Contoh Teks Rekaman Percobaan

Membuat Taplak Meja Sederhana

Tujuan

Taplak meja biasa dipakai untuk menghias meja dan sangat banyak tersedia di toko-toko dengan harga yang bisa dibilang lumayan. Tetapi pernah enggak sih kamu kepikiran untuk membuat taplak meja sendiri ? Kamu sebenarnya bisa membuat taplak meja sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah.
Tujuan dari pembuatan taplak meja ini agar kita dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang berada disekitar kita sehingga lebih bernilai dan bermanfaat.

Alat dan Bahan

1. Kain perca 2 meter
2. Jarum dan benang
3. Pensil, gunting, dan kertas
4. Jangka 

Langkah-Langkah Membuatnya

1.  Buatlah sketsa gambar terlebih dahulu pada kertas dengan menggunakan jangka dengan diameter 8 cm, kemudian gunting sesuai pola jangka tersebut.
2.  Tempelkan pada kain perca lalu jiplak polanya dan gunting kain percanya, ulangi sampai 60 bulatan.
3.  Jahit pinggirnya lalu tarik kemudian di tali, ulangi sampai 60 bulatan.
4.  Langkah selanjutnya, rangkaikan bulatan satu dengan bulatan yang lainnya dan kemudian bentuk pola seperti taplak meja.
5.  Setelah membentuk sebuah pola yang kamu inginkan, jahit bulatan satu dengan yang lainnya.
6.  Kemudian setelah selesai membentuk taplak meja, kamu bisa merapihkan jahitannya agar terlihat lebih indah.

Hasil

Jadilah taplak meja dengan kreasi tangan kamu sendiri. Sekarang kamu dapat meletakkan taplak meja tersebut di meja ruang makan atau bisa juga meja ruang tamu. Kamu dapat mengembangnya menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan.

Simpulan


Membuat taplak meja tidaklah begitu sulit, tetapi kamu juga harus telaten dan ulet dalam proses pengerjaannya. Sehingga keterampilan yang kamu miliki akan terus terasah dan berkembang, sekaligus kamu dapat menghemat biaya dan bisa menambah keuntungan jika kamu memanfaatkannya sebagai peluang usaha.


Membuat Sabun Mandi Dari Lidah Buaya

Tujuan

Sabun menjadi kebutuhan manusia karena biasa digunakan untuk mandi atau membersihkan diri. Banyak orang yang memilih membeli sabun yang ada dipasaran, padahal ada cara membuat sabun sendiri menggunakan lidah buaya.
Tujuannya adalah tentunya kita mengetahui bahwa bahan yang digunakan alami sehingga akan terjamin keamanannya.
Alat dan bahan:
1.  Lidah buaya
2.  Pisau
3.  Pewangi
4.  Saringan
5.  Sendok sayur
6.  Air
7.  Panci

Langkah-langkah:



1.  Cuci lidah buaya hingga bersih!
2.  Potong lidah buaya kecil-kecil!
3.  Peras lidah buaya yang sudah dipotong hingga seratnya keluar!
4.  Tambahkan air sedikit!
5.  Tambahkan pewangi secukupnya!
6.  Aduklah sampai semua tercampur!
7.  Setelah campuran itu mengembang jika ingin sabun cair, campuran tersebut sudah bisa digunakan!
8.  Jika ingin sabun batangan masukan campuran tersebut ke dalam cetakan lalu masukan ke dalam lemari pendingin!
9.  Keluarkan sabun yang ada di dalam lemari pendingin, dan sabun dari lidah buaya siap dipakai!

Hasil

Sabun dari lidah buaya selesai dibuat setelah melewati langkah diatas. Kamu bisa menggunakannya kapan saja. Untuk mandi dan lainnya. Selain bisa menjadi sabun, lidah buaya juga dapat dibuat untuk sampo dan berbagai makanan.

Simpulan

Sabun lidah buaya sangat ramah lingkungan dan mudah dibuat. Selain itu juga terbukti bermanfaat bagi tubuh karena membuat tubuh bersih dan lebih segar.



Membuat Pendingin Sederhana

Tujuan

Kulkas sudah menjadi barang yang penting bagi manusia, sayangnya harga kulkas di pasaran lumayan mahal. Nah kita bisa membuat pendingin sederhana dari pot tanah liat, agar makanan tidak mudah busuk.


Alat dan bahan:

1.    2 buah pot dari bahan tanah liat (tembikar) dengan diameter 60 cm dan 40 cm
2.    Pasir
3.    Lem kayu
4.    Kain penutup
5.    Air
6.    Sterofoam

Langkah-langkah:

1.    Tutup lubang pot menggunakan pecahan genting dan lem, usahakan agar tidak ada lubang pada kedua buah pot yang akan digunakan sebagai pendingin!
2.    Tempel pot kecil ke dalam pot besar seperti pada gambar diatas menggunakan lem. Siapkanlah pasir atau bahan yang bisa dibasahi lainnya seperti pasir laut!
3.    Masukkan pasir ke dalam ruang antara pot besar dan pot kecil sampai penuh, basahi pasir menggunakan air dan kemudian tutuplah ruangan yang tersisa menggunakan stereofom!
4.    Masukan buah-buahan serta sayuran kedalam pot kecil!
5.    Tutup dengan kain dan ukur suhunya!

Hasil

     Nah dengan langkah diatas maka pendingin ini sudah dapat digunakan untuk menyimpan sayur dan buah. Air dalam pasir akan mengalami evaporasi, evaporasi, dan hal ini yang mendinginkan ruangan di dalam pot. Pendingin berbahan pot ini cukup efektif mengawetkan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Simpulan

Agar kinerja pendingin optimal, sebaiknya jangan taruh pendingin di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Satu catatan, bahwa barang bermanfaat tidak melulu didapatkan dengan biaya yang mahal.


First