Prediksi Soal UN 2017 P-2

PREDIKSI PAKET 02UJIAN NASIONAL TAHUN 2017MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


  
Bacalah  teks  berikut  kemudian  kerjakan  soal nomor 1 s.d 3!
Peringatan Sumpah Pemuda Ke-88 berbasis pada seni dan budaya. Pemerintah akan menyuguhkan pergelaran bertajuk Nusantara Berdendang  di  halaman  Istana Merdeka, Jakarta untuk  masyarakat. Acara tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga mampu mencerminkan  keragaman budaya Indonesia.

1.         Makna  kata  menyuguhka pada  teks  tersebut adalah ....
A.  memerkan   B. menghidangkaC. mempertunjukkan      D. mendemontrasikan

2.     Pertanyaan  berikut   yang  jawabannya   terdapat pada teks tersebut adalah ...
A.  Bagaimana jalan cerita kegiatan tersebut?
B.  Di mana pergelaran Nusantara Berdendang?
C.  Siapa pencetus kegiatan pergelaran tersebut?
D.  Pukul berapa kegiatan pergelaran itu berakhir?

3.         $impulan isi teks terse but adalah ...
A.  Pemerintah  mengadakan  acara khusus untuk memperingati  Sumpah Pemuda yang ke-88.
B.  Acara Nusantara Berdendang  disaksikan oleh masyarakat luas khususnya di Jakarta.
C.  Nusantara  Berdendang  ini  ditunggu-tunggu masyarakat karena sangat menarik.
D. Kegiatan Nusantara  Berdendang sudah dicanangkan pemerintah.

Bacalah  teks berikut  kemudian  kerjakan  soal nomor 4 dan 5!
Bahan koleksi perpustakaan dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Berdasarkan fungsinya, koleksi  perpustakaan  ada beberapa  kategori, yakni  buku  pelajaran  pokok,  buku  pelajaran penunjang,  buku  bacaan, buku sumber, buku referensi, dan buku terbitan  berkala.
(1) Perpustakaan memiliki berbagai manfaat dan  fungsi.  (2)  Manfaat  perpustakaan  yakni untuk meningkatkan  kegemaran membaca, memperluas wawasan, dan mencerdaskan kehidupan  bangsa. (3) Selanjutnya, fungsi perpustakaan dirinci sebagai berikut. (4) Fungsi edukasi, fungsi informatif, fungsi penelitian, fungsi kebudayaan, dan fungsi rekreasi.

4.    Id pokok    paragraf    pertama    tek tersebut adalah  ....
A.  cara meminjam  buku di perpustakaan
B.  pengelompokkan  koleksi perpustakaan
C.  koleksi buku-buku  perpustakaan
D. jenis-jenis buku di perpustakaan

5.        Kalimat   utama   paragra kedua  teks  tersebut ditandai dengan nomor ....
A.    (4)                          B. (3)                           C. (2)                           D. (1)
6.        Bacalah teks berikut!
I
Dalam novel ini penulis menggunakan  bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti.  Selain itu, banyak pelajaran hidup yang dapat diambil dari  kisah tokoh.  Hanya saja,   penulis  terlalu banyak  memunculka konflik  sehingga  agak membingungkan. Namun,  pada  akhir  cerita semua  konflik dapat diselesaikan dengan baik.

Simpulan pendapat pro pada teks tersebut adalah ...
A.  Novel tersebut banyak kekurangannya.
B.  Isi  novel bagus dan layak untuk dibaca.
C.  Akhir cerita novel agak membingungkan.
D. Tokohnya terlalu banyak mengalami konflik

Bacalah teks berikut!
Perilaku   manusi yang   negatif   menjadi salah   satu  penyebab    terjadinya     banjir. Seperti,  membuang   sampah  ke sungai  akan mendangkalkan sungai. Selain itu, penebangan dan  pembakaran  hutan  secara liar. Hal akan menyebabkan  air tidak terserap oleh akar-akar pohon. Solusi untuk  mengatasi  banjir dengan melakukan  tindakan  yang  positif.  Contohnya, merawat  dan  melestarikan  alam  merupakan
salah  satu solusi untuk mengatasi banjir. Seperti, membuang   sampah  pada  tempatnya tidak melakukan  penebangan   liar, dan  melakukan reboisasi pada tanah yang gundul  terutama  di daerah pegunungan.
I
7.        Ringkasan isi teks tersebut adalah ...
A.  Contohnya,  merawat  dan  melestarikan  alam rnerupakan salah satu solusi untuk  mengatasi banjir.,          I
B.  Penebangan  dan  pembakara hutan  secara liar akan menyebabkan  air tidak terserap oleh akar-akar pohon.
C.  Tindakan manusia yang negatif penyebab terjadinya banjir dapat diatasi dengan melakukan tindakan yang positif.
D.  Tidak melakukan penebangan liar dan melakukan reboisasi pada tanah yang gundul terutama daerah pegunungan.

