PREDIKSI PAKET 02UJIAN NASIONAL TAHUN 2017MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal
nomor 1 s.d 3!
Peringatan Sumpah Pemuda Ke-88 berbasis pada seni dan budaya. Pemerintah akan menyuguhkan pergelaran bertajuk Nusantara Berdendang di halaman Istana Merdeka, Jakarta untuk masyarakat. Acara tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga mampu mencerminkan keragaman budaya Indonesia.
1.
Makna kata menyuguhkan pada teks tersebut adalah ....
A. memerkan B. menghidangkan C. mempertunjukkan D. mendemontrasikan
2. Pertanyaan berikut yang jawabannya terdapat pada teks tersebut adalah ...
A. Bagaimana jalan cerita kegiatan tersebut?
B. Di mana pergelaran Nusantara Berdendang?
C. Siapa pencetus kegiatan pergelaran tersebut?
D. Pukul berapa kegiatan pergelaran itu berakhir?
3.
$impulan isi teks terse but adalah ...
A. Pemerintah mengadakan acara khusus untuk memperingati Sumpah Pemuda yang ke-88.
B. Acara Nusantara Berdendang disaksikan oleh masyarakat luas khususnya di Jakarta.
C. Nusantara Berdendang ini ditunggu-tunggu masyarakat karena sangat menarik.
D. Kegiatan Nusantara Berdendang sudah dicanangkan pemerintah.
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor
4 dan 5!
Bahan koleksi perpustakaan dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Berdasarkan fungsinya, koleksi perpustakaan ada
beberapa kategori, yakni buku pelajaran pokok, buku pelajaran penunjang, buku bacaan, buku sumber, buku referensi, dan buku terbitan berkala.
(1) Perpustakaan memiliki berbagai manfaat dan fungsi. (2) Manfaat perpustakaan yakni untuk meningkatkan kegemaran membaca, memperluas wawasan, dan mencerdaskan kehidupan bangsa. (3) Selanjutnya, fungsi perpustakaan dirinci sebagai berikut. (4) Fungsi edukasi, fungsi informatif, fungsi penelitian, fungsi kebudayaan, dan fungsi rekreasi.
4. Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah ....
A. cara meminjam buku di perpustakaan
B. pengelompokkan koleksi perpustakaan
C. koleksi buku-buku perpustakaan
D. jenis-jenis buku di perpustakaan
5.
Kalimat utama
paragraf kedua teks tersebut ditandai dengan
nomor ....
A.
(4) B. (3) C. (2) D. (1)
6.
Bacalah teks berikut!
I
Dalam novel ini penulis menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Selain itu, banyak pelajaran hidup yang dapat diambil dari kisah tokoh. Hanya saja, penulis terlalu banyak memunculkan konflik sehingga agak membingungkan. Namun, pada akhir cerita semua konflik dapat diselesaikan dengan baik.
Simpulan pendapat pro
pada teks tersebut adalah ...
A. Novel tersebut banyak kekurangannya.
B.
Isi
novel bagus dan layak untuk dibaca.
C. Akhir cerita novel agak membingungkan.
D. Tokohnya terlalu banyak mengalami konflik
Bacalah teks berikut!
Perilaku manusia yang negatif menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Seperti, membuang sampah ke sungai akan mendangkalkan sungai. Selain itu, penebangan dan pembakaran hutan secara liar. Hal akan menyebabkan air tidak terserap oleh akar-akar pohon. Solusi untuk mengatasi banjir dengan melakukan tindakan yang positif. Contohnya, merawat dan melestarikan alam merupakan
salah satu solusi untuk mengatasi banjir. Seperti, membuang sampah pada tempatnya, tidak melakukan penebangan liar, dan melakukan reboisasi pada tanah yang gundul terutama di daerah pegunungan.
I
7.
Ringkasan isi teks tersebut adalah ...
A. Contohnya, merawat dan melestarikan alam rnerupakan salah satu solusi untuk mengatasi banjir.,
I
B. Penebangan dan pembakaran hutan secara liar akan menyebabkan air tidak terserap oleh akar-akar pohon.
C. Tindakan manusia yang negatif penyebab terjadinya banjir
dapat diatasi dengan melakukan tindakan yang positif.
D. Tidak melakukan penebangan liar dan melakukan reboisasi pada
tanah yang gundul terutama daerah pegunungan.
