PREDIKSI PAKET O1
UJIAN NASIONAL TAHUN 2017
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
1.
Bacalah kutipan teks
berikut ini!
Harga sejumlah kebutuhan pokok di
beberapa kota di Nusantara merangkak naik, menyusul suplai berkurang akibat cuaca buruk. Kenaikan harga itu berkisar
10-50 persen. Kondisi ini membuat konsumen mengurangi volume belanja barang.
Hal ini disebabkan oleh musibah banjir yang merendam beberapa kota di
Nusantara. Di Medan misalnya, kenaikan harga kebutuhan pokok dipicu oleh
terendamnya lading sawi sehingga pasokan sawi hanya sedikit. Demikian juga di
Cirebon, Jawa Barat, harga cabai mulai meroket karena musim hujan yang
menyebabkan cabai gampang busuk sehingga persediaan cabai hanya sedikit.
|
Makna kata
bercetak miring pada teks tersebut adalah …
A.
makanan B. persediaan C. kiriman D. perbekalan
2. Bacalah
kutipan teks berikut ini!
Hujan asam adalah
hujan yang memiliki kadar keasaman
dibawah 5-6 (pH dibawah 5,6 ). Perlu
diketahui bahwa hujan secara alami memiliki pH 6 atau sedikit
dibawahnya. Peristiwa hujan asam ini terjadi karena zat belerang (sulfur)
yang ada di atmosfer yang merupakan gas yang dihasilkan dari pembakaran bahan
bakar fosil yang ada di bumi.
Proses hujan asam terjadi
juga karena gas sulfur oksida yang mayoritas dikeluarkan dari asap-asap
pabrik dan gas nitrogen oksida yang dihasilkan dari banyak kendaraan
bermotor berkumpul menjadi satu dan
bereaksi dengan uap air yang ada di udara. Proses reaksi ini menghasikan asam
nitrat yang berkondensasi membentuk awan yang menjadikannya hujan asam.
|
Pertanyaan yang sesuai teks
tersebut adalah ….
A. Apa yang
banyak dikeluarkan dari kendaraan bermotor?
B. Bagaimana proses terjadinya hujan azam?
C. Berapa lama terjadinya
hujan asam?
D. Kapan terjadinya hujan
asam?
3.
Bacalah kutipan teks
berikut ini!
Perilaku warga yang membuang sampah
sembarangan masih menjadi keprihatinan utama dalam pengelolaan sampah di ibu
kota. Sampah dianggap sebagai barang yang harus dibuang secepatnya, bukan sebagai
barang yang bernilai ekonomi dan dapat dimanfaatkan kembali. Padahal, sampah
dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi barang yang berguna.
Saat ini sudah banyak komunitas
masyarakat yang mengelola sampah menjadi barang yang berguna. Bahkan, banyak pula yang membentuk bank
sampah dan membuat sampah menjadi bernilai ekonomi.
|
Simpulan
teks tersebut adalah …
A.
Perilaku
warga yang membuang samapah sembarangan menimbulkan keprihatinan, padahal
sampah dapat digunakan sebagai barang yang berguna.
B.
Sampah
dianggap sebagai barang tidak berguna saat ini sudah dikelola sehingga menjadi
barang yang bernilai ekonomi.
C. Sampah jangan
cepar-cepat dibuang karena dapat digunakan untuk barang-barang yang lebih
berguna.
D.
Selama
ini sampah dianggap sebagai barang yang tidak berguna sehingga harus dibuang
secepatnya.
4.
Bacalah kutipan teks
berikut ini!
Lokasi banjir di Jakarta selama
beberpa tahun terakhir sangat acak dan tidak berpola. Hal ini menyulitkan
pengendalian banjir. Relokasi dan normalisasi sungai belum terbukti meniadakan
banjir di Jakarta. sebaliknya, warga di sekitar sungai dapat berperan
mengatasi banjir.
|
Gagasan utama
paragraf tersebut adalah …
A.
Perlunya
relokasi dan normalisasi sungai untuk mengantisipasi banjir
B.
Peran
masyarakat dapat berperan untuk mengatasi banjir
C.
Banjir
di Jakarta yang selalu menimbulkan masalah
D. Lokasi banjir
di Jakarta tidak menentu
5.