8.        Bacalah kedua kutipan teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Tempat wisata berikutnya Museum Asia Afrika. Di Museum ini, kami melihat dokumen dan menonton film tentang Konferensi asia Afrika. Di Museum Asia Afrika ini kami banyak menimba ilmu sejarah tentang Konferensi Asia Afrika.
Hari jumat sore, kami siswa siswi berkumpul di lapangan untuk persiapan ke Bandung dalam rangka Studi Wisata. Sebelum pergi, kami diberi pengarahan oleh Pak Budi selaku kepala sekolah. Setelah selesai, kami langsung menuju kendaraan masing-masing.
Perbedaan  pola  penyajian  kedua  teks  terse but adalah ...


Kutipan I                    
                  Kutipan II
A.
urutan sebab-akibat
urutan tempat
B.
urutan waktu
urutan sebab-akibat
C.
urutan waktu
urutan tempat
D.
urutan tempat
urutan waktu

9.        Bacalah  teks  berikut!
(1) lsi novel ini sangat mendidik, terutama untuk generasi  muda.  (2) Generasi penerus  bangsa yang  mementingkan   persatuan dan kesatuan. (3)  Sangat  disayangkan,  penggunaan   istilah atau bahasa daerah yang terdapat  di dalamnya tidak dilengkapi   artinya. (4) Namun, hal tersebut tidak mengurangi  kelayakan novel ini untuk dibaca, khususnya oleh generasi muda.

Kelemahan dari teks karya sastra tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1)                           B. (2)                           C. (3)                           D. (4)

Bacalah teks cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d. 13!
Saya  langsung dilarikan ke puskesmas kecamatan.  Seragam  cokelat   Pramuka  yang melingkupi tubuh saya disingkirkan  entah ke  mana  oleh  mantri.  Tidak  pernah  terlintas di  pikiran saya untuk  meminta  kepada Ayah agar menggantinya setelah itu. Dan yang saya dengar selama hampir sebulan tidak masuk sekolah, beberapa kali Tono terpaksa membolos di hari Jumat dan Sabtu karena belum  mampu membeli gantinya.
"Salahmu sendiri, tidak minta ganti," kata saya selesai kami mengingat kejadian itu. "Mengajakmu  saja sudah sebuah kesalahan. Aku takut  ayahmu bertambah  marah nantinya.
Ayahku tidak mau mempermasalahkan tamparan ayahmu, apalagi seragam itu. Dia lebih memilih membelikan yang baru walaupun harus menunggu  beberapa minggu,” jawab Tono.
Kami tertawa. Tertawa dan tertawa  seakan­ akan seluruh  rentetan  kejadian yang akhirnya menjadi pengingat abadi persahabatan kami itu bukanlah sebuah kejadian meloloskan diri dari maut  karena waktu  telah  menghapus  semua kengeriannya.    Mengenang kejadian masa lalu duduk  di amben ditemani  kopi dan rebus singkong.  Sinar teplok temaram,  di rumahnya yang masih sama seperti 15 tahun yang lalu.
Sumber:https://cerpenkompas.wordpress.com
10.    Makna  kata teplok pada teks tersebut adalah ...
A.  lampu tempel yang bersumbu dan menggunakan  bahan bakar minyak tanah
B.  lampu listrik yang sengaja dibuat  tidak terang supaya menghemat
C.  lampu listrik yang wattnya sangat kecil sehingga nyaris redup
D.  lampu  untuk  mencari jangkrik  di sawah saat musim panen

11.    Watak tokoh Tono pada teks tersebut adalah ....
A.  jujur  dan taat                                             C. jujur  dan apa adanya
B.  percaya diri dan setia kawan                      D. tanggung  jawab dan setia kawan

12.    Bagian kutipan cerita tersebut dinamakan dengan ....
A.  Klimaks                  B. peleraian                 C. komplikasi              D. pengenalan
13.    Latar waktu pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A.  malam                    B.  pagi                        C.  siang                      D.   sore

