikut!
Mereka saling bermaaf-maafan disaksikan tokoh masyarakat setempat.

Penggunaan   kata  saling  pada  kalimat  tersebut tidak tepat karena ...
A.  kata bermaaf-maafan sudah menyatakan saling.
B.  kata saling bukan kata kerja sehingga  tidak dapat menduduki predikat.
C.  kata mereka sudah menunjukkan pelaku lebih dari satu.                                                         "
D.  subjek dan predikat tidak dapat disisipi kata saling.

41.    Bacalah kalimat berikut!
Keadaan itu kami terpanggil untuk menyelesaikan pembangunan jembatan secepatnya.

Kalimat tersebut tidak efektif karena ....
A.  penggunaan kata depan untuk
B.  peletakan frase keadaan itu pada awal kalimat
C.  kata terpanggil dan menye/esaikan yang berdekatan
D.  keterangan waktu secepatnya yang diletakkan pada akhir kalimat

42.    Bacalah teks berikut!
(l) Semburan lumpur Lapindo berdampak pada dunia usaha. (2) Para pengusaha di Sidoarjo terus melakukan terobosan untuk menyiasati keadaan yang berkepanjangan. (3) Terobosan
ini dilakukan untuk mempertahankan usaha yang menjadi sumber penghidupan banyak pihak. (4) Pemda Sidoarjo memindahkan tempat usahanya ke beberapa daerah sekitar Sidoarjo.

Ketidakpaduan paragraf tersebut karena ...
A.  Kalimat (2) masih  membicarakan  pengusaha seharusnya lumpur Lapindo.
B.  Kalimat (3) diawali dengan kata terobosan seharusnya kata pengusaha.
C.  Pada kalimat (4) subjeknya seharusnya pengusaha bukan Pemda Sidoarjo.
D.  Kalimat (3) membicarakan terobosan jadi tidak padu dengan  kalimat (2) dan (4).

43.    Bacalah kalimat berikut!
Klinik tersebut memang memiliki izin oprasional, namun  karena mempekerjakan dokter yang   tidak memiliki izin praktik, tetap dianggap ilegal.

Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
A.  Kata izin seharusnya ditulis ijin
B.  Kata oprasional seharusnya ditulis operasional
C.  Kata praktik seharusnya ditulis prakiek
D.  Kata ilegal seharusnya ditulis illegal

44.    Bacalah kalimat berikut!
Pelajar se-Cipayung berkumpul di GOR Ciracas, tetapi  mereka tidak  mengenakan: seragam dan atribut.

Tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. titik (.)                          B. koma (,)                 C. hubung (-)               D. titik dua (:)

45.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Pulang dari supermarket, dia  periksa kardus mie instan.
(2) Menempatkan objek manusia merupakan satu cara membuat skala dalam komposisi foto.
(3) Tidak perlu kawatir dengan semua kebutuhan gadget dan aksesori lainnya.
(4) Internet dan teknologi digital  secara dominan ikut mengubah kehidupan manusia.

Kalimat  yang menggunakan  kata  dengan  ejaan yang tepat terdapat pada kalimat ....
A. (1) dan (2)                   B. (1) dan (4)              C. (2) dan (3)              D. (2) dan (4)

46.    Bacalah kalmat berikut!
Kami tidak akan menyerah sebelum peluit akhir dibunyikan kata Kapten Subasha.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A.  "Kami  tidak akan  menyerah, sebelum  peluit akhir dibunyikan;' kata Kapten Subasha.
B.  "Kami tidak akan  menyerah sebelum peluit akhir dibunyikan," kata Kapten Subasha.
C.  "Kami tidak akan  menyerah sebelum  peluit akhir dibunyikan: kata Kapten Subasha"
D.  "Kami tidak akan  menyerah: sebelum peluit akhir dibunyikan kata," Kapten Subasha.

47.    Bacalah kalimat berikut!
Pada Hari Minggu, 10 Januari 2016  Museum Nasional menyelenggarakan festival gasing.

Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....

Tertulis
Perbaikan
A.
Hari
hari
B.
Minggu
minggui
C.
Museum
musium
D.
festival
pestival

48.    Bacalah kalimat berikut!
Hanya ada dua pilihan bagi para  pejuang kernerdekaan, hidup atau mati.

Perbaikan tanda baca pada kalimat tersebut adalah
A.  titik (.) diganti dengan  koma (,)
B.  titik (.) diganti dengan ellipsis (...)
C.  koma (,) diganti dengan titik dua (:)
D.  koma (,) diganti dengan titik koma (;)

49.    Bacalah kalimat berikut!
Pagi-pagi ibu beranak dua itu sudali pergi ke Pasar.

Penulisan  kata pasar pada kalimat tersebut salah karena ...
A.  Kata pasar tidak menunjukkan tempat yang khusus.
B.  Tempat yang tidak diikuti  nama tidak ditulis dengan huruf kapital.
C.  Kata pasar terletak pada akhir kalimat jadi harus ditulis dengan hurufkecil.
D.  Keterangan tempat yang terletak pada akhir kalimat harus ditulis dengan huruf kecil.

50.    Bacalah kalimat berikut!
Dia mempunyai banyak teman, karena tidak congkak.   •

Penggunaan tanda koma (,)  pad a kalimat tersebut tidak tepat karena ...
A.  tanda  koma  (,)  tidak  dipakai  pada  kalimat majemuk bertingkat.
B.  tanda koma (,) tidak dipakai pada kalimat yang menyatakan hubungan sebab-akibat.
C.  tanda  koma (,) hanya  dipakai pada kalimat yang terdapat unsur-unsur perincian atau pembilangan.
D.  tanda koma (,) tidak dipakai pada kalimat majemuk bertingkat jika anak kalimat mengiringi induk kalimat.



Previous
Next Post »