Bacalah kutipan teks
berikut ini!
Entah berapa kali Gubernur DKI
menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah melarang siapa pun mencari nafkah
dengan cara berdagang, termasuk berdagang di kaki lima. Namun, yang tidak
diinginkannya adalah berdagang yang membahayakan nyawa orang lain. Berdagang
di trotoar merupakan contoh cara mencari nafkah yang sering membahayakan
orang lain.
|
Informasi
tersirat pada teks tersebut adalah …
A.
Siapa
pun boleh berdagang di kaki lima.
B.
Berdagang
dapat membahayakan nyawa orang lain.
C.
Gubernur
tidak menginginkan adanya perdagangan kaki lima.
D. Gubernur
melarang orang mencari nafkah dengan berdagang di trotoar.
6.
Bacalah kutipan teks
berikut ini!
Sekarang ini, LED (light Emitting Diode) banyak digunakan pada perangkat ponsel, seperti
Blackberry. Begitu juga dengan gawai (gadget) jenis lainnya. Bahkan, gawai
kelas menengah pun menggunakannya karena dapat membuat tampilan menjadi lebih
keren dengan cahaya yang selalu berganti-ganti seperti warna pelangi. Tidak
heran apabila banyak orang yang tertarik menggunakannya. LED juga banyak
digunakan untuk penerangan jalan atau cahaya lalu lintas.
Namun, berdasarkan studi yang dilakukan
oleh peneliti dari Complutense University di Madrid, Spanyol, cahaya lampu
LED ternyata dapat merusak retina mata kita. Jika kita menggunakan LED dalam
jangka waktu yang lama, mata kita akan mengalami kerusakan. Para ahli pun
berpendapat dan menyerukan agar penggunaan LED dimasukkan penyaringan built in agar dapat memotong blue grade pada LED ini.
|
Ringkasan
teks tersebut adalah …
A. LED banyak
digunakan pada berbagai perangkat,
tetapi pelu penyaring built in agar
cahanyanya tidak merusak retina mata.
B.
LED
digunakan pada semua gadget karena
menimbulkan warna yang menarik menyerupai pelangi sehingga sangat diperlukan.
C.
Pilihlah
gadget yang tidak menggunakan LED
suoaya retina mata kita tidak rusak dalam jangka waktu yang lama.
D.
LED
sangat diperlukan untuk penerangan jalan raya dan cahaya lalu lintas di sekitar
bahu jalan.
7.
Bacalah kutipan teks
berikut ini!
(1)Distribusi
subsidi BBM adalah satu di antara sekian banyak permasalahan pokok nelayan
yang belum diselesaikan pemerintah. (2)Situasi tersebut akan diperburuk bila
pemerintah mengurangi subsidi BBM. (3)Memang, nelayan diberi fasilitas boleh
membeli BBM di tempat-tempat tertentu seperti SPBB (Stasiun Pengisian Bahan
Bakar Bunder), SPBN (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan), SPDN (Solar Pack
Dealer Nelayan), kenyataannya baru 30-40% sentra nelayan yang sudah
dibangunkan SPBB, SPBN, dan SPDN. (4)Jadi, jika dalam situasi sulit ini pun
pemerintah masih berencana mengurangi subsidi BBM, sebaiknya lupakan wacana
untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maritim.
|
Pendapat
yang mendukung pada teks tersebut ditandai nomor …
A.
(1) B. (2) C. (3) D. (4)
8.
Bacalah kedua teks
berikut ini!
Teks
1
|
Teks
2
|
SMPN 28 Bandar
Lampung merupakan sekolah menengah yang terletak di jalan Bukit Kemiling
Permai kelurahan Kemiling Permai kecamatan Kemiling kelurahan Kemiling Permai
Bandar Lampung. Dalam area lingkungan SMPN 28 Bandar lampung terdiri dari 2
jenis lingkungan. Diantaranya yakni lingkungan hidup / benda hidup (biotik)
dan lingkungan tidak hidup / benda mati (abiotik). Lingkungan benda hidup
terdiri dari tanaman-tanaman hias dan pohon-pohon besar. Sedangkan lingkungan
benda mati terdiri atas peralatan belajar, gedung sekolah, dan property
sekolah.
|
Bulan beredar mengelilingi bumi setiap 27,3 hari (Periode
Orbit) dan variasi periodik dalam sitem Bumi – Bulan – Matahari bertanggung
jawab atas terjadinya fase-fase bulan yang selalu berulang setiap 29,5 hari
(Periode Sinodik).