Bacalah kutipan cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 14 s.d. 17!
... Kura-kura lalu meminta bantuan kepada monyet. "Maukah  kau membantuku   memetik buah pisang ini?"tanya kura-kura.
"Aku bersedia, tetapi  buah pisang itu nanti dibagi  dua," jawab  monyet. "Baik!" jawab  kura­ kura.  Monyet lalu  memanjat pohon pisang kura-kura. Bau harum buah pisang menggoda selera monyet. la lupa akan janjinya.
Kura-kura menunggu  di bawah pohon pisang. "Nyet,  Nyet, mana  pisang  bagianku?" teriak  kura-kura. "Sebiji  pun tidak  ada;” jawab monyet   rakus. Monyet, ini pohon   pisangku!" rengek kura-kura hampir menangis.
"Salah sendiri mengapa tidak bisa memanjat pohon?" ejek monyet.
Kura-kura raut wajahnya  memerah, ia mulai menangis. Hatinya sedih bercampur marah. la lalu menggoyang-goyang pohon pisang itu. Tiba-tiba .... bruk! Pohon pisang itu tumbang.  Monyet itu jatuh.  Dia mengerang kesakitan. Tubuhnya  tertimpa batang  pohon pisang.  "Ampun   kura-kura,  tolong   aku!  Aku rnenyesal. .. ,” kata monyet.                                                                Tetapi, kura-kura sudah berlalu. la mencari sahabat baru.        
Sumber:http://www.blogpelajar.com/2016/08/teks-cerita-fabel
14.    Makna simbol wajahnya tersebut adalah ....
       A.   malu                      B.  marah                     C.  terharu                   D.  senang

15.     Nilai moral  pada cerita tersebut adalah ...
A.  Memberi contoh yang baik.                        C. Bekerjalah selagi mampu.
B.  Bila berjanji harus ditepati.             D.Jangan memaksakan kehendak.

16.    Sebab  terjadinya   konflik   pada  cerita  tersebut adalah ...
A.  Monyet mengingkari janji.            C. B.  Kura-kura tidak menepati janji.
C.  Kura-kura tidak mau berbagi hasil.           D. Monyet membagi hasil panen pisang.

17.    Akibat konflik pada cerita terse but adalah ...
A. Monyet menyesal lalu  pergi melarikan diri.
B. Kura-kura menyesal telah menyakiti monyet.
C. Monyet mau berteman lagi dengan kura-kura.
D. Kura-kura tidak mau berteman dengan monyet.

Bacalah kutipan cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19!
Kutipan I
Sesampainya di  rumah,  sang  induk  tiba-tiba panik. Anaknya yang ikut  pulang  baru empat. "Wah, kemana anakku yang  paling  kecil? Apa dia tertinggal  di dalam hutan?"
Induk bebek merasa  khawatir, karena di dalam hutan, bisa saja  anaknya dimakan binatang  buas. Tanpa menunggu  lama lagi, ia memerintahkan keempat anaknya istirahat di tepi  danau. Sementara ia sendiri  mulai  masuk ke tengah hutan dan memanggil-manggil anaknya yang hilang.                Sumber:  http://www.wartabahasa.com. Induk  Bebek dan  Kodok Hijau
Kutipan I
Di sebuah kolam yang cukup besar dan dalam seekor  kadal  sedang   berjalan   di   pinggiran kolam. Kadal itu sedang mencari kegiatan baru. la sangat ingin mencoba sesuatu yang baru, ia sangat ingin  berpetualang.  Ketika dia berjalan di pinggiran  kolam, ia mengeluarkan  lidahnya. Dia rnelihat sesuatu muncul  dari dalam air hal pertama  yang  dilihat   oleh  kadal  itu  adalah sebuah  kepala  yang  melenggak   lenggok   ke sana ke mari seperti sedang mencari sesuatu. Sumber: http://www.blogpelajar.com. Kadal dan Ular Air

18.     Perbedaan  pola   pengembangan    kedua  cerita tersebut diawali  dengan ....
  

Kutipan 1
Kutipan 2
A.
klimaks
orientasi
B.
orientasi
klimaks
C.
peleraian
penyelesaian
D.
penyelesaian
peleraian

19.     Perbedaan  penggunaan   bahasa  kedua  kutipan cerita tersebut  adalah ....

Kutipan 1
Kutipan 2
A.
latar tempat digambarkan tersirat
latar tempat digambarkan tersirat
B.
menggunakan kata sandang
tidak menggunakan kata sandang
C.
menggunakan kata ganti
tidak menggunakan kata ganti
D.
menggambarkan fisik tokoh
menggambarkan kepribadian tokoh