8.
Bacalah kedua kutipan teks berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Tempat wisata berikutnya Museum Asia
Afrika. Di Museum ini, kami melihat dokumen dan menonton film tentang
Konferensi asia Afrika. Di Museum Asia Afrika ini kami banyak menimba ilmu
sejarah tentang Konferensi Asia Afrika.
|
Hari jumat sore, kami siswa siswi
berkumpul di lapangan untuk persiapan ke Bandung dalam rangka Studi Wisata.
Sebelum pergi, kami diberi pengarahan oleh Pak Budi selaku kepala sekolah.
Setelah selesai, kami langsung menuju kendaraan masing-masing.
|
Perbedaan pola penyajian kedua teks terse but adalah ...
Kutipan I
|
Kutipan II
|
|
A.
|
urutan
sebab-akibat
|
urutan
tempat
|
B.
|
urutan
waktu
|
urutan
sebab-akibat
|
C.
|
urutan
waktu
|
urutan
tempat
|
D.
|
urutan
tempat
|
urutan
waktu
|
9.
Bacalah
teks berikut!
(1) lsi novel ini sangat mendidik, terutama untuk generasi muda.
(2) Generasi penerus bangsa
yang mementingkan persatuan dan kesatuan. (3) Sangat
disayangkan, penggunaan istilah atau bahasa daerah yang terdapat di dalamnya tidak dilengkapi artinya. (4) Namun, hal tersebut tidak
mengurangi kelayakan novel ini untuk
dibaca, khususnya oleh generasi muda.
Kelemahan dari teks karya sastra tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1) B.
(2) C.
(3) D. (4)
Bacalah teks cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d. 13!
Saya
langsung dilarikan ke puskesmas kecamatan. Seragam
cokelat Pramuka yang melingkupi tubuh saya disingkirkan entah ke
mana oleh mantri.
Tidak pernah terlintas di
pikiran saya untuk meminta kepada Ayah agar menggantinya setelah itu.
Dan yang saya dengar selama hampir sebulan tidak masuk sekolah, beberapa kali
Tono terpaksa membolos di hari Jumat dan Sabtu karena belum mampu membeli gantinya.
"Salahmu sendiri, tidak minta ganti,"
kata saya selesai kami mengingat kejadian itu. "Mengajakmu saja sudah sebuah kesalahan. Aku takut ayahmu bertambah marah nantinya.
Ayahku tidak mau
mempermasalahkan tamparan ayahmu, apalagi seragam itu. Dia lebih memilih
membelikan yang baru walaupun harus menunggu
beberapa minggu,” jawab Tono.
Kami tertawa. Tertawa dan tertawa seakan akan seluruh rentetan
kejadian yang akhirnya menjadi pengingat abadi persahabatan kami itu
bukanlah sebuah kejadian meloloskan diri dari maut karena waktu
telah menghapus semua kengeriannya. Mengenang kejadian masa lalu duduk di amben ditemani kopi dan rebus singkong. Sinar teplok temaram, di rumahnya yang masih sama seperti 15 tahun
yang lalu.
Sumber:https://cerpenkompas.wordpress.com
10.
Makna
kata teplok pada teks tersebut adalah ...
A. lampu
tempel yang bersumbu dan menggunakan
bahan bakar minyak tanah
B.
lampu listrik yang sengaja dibuat tidak terang supaya menghemat
C.
lampu listrik yang wattnya sangat kecil
sehingga nyaris redup
D.
lampu
untuk mencari jangkrik di sawah saat musim panen
11.
Watak tokoh Tono pada teks tersebut adalah
....
A. jujur dan taat C. jujur dan apa adanya
B. percaya diri dan setia kawan D.
tanggung jawab dan setia kawan
12.
Bagian kutipan cerita tersebut dinamakan
dengan ....
A. Klimaks B. peleraian C. komplikasi D. pengenalan
13.
Latar waktu pada kutipan cerita tersebut
adalah ....
A. malam
B. pagi C. siang D. sore
Bacalah kutipan cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 14 s.d. 17!
... Kura-kura lalu meminta bantuan kepada
monyet. "Maukah kau membantuku memetik buah pisang ini?"tanya
kura-kura.
"Aku bersedia, tetapi buah pisang itu nanti dibagi dua," jawab monyet. "Baik!" jawab kura kura.