Bulan yang ditarik oleh gaya gravitasi bumi tidak jatuh
ke bumi. Hal ini disebabkan oleh gaya sentrifugal yang timbul dari orbit
bulan yang mengelilingi bumi.
|
Perbedaan pola penyajian kedua teks
tersebut adalah …
|
Teks
1
|
Teks
2
|
A.
|
Urutan waktu
|
Urutan tempat
|
B.
|
Urutan tempat
|
Urutan ruang
|
C.
|
Urutan ruang
|
Urutan peristiwa
|
D.
|
Urutan peristiwa
|
Urutan waktu
|
9.
Bacalah teks berikut!
Teks
1
|
Teks
2
|
Masa remaja adalah
masa yang penting untuk diperhatikan secara serius, kabanyakan remaja merasa
dirinya sudah dewasa. Secara biologis memang sudah mirip orang dewasa namun
secara psikologis belum. Artinya tubuh mereka mulai berkembang menjadi
individu dewasa, namun dari sisi psikologis belum diimbangi kematangan
perilaku.
|
Bermain
menjadi salah satu kebutuhan bagi anak. Bermain dapat dilakukan di lingkungan
keluarga, sekolah, dan masyarakat. Alangkah lebih indah jika bermain juga
disandingkan dengan belajar yang menyertainya. Apalagi proses belajar ini
memiliki tujuan dan terencana dengan baik.
|
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks
tersebut adalah …
- teks 1 lebih banyak menggunakan kata
sambung pemilihan
teks 2 lebih banyak menggunakan kata
sambung penambahan
- teks 1 lebih banyak menggunakan kata sambung sebab akibat
teks 2 lebih banyak menggunakan kata sambung
pemilihan
- teks 1 lebih banyak menggunakan kata sambung penambahan
teks 2 lebih banyak menggunakan kata sambung
pemilihan
- teks 1 lebih banyak menggunakan kata sambung penambahan
teks 2 lebih banyak menggunakan kata sambung
sebab akibat
10. Bacalah
kutipan teks berikut ini!
(1) Novel 5 cm ini menceritakan lima anak muda yang menjalin persahabatan
selama tujuh tahun. (2) Dalam novel ini, terdapat kata-kata yang membuat
pembacanya terinspirasi untuk lebih bersemangat dalam menjalani. (3) Ditambah
lagi dengan penggunaan bahasa yang mudah dimengerti, serta penempatan latar
waktu dan tempat yang sangat detail. (4) Namun, pada akhir cerita, keadaannya
tampak begitu memaksakan dengan pembentukan keluarga anatarsahabat. (5)
Bentuk pemaksaan lainnya adalah hadirnya keturunan-keturunan mereka yang mempunyai
sifat yang sama dengan orang tuanya.
|
Kalimat yang
menyatakan kelebihan buku terdapat dalam pernyataan …
A.
(1), (2) B. (2), (3) C. (3), (4) D. (4), (5)
Bacalah
kutipan teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 dan 11!
(1)Kuya dan Bening pun bekerja
sama atas ide Kuya. (2)Mereka melakukan atraksi untuk menarik perhatian
pengunjung. (3)Pada awalnya, banyak pengunjung yang mendekati Mura dan Muri,
tetapi melihat atraksi Bening dan Kuya, pengunjung pun mengalihkan perhatian
mereka. (4)Mura dan Muri tidak terima akan hal itu. (5)Tiba-tiba saja, kedua
burung merak itu terjatuh ke danau. (6) Mereka bingung dan meminta tolong
karena mereka tidak bisa berada di air berlama-lama. Bening dan Kuya yang
membantu Mura dan Muri keluar dari danau.
|
11. Makna kalimat nomor 3
teks tersebut adalah ...
A.
Kuya
dan Bening ingin menarik perhatian pengunjung.
B.
Mura
dan Muri mengalihkan perhatian pengunjung.
C.