Bacalah   kutipan  cerita   berikut  kemudian kerjakan   soal nomor 20 s.d. 22!
Seekor   bangau  berjalan  dengan   langkah yang anggun di sepanjang sebuah sungai kecil. Matanya menatap air sungai yang jernih, leher dan paruhnya  yang  panjang  siap untuk menangkap  mangsa di air sebagai sarapan paginya.  Saat  itu,  sungai  dipenuhi   dengan ikan-ikan yang  berenang, tetapi  sang bangau merasa sedikit angkuh di pagi hari itu.
"Saya tak mau makan ikan-ikan yang kecil," katanya  kepada  diri  sendiri. "Ikan  yang  kecil tidak pantas dimakan oleh bangau yang anggun seperti saya."
Sekarang,  seekor  ikan  yang  sedikit   lebih besar dari ikan lain, lewat di dekatnya. "Tidak," kata sang bangau. "Saya tidak akan merepotkan diri saya untuk membuka paruh dan memakan ikan sebesar itu!"
Saat  matahari   mulai  meninggi,   ikan-ikan yang berada pada air yang dangkal dekat pinggiran   sungai,  akhirnya  berenang  pindah ke tengah sungai yang lebih dalam dan dingin. Sang bangau yang tidak melihat ikan lagi, terpaksa harus puas dengan  memakan  siput kecill di pinggiran  sungai.
Sumber:  http://dongengadalahcerita.blogspot.co.id/Burung Bangau yang Angkuh

20.    Komentar  yang tepat  terhadap  isi kutipan  cerita tersebut adalah ...
A. Isi lcerita  bagus hanya kurang  mendidik  bagi para pembacanya.
B. Isi lcerita terlalu  berbelit-belit  sehingga kurang menarik untuk dibaca.
C. Isi cerita  sukar dimengerti  karena  tokoh­ tokohnya  hewan bukan manusia.
D. Isi cerita sangat menarik  karena mengajarkan supaya kita tidak sombong.
21.    Komentar yang tepat terhadap pola pengembangan kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.  Pola pengembangan diawali dengan konflik si tokoh merasa kelaparan. Ia telah berjalan jauh. Namun,  ia tidak menemukan makanan. Kemudian datanglah seekor kura-kura yang menasihati supaya tidak menjadi orang yang sombong.
B.  Pola pengembangan kutipan cerita tersebut dimulai penyebab tokoh tersebut kelaparan. Ia anggkuh tidak mau memakan ikan yang kecil. Ia menyesal..
C.  Pola pengembangan kutipan cerita tersebut dimulai dengan pengenalan tokoh, latar tempat, dan latar waktu. Pengenalan itu disampaikan secara tersurat. Lalu konflik yang muncul diakhiri dengan penyelesaian yang memberikan pelajaran kepada pembaca.
D.  Pola pengembangan kutipan cerita tersebut dimulai dengan penampilan garis besar isi cerita. Tujuan dengan membaca cerita tersebut, pembaca menjadi mengetahui garis besar jalan cerita. Pembaca diharapkan mampu memahaminya.

22.    Komentar terhadap  bahasa yang digunakan  pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Bahasa yang digunakan  adalah bahasa sehari­ hari dan mudah dimengerti.
B. Bahasayang digunakan  banyak menggunakan kiasan.
C. Bahasa yang digunakan menggunakan peribahasa sehingga membosankan.
D. Bahasayang digunakan  menyulitkan  pembaca memahami isi cerita.

23.    Perhatikan kalimat rumpang berikut!
       Sungai Ciliwung  meskipun telah  [ ... ]  masih penuh dengan endapan lumpur.        
Kata  yang  tepat  untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. diambil                   B. dikeruk                   C. disedot                   D.  ditata

24.    Perhatikan petunjuk berikut!
Petunjuk menyemir sepatu
1)        Bersihkan sepatu dengan sikat pembersih!
2)        Lalu lap sepatu dengan kain yang bersih!
3)        [... ]
4)        Diamkan sepatu hingga mengering sempurna
5)        Setelah kering, sepatu siap dikenakan!

   Kalimat yang  tepat  untuk  melengkapi  petunjuk tersebut adalah ...
A. Setelah bersih, poles dengan semir yang sesuai warna sepatu!
B. Kemudian jemur  sepatu di tempat  yang kena panas!
C. Sepatu  yang  telah   disemir,  siap  dikenakan kembali!
D. Cucilah kedua sepatu hingga benar-benar bersih!