Monyet lalu memanjat pohon pisang
kura-kura. Bau harum buah pisang menggoda selera monyet. la lupa akan janjinya.
Kura-kura menunggu di bawah pohon pisang. "Nyet, Nyet, mana
pisang bagianku?"
teriak kura-kura. "Sebiji pun tidak
ada;” jawab monyet rakus.
Monyet, ini pohon pisangku!"
rengek kura-kura hampir menangis.
"Salah sendiri mengapa tidak bisa
memanjat pohon?" ejek monyet.
Kura-kura raut wajahnya memerah, ia mulai menangis. Hatinya sedih
bercampur marah. la lalu menggoyang-goyang pohon pisang itu. Tiba-tiba ....
bruk! Pohon pisang itu tumbang. Monyet
itu jatuh. Dia mengerang kesakitan.
Tubuhnya tertimpa batang pohon pisang.
"Ampun kura-kura, tolong
aku! Aku rnenyesal. .. ,” kata
monyet. Tetapi, kura-kura sudah berlalu. la mencari sahabat
baru.
Sumber:http://www.blogpelajar.com/2016/08/teks-cerita-fabel
14.
Makna simbol wajahnya tersebut adalah ....
A.
malu B. marah C. terharu
D. senang
15.
Nilai moral pada cerita tersebut adalah ...
A.
Memberi contoh yang baik. C. Bekerjalah selagi
mampu.
B.
Bila berjanji harus ditepati. D.Jangan memaksakan kehendak.
16.
Sebab
terjadinya konflik pada
cerita tersebut adalah ...
A. Monyet
mengingkari janji. C. B. Kura-kura tidak menepati janji.
C.
Kura-kura tidak mau berbagi hasil. D.
Monyet membagi hasil panen pisang.
17.
Akibat konflik pada cerita terse but
adalah ...
A. Monyet menyesal lalu pergi melarikan diri.
B. Kura-kura menyesal telah menyakiti
monyet.
C. Monyet mau berteman lagi dengan
kura-kura.
D. Kura-kura tidak mau berteman dengan
monyet.
Bacalah kutipan cerita
berikut kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19!
Kutipan I
Sesampainya di rumah,
sang induk tiba-tiba panik. Anaknya yang ikut pulang
baru empat. "Wah, kemana anakku yang paling
kecil? Apa dia tertinggal di
dalam hutan?"
Induk bebek merasa khawatir, karena
di dalam hutan, bisa saja anaknya dimakan
binatang buas. Tanpa menunggu lama lagi, ia memerintahkan keempat anaknya
istirahat di tepi danau. Sementara ia
sendiri mulai masuk ke tengah hutan dan memanggil-manggil
anaknya yang hilang. Sumber: http://www.wartabahasa.com. Induk Bebek dan
Kodok Hijau
Kutipan I
Di sebuah kolam yang cukup besar dan dalam
seekor kadal sedang
berjalan di pinggiran kolam. Kadal itu sedang mencari
kegiatan baru. la sangat ingin mencoba sesuatu yang baru, ia sangat ingin berpetualang.
Ketika dia berjalan di pinggiran
kolam, ia mengeluarkan lidahnya.
Dia rnelihat sesuatu muncul dari dalam
air hal pertama yang dilihat
oleh kadal itu
adalah sebuah kepala yang
melenggak lenggok ke sana ke mari seperti sedang mencari
sesuatu. Sumber: http://www.blogpelajar.com. Kadal dan Ular Air
18.
Perbedaan
pola pengembangan kedua
cerita tersebut diawali dengan
....
Kutipan 1
|
Kutipan 2
|
|
A.
|
klimaks
|
orientasi
|
B.
|
orientasi
|
klimaks
|
C.
|
peleraian
|
penyelesaian
|
D.
|
penyelesaian
|
peleraian
|
19.
Perbedaan
penggunaan bahasa kedua
kutipan cerita tersebut adalah
....
Kutipan 1
|
Kutipan 2
|
|
A.
|
latar tempat digambarkan tersirat
|
latar tempat digambarkan tersirat
|
B.
|
menggunakan kata sandang
|
tidak menggunakan kata sandang
|
C.
|
menggunakan kata ganti
|
tidak menggunakan kata ganti
|
D.
|
menggambarkan fisik tokoh
|
menggambarkan kepribadian tokoh
|
Bacalah kutipan
cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 20 s.d. 22!