Pengunjung
menyukai atraksi Mura dan Muri.
D. Pengunjung
meninggalkan Mura dan Muri.
12. Watak tokoh Bening
adalah …
A.
tidak
punya pendirian B. mudah tersinggungC.suka menolong D. pengiri
13. Bacalah
teks berikut!
Ada
kejadian tak mengenakkan. Salat isya yang diimami Ridwan, tak kunjung selesai.
Jangankan emapat rokaat, satu rokaat pun tak finish-finish. Semua lantaran
jamaah kurang setuju dengan bacaan Ridwan. Al Fatihahnya salah berat, pendapat
mereka. Dari bacaan basmallah sampai ayat kedua ngaco berat.
Teks
tersebut termasuk bagian alur …
A.
Pengenalan B. permasalahan C. antiklimaks D. penyelesaian
14. Bacalah
teks berikut!
Nina datang dua bulan yang lalu dan menempati kamar ketiga
asrama. Kutaksir usianya belum mencapai tiga puluh tahun. Paling-paling hanya
terpaut dua tiga tahun di bawahku. Ia tidak secantik Anita dan Tina. Tetapi ia manis dan menarik. Dengan matanya
yang selalu beriak dan senyumnya yang tulus. Ia rapi. Bukan saja kamarnya yang
selalu tertata, tetapi kata-katanya pun halus dan terjaga. Biasanya setelah
membereskan kamarnya, Nina membantu menyapu ruang tamu. Bahkan tidak jarang,
Nina membantu mencuci piring di dapur.
Latar kutipan tersebut adalah …
A.
asrama B.kamar C. ruang tamu D. dapur
15. Bacalah
teks berikut!
Bunga
desa itu duduk di taman bunga di tengah kota
Belinyu. Sayang ia tak mau beranjak dari tempat duduknya sejak kekasih pujaan hatinya berjanji
untuk berjumpa di taman bunga itu. Sebenarnya,
banyak pria ingin mendekatinya, namun ia tak pernah menanggapi. Bunga yang
mekar di taman itupun menyambut dengan
tersenyum meskipun banyak orang mengganggapnya gila.
Makna simbol kata bercetak miring pada teks tersebu adalah ...
A. gadis cantik B. gadis
lugu C. primadona D. anak gadis
16. Bacalah
teks berikut!
Sekilas Mira melihat pengemis
berkaki buntung di depan toko. Segera ia turun dari mobilnya dan menghampiri
pengemis tersebut. Dia tersenyum dan membuka dompet yang berada dalam tasnya.
Diambilkannya uang seratus ribuan lalu ia berikan pada pengemis itu.
Cara pengarang menggambarkan watak
tokoh pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.
dialog
tokoh B. perilaku tokoh C. dialog antar tokoh D. diceritakan langsung
17. Bacalah
teks berikut!
"Bisakah
kau diam? Setidaknya hormatilah aku, karena usiaku. Biarkan aku tidur
tenang," kata burung hantu tua kepada belalang, "Diamlah atau pergilah
segera!"
Belalang
tak mengacuhkan ucapan burung hantu tua. Soalnya, belalang merasa berhak untuk
tetap di tempat sambil terus bernyanyi. Yang ada malah belalang bernyanyi lebih
keras. Memekakkan telinga.
Burung
hantu tua tahu tak berguna berdebat dengan belalang. Karena itu, dia berkata
baik-baik kepada belalang, "Baiklah, ketimbang berdebat lebih baik aku
mengalah. Mari kunikmati nyanyianmu di sini, sekarang juga. Oiya, aku memiliki
banyak makanan dan minuman di sarangku. Bila kamu sudah selesai bernyanyi
kemarilah. Nikmati makanan dan minuman ini bersamaku."
Penyebab konflik pada teks tersebut adalah …
A.
Burung
hantu menyuruh belalang diam. C. Burung hantu menyuruh
belalang pergi.
B.
Belalang bernyanyi saatburung hantu tidur. D.Belalang
merasa berhak tetap tinggal di tempat.
18. Bacalah
kedua teks berikut ini!