25.     Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)  Sesampainya di TMII kami  berfoto-foto bersama teman­ teman dan ibu/bapak guru.
(2)  Kemudian kami menyewa sepeda lalu berkeliling melihat rumah adat berbagai wilayah di Indonesia.
(3)  Setelah istirahat sejenak, kami segera masuk ke dalam bus untuk melanjutkan perjalanan ke Museum Gas dan Bumi.
(4)  Hari pertama studi wisata, kami mengunjungi TMII yang terletak di JakartaTimur.
(5)  Sepanjang perjalanan menuju tempat tujuan kami bersenda gurau.
(6)  Lalu kami diberi penjelasan tentang cara pengolahan, penggunaan alat, dan persebarannya di Indonesia.
(7)  Sesampainya di sana kami disuguhi video tentang asal mula gas yang berasal dari bumi.

Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi paragraf laporan dengan urutan nomor ....
A.  (2)-(3)-(7)-(4)-(5)-(1)-(6)                             C. (2)-(5)-(4)-(3)-(1)-(7)-(6)
B.  (4)-(2)-(1)-(5)-(7)-(3)-(6)                             D. (4)-(5)-(1)-(2)-(3)-(7)-(6)

Perhatikan kalimat-kalimat  berikut!
Cara Membuat Kecambah Kedelai
(1) Setelah direndam, tiriskan kedelaidi tempat tirisan bambu lalu tutup dengan daun pisang!
(2) Penyiraman dilakukan secara merata, pastikan lendir  yang dikeluarkan kedelai terbawa air!
(3) Kedelai yang dipilih, cuci sampai bersih!
(4) Setelah bersih, kedelai direndam selama semalam!
(5) Pilihlah kedelai yang bagus!-
(6) Siramlah kedelai 5 jam sekali selama 3 hari!
(7) Kecambah sudah jadi dan siap dikonsumsi!

26.    Kalimat-kalimat  tersebut  dapat disusun menjadi petunjuk   membuat  kecambah kedelai   dengan urutan nomor ....
A. (3)-(2)-(6)-(4)-(5)-(1 )-(7)               C. (3)-(5)-(2)-(3)-(1)-(6)-(7)
B.  (5)-(3)-(4)-(1)-(6)-(2)-(7)                            D. (5)-(4)-(1)-(2)-(3)-(6)-(7)

27.    Perhatikan kalimat   berikut!
   Materi yang terkandung dalam buku ini [ ... ]  semangat pada pembaca untuk dapat berkarya.
   Kata    yang   tepat    untuk    melengkapi    kalimat rumpang tersebut adalah ....
   A.  memberikan          B.  menjanjikan           C.  menerangkan         D.  menjelaskan

28.    Bacalah kutipan teks  berikut!
Buku setebal  226 halamanini sangat cocok untuk mereka yang ingin mengembangkan potensi diri, terutama dalam bisnis. Mereka yang  ingin meraih rejeki yang bukan hanya ajaib, tetapi  menjadi sebuah mukjizat dalam hidup. [ ... ]   Penjelasannya pun tidak berkutat dalam teori yang melangit.Tetapi tawaran­ tawaran yang sederhana dan tidak terduga bagi kita justru ditawarkan dalam buku ini.
Diolah dari sumber: http://belajar-resensibuku.blogspot.co.id

Kalimat   yang   tepat    untuk    melengkapi    teks tersebut adalah ...
A. Tanaman  hidroponik   saat  ini  saat  digemari masyarakat.
B. Buku  ini  menambah  wawasan  tentang   cara budidaya tanaman hidroponik.
C. Buku ini  hanya menyajikan  teori-teori  tanpa ditunjang  dengan contoh-contoh nyata.
D. Disajikan secara  menarik dan memiliki tahapan­tahapan jelas dalam meraih rezeki.
29.    Perhatikan data buku berikut!
Identitas buku
Judul buku       : Wirausaha Muda Mandiri
Penulis             : Rhenal Kasali
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit     : 2010
Tebal buku       : 316 halaman
Keunggulan     :
·      Isi buku kisah inspiratif dari 24 pengusaha muda yang memulai bisnisnya sejak duduk di bangku sekolah.
·      Banyak ilmu yang terkandung di dalamnya.
Kelemahan       :
·      Pada halaman 280 terdapat salah cetak yang seharusnya’kedua orang tuanya’ hanya tercetak’kedua orangnya’.

Paragraf resensi yang tepat  berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
A.  lsi  buku   Wirausaha  Muda  Mandiri   setebal 316 halaman ini memberi inspirasi tentang pengusaha   muda   yang   memulai   usahanya sejak duduk  di bangku sekolah. Mereka mengalami   jatuh    bangun   sebelum   sukses. Kita patut  belajar dari mereka. Buku ini patut dimiliki   bagi  mereka  para  pengusaha  muda yang ingin sukses.