Seekor bangau berjalan
dengan langkah yang anggun di
sepanjang sebuah sungai kecil. Matanya menatap air sungai yang jernih, leher
dan paruhnya yang panjang
siap untuk menangkap mangsa di
air sebagai sarapan paginya. Saat itu,
sungai dipenuhi dengan ikan-ikan yang berenang, tetapi sang bangau merasa sedikit angkuh di pagi
hari itu.
"Saya tak mau makan ikan-ikan yang
kecil," katanya kepada diri sendiri.
"Ikan yang kecil tidak pantas dimakan oleh bangau yang
anggun seperti saya."
Sekarang, seekor
ikan yang sedikit
lebih besar dari ikan lain, lewat di dekatnya. "Tidak," kata
sang bangau. "Saya tidak akan merepotkan diri saya untuk membuka paruh dan
memakan ikan sebesar itu!"
Saat
matahari mulai meninggi,
ikan-ikan yang berada pada air yang dangkal dekat pinggiran sungai,
akhirnya berenang pindah ke tengah sungai yang lebih dalam dan
dingin. Sang bangau yang tidak melihat ikan lagi, terpaksa harus puas
dengan memakan siput kecill di pinggiran sungai.
Sumber:
http://dongengadalahcerita.blogspot.co.id/Burung Bangau yang Angkuh
20.
Komentar
yang tepat terhadap isi kutipan
cerita tersebut adalah ...
A. Isi lcerita bagus hanya kurang mendidik
bagi para pembacanya.
B. Isi lcerita terlalu berbelit-belit sehingga kurang menarik untuk dibaca.
C. Isi cerita sukar dimengerti karena
tokoh tokohnya hewan bukan manusia.
D. Isi cerita sangat menarik karena mengajarkan supaya kita tidak sombong.
21.
Komentar yang tepat terhadap pola
pengembangan kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Pola pengembangan diawali dengan konflik si tokoh merasa kelaparan. Ia
telah berjalan jauh. Namun, ia tidak
menemukan makanan. Kemudian datanglah seekor kura-kura yang menasihati supaya
tidak menjadi orang yang sombong.
B. Pola pengembangan kutipan cerita tersebut dimulai penyebab tokoh tersebut
kelaparan. Ia anggkuh tidak mau memakan ikan yang kecil. Ia menyesal..
C. Pola
pengembangan kutipan cerita tersebut dimulai dengan pengenalan tokoh, latar
tempat, dan latar waktu. Pengenalan itu disampaikan secara tersurat. Lalu
konflik yang muncul diakhiri dengan penyelesaian yang memberikan pelajaran
kepada pembaca.
D. Pola pengembangan kutipan cerita tersebut dimulai dengan penampilan garis
besar isi cerita. Tujuan dengan membaca cerita tersebut, pembaca menjadi
mengetahui garis besar jalan cerita. Pembaca diharapkan mampu memahaminya.
22.
Komentar terhadap bahasa yang digunakan pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari hari dan mudah
dimengerti.
B. Bahasayang digunakan banyak menggunakan kiasan.
C. Bahasa yang digunakan menggunakan peribahasa
sehingga membosankan.
D. Bahasayang digunakan menyulitkan
pembaca memahami isi cerita.
23.
Perhatikan kalimat rumpang berikut!
Sungai Ciliwung meskipun telah [ ... ]
masih penuh dengan endapan lumpur.
Kata yang tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. diambil B. dikeruk C. disedot D. ditata
24.
Perhatikan petunjuk berikut!
Petunjuk menyemir sepatu
1)
Bersihkan sepatu dengan sikat pembersih!
2)
Lalu lap sepatu dengan kain yang bersih!
3)
[... ]
4)
Diamkan sepatu hingga mengering sempurna
5)
Setelah kering, sepatu siap dikenakan!
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ...
A. Setelah bersih, poles
dengan semir yang sesuai warna sepatu!
B. Kemudian jemur sepatu di tempat yang kena panas!
C. Sepatu
yang telah disemir,
siap dikenakan kembali!
D. Cucilah kedua sepatu hingga benar-benar
bersih!
25.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)
Sesampainya di TMII kami
berfoto-foto bersama teman teman dan ibu/bapak guru.
(2)
Kemudian kami menyewa sepeda lalu berkeliling melihat rumah adat
berbagai wilayah di Indonesia.