Teks
1
|
Teks
2
|
Alkisah Sang Kancil yang baru
saja diangkat menjadi raja hutan kedatangan serombongan gajah yang bertamu
sambil membawa anak mereka yang sakit. Semua tabib di hutan telah menyerah,
tak mampu mengobati penyakitnya. Badan Si Ajah (anak gajah) demam, kepalanya
pusing, perut mual dan tidak mau makan, mirip dengan meriang biasa, tetapi
tidak kunjung sembuh.Setelah Sang Kancil memeriksa dengan saksama, tahulah
dia bahwa Si Ajah telah terserang tifus. Belum ada obat tifus yang dimiliki
Apotek Hutan Raya sehingga hanya ada harapan kecil bagi Ajah untuk sembuh.
|
Gerhana matahari terjadi pada
siang hari. Proses terjadinya diawali dengan bulan menutupi matahari sehingga
kadaan terang –benderang berangsur-angsur menjadi gelap. Gerhana matahari
terjadi karena sinar matahari pada siang hari terhalang oleh bulan.
Akibatnya, selama beberapa saat sinar matahari tertutup dan tidak tampak dari
bumi. Pada saat terjadi gerhana matahari, kedudukan matahari, bulan, dan bumi
berada pada satu garis. Akibatnya, bayangan bulan akan mengenai bumi. Karena
bulan lebih kecil daripada matahari, maka hanya sebagai tempat permukaan bumi
yang terkena bayangan bulan.
|
Perbedaan
penggunaan bahasa kedua kutipan tersebut adalah …
NO
|
TEKS
1
|
TEKS
2
|
A
|
menggunakan konjungsi penanda waktu
|
menggunakan konjungsi pertentangan
|
B
|
menggunakan kata sandang
|
menggunakan konjungsi sebab akibat
|
C
|
menggunakan bahasa baku
|
menggunakan bahasa sehari-hari
|
D
|
menggunakan keterangan waktu
|
menggunakan keterangan tempat
|
19. Cermatilah
kutipan fabel berikut!
Sang Kucing Desa kecewa dengan
keadaaannya di kota. Dia berbicara kepada sang Kucing Kota,”Aku memang mendapatkan
kemewahan di sini, tetapi apa mewahnya jika aku hanya mendapatkan sisa
makanan dan hidupnya tidak tenang. Ketika aku akan mencicipi makanan di meja
itu, sebilah kayu mengahantam tubuhku”. Lalu sang Kucing keluar dan
meninggalkan kota tersebut. Kini dia kembali kedesa dengan makanan yang
sederhana, tetapi penuh kedamaian dan ketenangan.
|
Informasi tersirat dalam kutipan teks tersebut adalah
…
A.
Berprasangka
baiklah terhadap orang lain.
B. Kedamaian
tidak selalu karena hidup mewah.
C.
Bersyukur
atas segala sesuatu yang kita miliki.
D.
Hidup
di desa lebih menjanjikan kedamaian.
20. Bacalah
teks berikut!
Sejak
kelas 3 SR, aku sering nguli nyeset. Itu kulakukan sepulang sekolah, di
sela-sela jadwal rutin menggembalakan domba. Upah nguli nyeset terus kutabung
demi dua mimpi besarku-sepatu dan sepeda. Namun, sering kali kuserahkan
sebagian besar kepada ibuku dengan sepenuh-penuh kebahagiaan. Kebutuhan kami
untuk mengisi perut lebih mendesak ketimbang mimpi sederhanaku itu. Setiap
menyerahkan hasil nguli nyeset, biasanya mata ibu berkaca-kaca, seperti hendak
mengatakan “Tidak seharusnya kamu bekerja seperti ini, Le!” atau mungkin
“Terima kasih, Le.”
Nilai
moral yang terdapat pada teks tersebut adalah …
A.
tokoh aku rela mengorbankan mimpi demi menolong orang tua.
B.
tokoh
aku selalu berdoa agar impiannya dapat terwujud.
C.
tokoh
aku ingin membeli sepatu dan sepeda.
D.
tokoh
aku rela menjadi kuli nyeset.
21. Bacalah
kedua teks berikut!