B.  lsi buku Wirausaha  Muda  Mandiri   setebal 316   halaman  ini  memberi   inspirasi  tentang pengusaha   muda   yang   memulai   usahanya sejak duduk  di  bangku  sekolah. Banyak ilmu yang terkandung  dalam buku ini. Hanya pada halaman   280  terdapat    salah  cetak  'kedua orang tua' hanya tercetak 'kedua oranqnya. Hal tersebut  tidak  mengganggu,  buku  ini sangat inspiratif.

C. lsi  buku   Wirausaha Muda  Mandiri   memberi inspirasi   tentang    pengusaha    muda   yang memulai   usahanya  sejak  duduk   di  bangku sekolah.  Mereka   mengalami   jatuh    bangun sebelum  sukses. Hanya  pada  halaman  280 terdapat   kekurangan   salah  cetak  sehingga mengganggu pemahaman pembaca Seandainya kekurangan  itu  direvisi,  buku  in akan lebih bagus.

D. Buku  Wirausaha Muda  Mandiri   setebal  316 halaman    ini    memberi     inspirasi    tentang pengusaha   muda   yang   memulai   usahanya sejak duduk  di  bangku  sekolah.  Buku yang menuntun   para pemula  untuk  belajar  bisnis Isinya   memberi  contoh    bagaimana tetap bertahan  untuk meraih kesuksesan.  Sukses  itu diraih berkat kegigihan dan perjuangan.

30.  Perhatikan data-data  berikut!
Pengamatan tanaman tomat (Lycopersion esculentum):
-   tanaman perdu semusim,berbatang lemah, dan basah
-   daun berbentuk segitiga
-   buahnya waktu muda hijau dan kuning atau merah waktu tua
-   perbanyakan tanaman dengan biji
-   ditanam pada lahan kering
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data tersebut yang tepat adalah ….
A.  Tomat (Lycopersion esculentum) merupakan tanaman perdu semusim, berbatang lemah, dan basah. Daunnya berbentuk segitiga. Buahnya hijau waktu muda dan kuning atau merah waktu tua. Tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak vitamin C.

B. Tomat  (Lycopersion  esculentum)   merupakan tanaman perdu semusim, berbatang lemah, dan basah. Daunnya  berbentuk  segitigaBuahnya hijau  waktu   muda  dan  kuning   atau  merah waktu tua. Buah tomat  banyak diminati  karena harganya murah tetapi banyak manfaatnya.
C. Tomat  (Lycopersion esculentum merupakan tanaman perdu semusim, berbatang lemah, dan basah. Daunnya  berbentuk  segitiga.  Buahnya hijau waktu muda dan kuning atau merah waktu tua. Perbanyakan tanaman ini umumnya dengan biji dan biasa dibudidayakan pada lahan kering.

D. Tomat (Lycopersion  esculentum)  merupakan tanaman  perdu semusim, berbatang lemah, dan basah. Daunnya  berbentuk  segitiga.  Buahnya merah waktu tua.  Buah ini  dapat  dikonsumsi sebagai  tambaha pelengka sambal  terasi

.
  dan pelengkap sayuran. Selain itu, dapat dibuat minuman jus tomat.

31.    Perhatikan kalimat berikut!
Indonesia sebagai daerah tropis dapat menjadikan tanaman sayuran sepanjang tahun karena diadakannya sinar matahari yang cukup.

Kesalahan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah …
A.    (1) sebagai, (2) sepanjang                          C. (1) sebagai, (2) diadakannya
B.     (1) menjadikan, (2) sepanjang                   D. (1) menjadikan, (2) diadakannya

32.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1)   Para tamu-tamu   undangan  datang  tepat  waktu.
2)   Semua siswa mengenakan  seragam  putih biru.
3)   Peserta lomba yang datang  terlambat  dinyatakan  gugur.
4)   Kita harus menjaga  kebersihan  lingkungan.