(3) Setelah istirahat sejenak, kami segera masuk
ke dalam bus untuk melanjutkan perjalanan ke Museum Gas dan Bumi.
(4)
Hari pertama studi wisata, kami mengunjungi TMII yang terletak di JakartaTimur.
(5)
Sepanjang perjalanan menuju tempat tujuan kami bersenda gurau.
(6)
Lalu kami diberi penjelasan tentang cara pengolahan, penggunaan alat,
dan persebarannya di Indonesia.
(7)
Sesampainya di sana kami disuguhi video tentang asal mula gas yang
berasal dari bumi.
Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi paragraf laporan dengan
urutan nomor ....
A.
(2)-(3)-(7)-(4)-(5)-(1)-(6) C.
(2)-(5)-(4)-(3)-(1)-(7)-(6)
B.
(4)-(2)-(1)-(5)-(7)-(3)-(6) D.
(4)-(5)-(1)-(2)-(3)-(7)-(6)
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Cara Membuat Kecambah Kedelai
(1) Setelah direndam, tiriskan kedelaidi
tempat tirisan bambu lalu tutup dengan daun pisang!
(2) Penyiraman dilakukan secara merata, pastikan
lendir yang dikeluarkan kedelai terbawa air!
(3) Kedelai yang dipilih, cuci sampai bersih!
(4) Setelah bersih, kedelai direndam selama
semalam!
(5) Pilihlah kedelai yang bagus!-
(6) Siramlah kedelai 5 jam sekali selama 3
hari!
(7) Kecambah sudah jadi dan siap dikonsumsi!
26.
Kalimat-kalimat tersebut
dapat disusun menjadi petunjuk
membuat kecambah kedelai dengan urutan nomor ....
A. (3)-(2)-(6)-(4)-(5)-(1 )-(7) C. (3)-(5)-(2)-(3)-(1)-(6)-(7)
B. (5)-(3)-(4)-(1)-(6)-(2)-(7) D. (5)-(4)-(1)-(2)-(3)-(6)-(7)
27.
Perhatikan kalimat berikut!
Materi yang terkandung dalam buku
ini [ ... ] semangat pada pembaca untuk dapat
berkarya.
Kata yang tepat untuk
melengkapi kalimat rumpang
tersebut adalah ....
A. memberikan B. menjanjikan C. menerangkan D. menjelaskan
28.
Bacalah kutipan teks berikut!
Buku setebal 226 halamanini sangat cocok
untuk mereka yang ingin mengembangkan potensi diri, terutama dalam bisnis.
Mereka yang ingin meraih rejeki yang bukan
hanya ajaib, tetapi menjadi sebuah
mukjizat dalam hidup. [ ... ]
Penjelasannya pun tidak berkutat dalam teori yang melangit.Tetapi tawaran
tawaran yang sederhana dan tidak terduga bagi kita justru ditawarkan dalam buku
ini.
Diolah dari sumber:
http://belajar-resensibuku.blogspot.co.id
Kalimat
yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut adalah
...
A. Tanaman
hidroponik saat ini
saat digemari masyarakat.
B. Buku
ini menambah wawasan
tentang cara budidaya tanaman
hidroponik.
C. Buku ini hanya menyajikan teori-teori
tanpa ditunjang dengan contoh-contoh
nyata.
D. Disajikan secara menarik dan memiliki tahapantahapan jelas
dalam meraih rezeki.
29.
Perhatikan data
buku berikut!
Identitas buku
Judul buku : Wirausaha Muda
Mandiri
Penulis : Rhenal Kasali
Penerbit : PT Gramedia
Pustaka Utama
Tahun terbit : 2010
Tebal buku : 316 halaman
Keunggulan :
·
Isi buku kisah
inspiratif dari 24 pengusaha muda yang memulai bisnisnya sejak duduk di bangku
sekolah.
·
Banyak ilmu yang
terkandung di dalamnya.
Kelemahan :
·
Pada halaman 280
terdapat salah cetak yang seharusnya’kedua orang tuanya’ hanya tercetak’kedua
orangnya’.
Paragraf resensi
yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut
adalah ...
A. lsi
buku Wirausaha Muda
Mandiri setebal 316 halaman ini
memberi inspirasi tentang pengusaha
muda yang memulai
usahanya sejak duduk di bangku
sekolah. Mereka mengalami jatuh bangun
sebelum sukses. Kita patut belajar dari mereka. Buku ini patut
dimiliki bagi mereka
para pengusaha muda yang ingin sukses.