Teks
1
|
Teks
2
|
Matahari bersinar
dengan teriknya. Dimas, Bagas, Satria, dan Ludvi berjalan pulang sekolah
menuju rumah Ludvi. Mereka akan mengerjakan tugas kelompok. Saking panasnya,
Bagas mengeluh,
“Mataharinya panas banget. Dimas,jajanin es dong.” Traktirin, ya… Please…” Satria memasang muka memelas. “Ah, teman-teman, bentar lagi juga nyampe rumahku. Ntar begitu nyampe aku bikinin es teh, apa es jeruk, es buah, terserah deh!” kata Ludvi sambil mengelap keringatnya. Nampak sebuah mobil, ternyata mobil Doni. “Hai kawan-kawan!” sapa Doni membuka jendela mobil. “Cepetin jalannya, ya. Dadahh…” seru Doni. Dimas hanya sebal. “Huh, makanya ajak kami juga dong!” Sahabat-sahabatnya hanya ikut bersungut-sungut. |
Seorang
wanita pemerah susu telah memerah susu dari beberapa ekor sapi. Ia berjalan
pulang dengan seember susu yang dijunjungnya di atas kepalanya. Saat dia
berjalan pulang, dia berpikir dan membayang-bayangkan rencananya ke depan.
"Susu yang kuperah ini sangat baik mutunya," pikirnya menghibur
diri, "akan memberikanku banyak cream
untuk dibuat. Aku akan membuat mentega yang banyak dari cream itu dan menjualnya ke pasar dan dengan uang yang kumiliki
nantinya, aku akan membeli banyak telur dan menetaskannya. Sungguh sangat
indah kelihatannya apabila telur-telur tersebut telah menetas dan ladangku
akan dipenuhi dengan ayam-ayam muda yang sehat.”
|
Perbedaan
pola pengembangan kedua teks tersebut adalah …
No
|
Teks
1
|
Teks
2
|
A
|
Diawali dengan masalah
|
Diawali dengan pengenalan
|
B
|
Diawali dengan pengenalan
|
Diawali dengan
latar
|
C
|
Diawali dengan latar
|
Diawali dengan pengenalan
|
D
|
Diawali dengan konflik
|
Diawali dengan penyelesaian
|
22. Bacalah
teks berikut!
Kembali
terngiang ucapan ibu tadi siang. “Yan, bagaimana menurutmu kalau celengan
ayammu tidak usah kamu gunakan untuk membeli playstation?” ucap ibu lirih.
(1)“Lalu
mau digunakan untuk apa, Bu?”
“Ibu
mempunyai rencana untuk memperluas kios kita dengan barang-barang kebutuhan
rumah tangga lainnya. Kamu mengerti maksud ibu bukan, Yan?”
(2)“Iya,
Bu.”
(3)Kubulatkan
niatku untuk merelakan celengan ayam itu. Untuk terakhir kali kuelus celengan
itu. Selamat tinggal playstation. (4)Perlahan kuangkat celengan itu dan
kubanting ke lantai. Pyaarr...
Bukti
watak tokoh Yan rela berkorban terdapat pada nomor …
A.
(1) B. (2) C.(3) D.(4)
23. Bacalah
teks berikut!
Mendengar berita warganya dimangsa buaya, Raja Katak
langsung marah. Ia mendatangi buaya didampingi pasukannya. Kepada buaya, Raja
Katak mengancam jika terus memakan warga katak, ia akan menyihir buaya menjadi
seekor katak. Lalu, Raja Katak dan pasukannya pergi meninggalkan buaya.
Namun, buaya masih berani memakan warga
Kerajaan Katak. Raja Katak yang kesal, langsung mengeluarkan tongkat sihirnya
yang sudah lama tidak dipakainya. Ia langsung menyihir buaya menjadi seekor
katak kecil.
Karena menjadi katak kecil inilah, buaya
menjadi takut akan dimangsa buaya lainnya. Lalu, ia pergi menghadap Raja Katak
untuk meminta maaf. Ia berjanji untuk tidak memakan warga Kerajaan Katak lagi.
Raja yang merasa iba, langsung membebaskan buaya dari kekuatan sihir. Karena
merasa berutang budi, buaya lalu menjadikan dirinya sebagai benteng pertahanan
Kerajaan Katak agar aman dari buaya lainnya.
Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut
adalah …
A.
Sudah biasa, seseorang menggunakan
kekuasaannya.
B. Membalas budi baik, tetapi tidak perlu sampai menjadi budak.
C.