Kalimat yang tidak efektif ditandai dengan nomor …
A. 1)                            B. 2)                            C. 3)                            D. 4)

33.    Bacalah kutipan teks berikut!
(1)Semut Jepang  kaya dengan  protein yang sangat  berguna untuk tubuh.  (2) Kandungan protein dalam kacang kedelai sangat tinggl.  (3)  Protein  tersebut   berfungsi  sebagai  zat  pembangun untuk pertumbuhan   dan  pemeliharaan   jaringan  tubuh  dengan
cara membantu    meregenerasi  sel-sel yang telah  mati. (4) Selain ttu, protein  dalam  semut  Jepang  juga dapat  membantu   sistem kekebalan  tubuh  untuk  melawan   berbagai  mikroba  berbahaya yang dapat  menjadi  sumber  penyakit.
Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (1)                           B. (2)                           C. (3)                           D. (4)

34.    Perhatikan kalimat berikut!
Benda-benda yang [ … ] di museum mencakup benda-benda dari berbagai [ … ] ilmu.

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.    diseleksi, instansi                                      C. dikoleksi, instansi
B.     diseleksi, disiplin                                       D. dikoleksi, disiplin

35.    Perhatikan kalimat berikut!
Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat [ … ] cahaya, yang sangat jelas terlihat saat malam hari.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. Memanfaatkan        B. mengeluarkan         C. mendapatkan          D. menjadikan

36.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Kuda berkulit harimau yang menjadi tokoh pada cerita fabel itu melambangkan bahwa […] orang berpura-pura, suatu saat akan terbongkar.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A.    pandai-pandai                                           C. sepandai-pandai
B.     sepandai-pandainya                                  D. sepandainya-sepandainya

37.    Perhatikan kalimat berikut!
Dengan membaca buku ini dimintakan pembaca dapat tambahan wawasan tentang tanaman buah dalam pot.

Perbaikan kata dimintakan ada kalimat tersebut adalah …
A.    Diharapkan            B. dianjurkan              C. ditentukan              D. diputuskan

38.    Perhatikan kalimat berikut!
Pesan utama film ini adalah ajakan himbauan seruan untuk masyarakat agar supaya menjaga kelestarian alam.

Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan menghilangkan   kata ....
A.  film, ajakan, himbauan                             C.  film, himbauan, seruan
B.  ajakan, himbauan, untuk                          D.  himbauan, seruan, supaya

39.    Bacalah teks berikut!
(1) Nurhayati Sri Handini Siti Nukatin atau yang lebih akrab disapa N.H. Dini merupakan sastrawan dan novelis Indonesia (.2) N.H. Dini bercita-cita menjadi seorang dokter.(3) Pada usia itu ia telah menulis karangan yang berjudul "Merdeka dan Merah Putih"(4) Tulisan itu dianggap membahayakan Belanda sehingga ayahnya harus berurusan dengan Belanda. Namun,setelah mengetahui penulisnya anak-anak Belanda mengalah.

Perbaikan paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah mengganti  kalimat nomor (2) menjadi ....
A. Bakat menulisnya  diperoleh  dari kedua orang tuanya.
B. la gemar menulis sejak berusia sembilan tahun.
C. Buku-buku pelajarannya penuh dengan coretan tangannya.
D. Sejak saat itu  N.H. Dini  menekuni  dunia  tulis-menulis.

40.    Perhatikan kalimat berikut!
Minuman tradisional daripada merupakan warisan yang harus dilestarikan.

Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ....
A. kata   daripada   tidak   tepat    karena   kalimat tersebut bukan kalimat perbandingan
B. kat haru tida perlu   digunakan    karena membingungkan
C. kata di seharusnya dipisah  karena di sebagai kata depan
D. kata   tradisional yang  tepat seharusnya teradisionil

41.  Perhatikan kalimat berikut!
Buku ini dalam menjelaskan karakter anak berdasarkan golongan darah dan pola asuh yang tepat bagi anak-anak.
Alasan ketidakefektifan  kalimat tersebut  adalah ....
A. kata yang  tidak  perlu  ditulis  sehingga  dapat dihilangkan
B. kata  dalam  tidak diperlukan karena membingungkan
C. kata berdasarkan tidak diperlukan  karena sama bermakna ganda
D. kata karakter tidak diperlukan  sehingga dapat dihilangkan

42.  Perhatikan teks  berikut!
        (1) Ibu Soed bernama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibio. (2) Beliau seorang pencipta lagu anak-anak legendaris. (3)Beliau sudah mencipta 200 lebih lagu anak-anak. (4) Di area mainan selalu dikumandangkan lagu anak-anak.

Alasan ketidakpaduan  paragraf tersebut adalah karena kalimat ....
A.  (1) tidak berkaitan dengan kalimat (2), (3), (4).
B.   (2) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (3), (4).
C.   (3) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (4).
D.  (4) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (3).


43.  Perhatikan kalimat berikut!
Taman Nasional Ujung Kulon memiliki berbagai macam flora, fauna,dan ekosistim yang dilindungi.