B. lsi
buku Wirausaha Muda Mandiri
setebal 316 halaman ini
memberi inspirasi tentang pengusaha muda
yang memulai usahanya sejak duduk di
bangku sekolah. Banyak ilmu yang
terkandung dalam buku ini. Hanya pada
halaman 280 terdapat
salah cetak 'kedua orang tua' hanya tercetak 'kedua oranqnya.
Hal tersebut tidak mengganggu,
buku ini sangat inspiratif.
C. lsi buku
Wirausaha Muda Mandiri memberi inspirasi tentang
pengusaha muda yang memulai usahanya
sejak duduk di
bangku sekolah. Mereka mengalami
jatuh bangun sebelum sukses. Hanya
pada halaman 280 terdapat
kekurangan salah cetak
sehingga mengganggu pemahaman pembaca Seandainya kekurangan itu
direvisi, buku in akan lebih bagus.
D. Buku Wirausaha Muda Mandiri
setebal 316 halaman ini memberi
inspirasi tentang
pengusaha muda yang
memulai usahanya sejak
duduk di
bangku sekolah. Buku yang menuntun para pemula
untuk belajar bisnis Isinya memberi
contoh bagaimana tetap bertahan untuk meraih kesuksesan. Sukses
itu diraih berkat kegigihan dan perjuangan.
30.
Perhatikan data-data berikut!
Pengamatan tanaman tomat (Lycopersion esculentum):
-
tanaman perdu semusim,berbatang lemah, dan basah
-
daun berbentuk segitiga
-
buahnya waktu muda hijau dan kuning atau merah waktu tua
-
perbanyakan tanaman dengan biji
-
ditanam pada lahan kering
Penulisan teks
laporan yang sesuai dengan data tersebut yang tepat adalah ….
A. Tomat (Lycopersion
esculentum) merupakan tanaman perdu semusim, berbatang lemah, dan basah. Daunnya
berbentuk segitiga. Buahnya hijau waktu muda dan kuning atau merah waktu tua.
Tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak vitamin C.
B. Tomat (Lycopersion esculentum) merupakan tanaman perdu semusim, berbatang lemah, dan basah. Daunnya berbentuk segitiga. Buahnya hijau waktu muda dan kuning atau merah waktu tua. Buah tomat banyak diminati karena harganya murah tetapi banyak manfaatnya.
C. Tomat (Lycopersion
esculentum) merupakan tanaman perdu semusim,
berbatang lemah, dan basah. Daunnya berbentuk segitiga. Buahnya hijau waktu muda dan kuning
atau merah waktu tua. Perbanyakan tanaman ini umumnya dengan biji dan biasa dibudidayakan pada lahan kering.
D. Tomat (Lycopersion esculentum) merupakan tanaman perdu semusim, berbatang lemah, dan basah. Daunnya berbentuk segitiga. Buahnya merah waktu tua. Buah ini dapat dikonsumsi sebagai tambahan pelengkap sambal terasi
.
|
31.
Perhatikan kalimat berikut!
Indonesia sebagai daerah
tropis dapat menjadikan tanaman
sayuran sepanjang tahun karena diadakannya sinar matahari yang cukup.
Kesalahan penggunaan kata pada
kalimat tersebut adalah …
A.
(1) sebagai, (2) sepanjang C. (1) sebagai, (2)
diadakannya
B.
(1) menjadikan, (2) sepanjang D. (1) menjadikan, (2)
diadakannya
32.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Para tamu-tamu undangan
datang tepat waktu.
2) Semua siswa mengenakan seragam
putih biru.
3) Peserta lomba yang datang terlambat
dinyatakan gugur.
4) Kita harus menjaga kebersihan
lingkungan.
Kalimat yang tidak efektif
ditandai dengan nomor …
A.
1) B. 2) C. 3) D. 4)
33.
Bacalah kutipan teks berikut!
(1)Semut Jepang kaya dengan protein yang sangat berguna untuk tubuh. (2) Kandungan protein dalam kacang kedelai
sangat tinggl. (3) Protein
tersebut berfungsi sebagai
zat pembangun untuk
pertumbuhan dan pemeliharaan
jaringan tubuh dengan
cara membantu meregenerasi sel-sel yang telah mati. (4) Selain ttu, protein dalam
semut Jepang juga dapat
membantu sistem kekebalan tubuh
untuk melawan berbagai
mikroba berbahaya yang dapat menjadi
sumber penyakit.