Isi cerita kurang menarik tidak terdapat latar
tempat dan pesan moral.
D.
Cerita mengada-ada karena tidak mungkin seekor
katak dapat mengalahkan buaya.
24. Bacalah
kalimat berikut!
Fotosintesis
adah proses tanaman dan … menghasilkan makanan sendiri dengan bantuan sinar
matahari.
Istilah
yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.
energy B. organisme C. bakteri D. kloroplast
25. Bacalah
teks berikut!
Cara
Membuat Bakso
1. Giling daging hingga halus sambil masukkan es batu sedikit demi
sedikit. Setelah halus, angkat.
2. Masak air hingga mendidih, masukkan bulatan adonan bakso.
3. Campur daging sapi, sagu, baking soda, telur, dan bumbu yang sudah
dihaluskan
4. Tunggu hingga mengapung dan angkat.
5. Buat bulatan adonan bakso dengan menggunakan sendok.
|
Urutan
yang tepat petunjuk tersebut adalah …
A. 3-1-5-2-4 B. 3-2-1-5-4 C. 1-3-2-5-4 D.
1-3-5-2-4
26. Bacalah
teks berikut!
Panduan membuat rekening tabungan dan kartu ATM:
1.
Siapkan
keperluan administratif: KTP / SIM / kartu pelajar.
2.
[ ... ]
3.
Setelah
semuanya lengkap, datangilah bank di cabang terdekat yang sesuai dengan
domisili Anda.
4.
[ ... ]
5.
Ketika
giliran Anda tiba, sampaikan kepada CS bahwa Anda ingin membuka rekening
tabungan perorangan.
6.
Jika
semua informasi sudah jelas isilah formulir yang diberikan.
7.
Katakan,
Anda ingin mengaktifkan ATM ini.
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut adalah …
A.
|
(2) Siapkan
kendaraan untuk menuju Bank terdekat
(4)
Ambil
nomor antrian untuk mengantri di Customer
Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil
|
B.
|
(2)
Persiapkan
uang tunai untuk setoran awal di tabungan baru Anda, sesuaikan dengan batas
ketentuan minimum saldo di bank yang Anda pilih.
(4)
Tanyakan
kepada petugas, bagaimana cara mengisi formulir.
|
C.
|
(2)
Persiapkan uang tunai untuk setoran awal di tabungan baru Anda,
sesuaikan dengan batas ketentuan minimum saldo di bank yang Anda pilih.
(4) Ambil nomor
antrian untuk mengantri di Customer
Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil.
|
(5)
|
(2) Siapkan kendaraan
untuk menuju Bank terdekat
(3)
Ambil
nomor antrian untuk mengantri di Customer
Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil.
|
27. Bacalah
teks berikut!
Banjir
Banjir
adalah suatu fenomena alam yang sangat merugikan sehingga disebut juga dengan bencana alam.
Kata banjir berarti ketidakmampuan sungai , danau, drainaase, atau aliran air
lainnya untuk menampung air yang jumlahnya sangat banyak, sehingga meluap dan
memasuki daerah sekitarnya. Banjir sering muncul pada daerah pinggiran
sungai, dan daerah yang drainasenya terganggu. […]. Jika dilihat dari penyebabnya,
ada dua faktor yang dapat menyebabkan
banjir, yaitu faktor alam dan faktor sosial.
|
Kalimat yang
tepat utnuk melengkapi teks tersebut adalah …
(4) Bencana banjir
biasanya terjadi pada musim penghujan.
(5)
Banjir
sangat merugikan masyarakat yang tinggal di bantaran kali.
(6)
Hal
ini biasanya karena masyarakat membuang sampah ke sungai.
(7)
Hal
ini sangat mengganggu kehidupan masyarakat sekitar sungai
28. Bacalah
kalimat berikut!
Adikku
memang penurut.
Agar
maknanya tidak berubah, kata bercetak miring dapat diganti dengan …
A.
Bandel B. Pendiam C. Patuh D. Pembangkang
29. Bacalah
kalimat berikut!
Dokter
muda itu belum dikenal oleh masyarakat Pasarminggu.
Variasi kalimat tersebut adalah …
A.