Kesalahan penggunaaejaan pada kalimat tersebut adalah ...
A.  kata flora seharusnya ditulis felora
B.  kata Nasional seharusnya ditulis nasional
C.  kata ekosistim seharusnya ditulis  ekosistem
D.  kata dilindungi seharusnya ditulis di lindungi

44.  Perhatikan kalimat berikut!

“Terima kasih, aku janji tidak akan mengulanginya lagi!” jawab Cici dengan tulus.

Kesalahan penggunaan  tanda  baca pada kalimat tersebut adalah ...
A.  tanda seru (!) seharusnya tanda tanya (?)
B.  tanda seru (!) seharusnya tanda koma  (,)
C.  tanda titik  (.) seharusnya tanda seru (!)
D.  tanda titik  (.) seharusnya tanda koma (,)

45.  Perhatikan kalimat-kalimat  berikut!
(1)   Ibu memawa oleh-oleh asinan Bogor.
(2)   Mohammad Hatta di makamkan di Tanah Kusir  Kebayoran Lama, Jakarta.
(3)   Sesuai aturan, petahana yang cuti harus mengembalikan pasilitas Negara.
(4)   Sejak sebulan yang lalu, Andi pindah ke Pasar Kemis, Tangerang.

Penggunaa ejaan  yang   tepa pad kalimat tersebut ditandai dengan nomor ...
A.    (1)                              B. (2)                           C. (3)                           D. (4)

46.  Perhatikan kalimat berikut!

“Tidakkah engkau peduli kampung halamanmu” tanyanya membuat aku agak risih.

Penggunaan tanda baca yang tepat  pada kalimat tersebut adalah ...
A. "Tidakkah  engkau peduli kampung halamanmu?" tanyanya membuat aku agak risih.
B.  "Tidakkah engkau peduli kampung halamanmu!" tanyanya membuat aku agak risih.
C. "Tidakkah engkau peduli kampung halarnanmu," tanyanya membuat aku agak risih.
D. "Tidakkah engkau peduli kampung halamanrnu" tanyanya membuat aku agak risih.

47.    Perhatikan kalimat berikut!
Cut Nyak dien dikenal sebagai salah satu pahiawan wanita yang berjuang melawan penjajahan belanda pada perang aceh.

Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A.  Cut Nyak Dien dikenal sebagai salah satu pahiawan wanita yang berjuang melawan Penjajahan Belanda pada perang aceh.
B.  Cut Nyak Dien dikenal sebagai salah satu pahiawan wanita yang berjuang melawan penjajahan belanda pada Perang Aceh.
C.  Cut Nyak Dien dikenal sebagai salah satu pahiawan wanita yang berjuang melawan penjajahan Belanda pada Perang Aceh.
D.  Cut Nyak Dien dikenal sebagai salah satu pahiawan wanita yang berjuang melawan penjajahan belanda pada perang Aceh.

48.    Perhatikan kalimat berikut!
“Belajarlah yang rajin demi masa depanmu Nak, kata ibu menasihatiku”.

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang benar adalah ....
A.  “Belajarlah yang rajin demi masa depanmu, Nak, kata ibu menasihatiku.”
B.  “Belajarlah yang rajin demi masa depanmu, Nak,” kata ibu menasihatiku.
C.  “Belajarlah yang rajin demi masa depanmu, Nak?” kata ibu menasihatiku.
D.  “Belajarlah yang rajin demi masa depanmu Nak kata ibu menasihatiku.”

49.    Perhatikan kalimat berikut!
Kabut asap tebal di Gunung Kidul menyebabkan warga disekitar wilayah tersebut dievakuasi karena merasakan sesak napas dan mata pedih.
Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
A.  Kata napas seharusnya ditulis nafas sesuai kaidah EYD.
B.  Kata pedih seharusnya ditulis perih karena menggunakan kata baku.
C.  Kata disekitar seharusnya ditulis di sekitar karena di adalah kata depan.
D.  Kata dievakuasi seharusnya ditulis di evakuasi supaya sesuia kaidah EY

50.    Perhatikan kalimat berikut!
“Ketika sekolah SD kau pernah pulang ke kampung dan kita sama-sama satu kelas pula!” katanya melanjutkan.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A.  Tanda titik (.) setelah melanjutkan tidak diperlukan.
B.  Tanda seru (!) tidak tepat digunakan seharusnya tanda tanya (?).
C.  Tanda petik dua (“) setelah kata pula tidak tepat penggunaannnya.
D.  Tanda seru (!) tidak tepat digunakan karena bukan kaliat perintah.


Previous
Next Post »