Ketidakpaduan
paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….
A.
(1) B.
(2) C. (3) D. (4)
34.
Perhatikan kalimat berikut!
Benda-benda yang [ … ] di
museum mencakup benda-benda dari berbagai [ … ] ilmu.
Istilah yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.
diseleksi, instansi C. dikoleksi,
instansi
B.
diseleksi, disiplin D. dikoleksi, disiplin
35.
Perhatikan kalimat berikut!
Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat [ … ]
cahaya, yang sangat jelas terlihat saat malam hari.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut adalah ….
A.
Memanfaatkan B. mengeluarkan C. mendapatkan D. menjadikan
36.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Kuda berkulit harimau yang menjadi tokoh pada cerita
fabel itu melambangkan bahwa […] orang berpura-pura, suatu saat akan
terbongkar.
Kata berimbuhan yang
tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A.
pandai-pandai C. sepandai-pandai
B.
sepandai-pandainya D. sepandainya-sepandainya
37.
Perhatikan kalimat berikut!
Dengan membaca buku ini dimintakan pembaca dapat
tambahan wawasan tentang tanaman buah dalam pot.
Perbaikan kata dimintakan
ada kalimat tersebut adalah …
A.
Diharapkan B. dianjurkan C. ditentukan D. diputuskan
38.
Perhatikan kalimat berikut!
Pesan utama film ini adalah ajakan himbauan seruan
untuk masyarakat agar supaya menjaga kelestarian alam.
Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan menghilangkan kata ....
A. film, ajakan, himbauan C.
film, himbauan, seruan
B. ajakan, himbauan, untuk D. himbauan, seruan,
supaya
39.
Bacalah teks berikut!
(1) Nurhayati Sri Handini Siti Nukatin atau yang lebih akrab disapa N.H. Dini merupakan sastrawan dan novelis Indonesia (.2) N.H. Dini bercita-cita menjadi seorang dokter.(3) Pada usia itu ia telah menulis karangan yang berjudul "Merdeka dan Merah Putih"(4) Tulisan itu dianggap membahayakan Belanda sehingga ayahnya harus berurusan dengan Belanda. Namun,setelah mengetahui penulisnya anak-anak Belanda mengalah.
Perbaikan paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah mengganti kalimat nomor (2) menjadi ....
A. Bakat menulisnya diperoleh dari kedua orang tuanya.
B.
la gemar menulis sejak berusia sembilan tahun.
C. Buku-buku pelajarannya penuh dengan coretan tangannya.
D. Sejak saat itu N.H. Dini menekuni
dunia tulis-menulis.
40.
Perhatikan kalimat berikut!
Minuman tradisional daripada
merupakan warisan yang harus dilestarikan.
Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ....
A. kata daripada tidak tepat
karena
kalimat tersebut bukan kalimat
perbandingan
B. kata harus tidak perlu digunakan karena membingungkan
C. kata di seharusnya dipisah karena di sebagai kata depan
D. kata tradisional yang tepat seharusnya teradisionil
41. Perhatikan kalimat berikut!
Buku ini dalam menjelaskan karakter anak
berdasarkan golongan darah dan pola asuh yang tepat bagi anak-anak.
Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah ....
A. kata yang tidak perlu ditulis sehingga dapat dihilangkan
B. kata dalam tidak diperlukan karena membingungkan
C. kata berdasarkan tidak diperlukan karena sama bermakna ganda
D. kata karakter tidak diperlukan sehingga dapat dihilangkan
42. Perhatikan teks berikut!
(1) Ibu Soed bernama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibio. (2) Beliau seorang pencipta lagu anak-anak legendaris. (3)Beliau sudah mencipta 200 lebih lagu anak-anak. (4) Di area mainan selalu dikumandangkan lagu anak-anak.
Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah karena kalimat ....
A. (1) tidak berkaitan dengan kalimat (2), (3), (4).
B.
(2) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (3), (4).
C.
(3) tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), (4).
D. (4) tidak berkaitan
dengan kalimat (1), (2), (3).
43. Perhatikan kalimat berikut!
Taman Nasional Ujung Kulon memiliki
berbagai macam flora, fauna,dan ekosistim yang dilindungi.
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ...
A. kata flora seharusnya ditulis felora
B. kata Nasional seharusnya ditulis nasional
C. kata ekosistim seharusnya ditulis
ekosistem
D. kata dilindungi seharusnya ditulis di lindungi
44. Perhatikan kalimat
berikut!
“Terima kasih, aku janji tidak akan
mengulanginya lagi!” jawab Cici dengan tulus.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ...
A. tanda seru (!) seharusnya tanda tanya (?)
B. tanda seru (!) seharusnya tanda koma (,)
C. tanda titik (.) seharusnya tanda seru (!)
D. tanda titik (.) seharusnya tanda koma (,)
45. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)
Ibu memawa oleh-oleh asinan Bogor.
(2)
Mohammad Hatta di makamkan di Tanah Kusir Kebayoran Lama, Jakarta.
(3)
Sesuai aturan, petahana yang cuti harus mengembalikan pasilitas Negara.
(4)
Sejak sebulan yang lalu, Andi pindah ke Pasar Kemis, Tangerang.
Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1) B. (2) C.
(3) D. (4)
46. Perhatikan kalimat
berikut!
“Tidakkah
engkau peduli kampung halamanmu” tanyanya membuat aku agak risih.
Penggunaan tanda baca yang tepat
pada kalimat tersebut adalah
...
A. "Tidakkah engkau peduli kampung halamanmu?"
tanyanya membuat aku agak risih.
B. "Tidakkah engkau
peduli kampung halamanmu!"
tanyanya membuat aku agak risih.
C. "Tidakkah engkau peduli kampung
halarnanmu," tanyanya membuat aku agak risih.
D. "Tidakkah engkau peduli kampung
halamanrnu" tanyanya membuat aku agak risih.
47.
Perhatikan kalimat berikut!
Cut Nyak dien dikenal sebagai salah satu pahiawan wanita yang berjuang
melawan penjajahan belanda pada perang aceh.
Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. Cut Nyak Dien dikenal sebagai salah satu pahiawan wanita yang berjuang
melawan Penjajahan Belanda pada perang aceh.
B. Cut Nyak Dien dikenal sebagai salah satu pahiawan wanita yang berjuang melawan
penjajahan belanda pada Perang Aceh.
C. Cut
Nyak Dien dikenal sebagai salah satu pahiawan wanita yang berjuang melawan
penjajahan Belanda pada Perang Aceh.
D. Cut Nyak Dien dikenal sebagai salah satu pahiawan wanita yang berjuang
melawan penjajahan belanda pada perang Aceh.
48.
Perhatikan kalimat berikut!
“Belajarlah yang rajin demi masa depanmu Nak, kata ibu menasihatiku”.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang benar adalah
....
A. “Belajarlah yang rajin demi masa depanmu, Nak, kata ibu menasihatiku.”
B. “Belajarlah
yang rajin demi masa depanmu, Nak,” kata ibu menasihatiku.
C. “Belajarlah yang rajin demi masa depanmu, Nak?” kata ibu menasihatiku.
D. “Belajarlah yang rajin demi masa depanmu Nak kata ibu menasihatiku.”
49.
Perhatikan kalimat berikut!
Kabut asap tebal di
Gunung Kidul menyebabkan warga disekitar wilayah tersebut dievakuasi karena
merasakan sesak napas dan mata pedih.
Alasan ketidaktepatan
penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
A. Kata napas seharusnya ditulis nafas sesuai kaidah EYD.
B. Kata pedih seharusnya ditulis perih karena menggunakan kata baku.
C. Kata disekitar seharusnya ditulis di sekitar karena di adalah kata depan.
D. Kata dievakuasi seharusnya ditulis di evakuasi supaya sesuia kaidah EY
50.
Perhatikan kalimat berikut!
“Ketika sekolah SD kau pernah pulang ke
kampung dan kita sama-sama satu kelas pula!” katanya melanjutkan.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda
baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. Tanda titik (.) setelah melanjutkan tidak diperlukan.
B. Tanda seru (!) tidak tepat digunakan seharusnya tanda tanya (?).
C. Tanda petik dua (“) setelah kata pula tidak tepat penggunaannnya.
D. Tanda
seru (!) tidak tepat digunakan karena bukan kaliat perintah.
EmoticonEmoticon