Belum dikenal oleh masyarakat Pasarminggu dokter muda itu.
B.
Masyarakat
Pasarminggu belum dikenal oleh dokter muda itu.
C.
Masyarakat
Pasarminggu oleh dokter muda itu belum dikenal.
D.
Belum
dikenal oleh dokter muda itu masyarakat Pasarminggu.
30. Bacalah
teks berikut!
Judul buku
|
:
|
Tuilet
|
Pengarang
|
:
|
Oben Cedric
|
Penerbit
|
:
|
Gradient Mediatama
|
Pokok-pokok isi
|
:
|
Novel ini bertema persahabatan.
|
Keunggulan
|
:
|
Dibumbui cerita lucu yang membuat
pembaca tidak bosan.
|
Kelemahan
|
:
|
Pilihan katanya menggunakan
serapan remaja. Membuat novel ini sepertinya khusus untuk remaja.
|
Teks
yang tepat sesuai data tersebut adalah …
A.
Novel
berjudul Tuilet karya Oben Cedric ini bertema persahabatan. Dengan dibumbui
kisah lucu seputar tokoh, membuat pembaca tidak bosan membacanya. Novel ini
hanya diperuntukkan bagi remaja
B.
Novel
berjudul Tuilet karya Oben Cedric ini bertema persahabatan. Novel ini banyak
mengisahkan kelucuan para tokohnya. Sayang, hanya menggunakan kata serapan
remaja, sehingga seolah-olah novel ini hanya diperuntukkan bagi remaja saja.
C.
Novel
berjudul Tuilet karya Oben Cedric ini menceritakan kelucuan para tokoh. n.
Novel yang meuat cerita lucu ini hanya menggunakan kata serapan remaja,
sehingga seolah-ovel ini memang tidak membuat pembaca bosan karena diselipi
humor, namun seolah hanya diperuntukkan bagi remaja
D. Novel berjudul
Tuilet karya Oben Cedric ini bertema persahabatan. Dengan dibumbui kisah lucu
seputar tokoh, membuat pembaca tidak bosan membacanya. Novel yang memuat cerita
lucu ini hanya menggunakan kata serapan remaja, sehingga seolah-olah novel ini
hanya diperuntukkan bagi remaja, tidak untuk umum.
31. Bacalah
teks berikut!
Pewawancara
|
:
|
Selamat siang,
Dok!
|
Dokter
|
:
|
Selamat siang,
ada yang bisa saya bantu?
|
Pewawancara
|
:
|
Iya, begini Dok, saya ingin menanyakan beberapa hal
tentang apa fungsi atau manfaat air minum untuk kesehatan tubuh kita?
|
Dokter
|
:
|
Baik, tubuh
memang memerlukan banyak cairan untuk membantu peredaran darah dalam tubuh.
Salah satu cairan yang baik adalah air mineral. Banyak manfaat yang dimiliki
oleh air mineral dalam tubuh kita, seperti penghilang dehidrasi dan haus,
meningkatkan energy, mengontrol kalori dan menurunkan berat badan, membuat
kulit halus dan cerah, menjaga fungsi ginjal, dan mencegah penuaan dini.
Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat yang kita dapat dengan mengkonsumsi air
minum secara rutin
|
Pewawancara
|
:
|
Lalu bagaimana
kalau tubuh kita kekurangan cairan atau air putih?
|
Dokter
|
:
|
Karena air putih
mengandung banyak manfaat bagi tubuh, maka ketika kekurangan air minum, maka
akan terjadi beberapa dampak bagi tubuh. Dampak yang terjadi seperti, kulit
kusam, teranggunya fungsi ginjal, kurangnya konsentrasi yang juga akan
berakibat mudah mengantuk, berhalusinasi, tenggorokan kering, dan lain
sebagaianya.
|
Bentuk lain
dari teks tersebut adalah …
A.
Tubuh memang memerlukan banyak cairan untuk
membantu peredaran darah dalam tubuh. Salah satu cairan yang baik adalah air
mineral. Banyak manfaat yang dimiliki oleh air mineral dalam tubuh kita. Jika
kita kekurangan air minum, maka akan terjadi beberapa dampak negatif bagi
tubuh.
B.
Tubuh memang memerlukan banyak cairan untuk membantu
peredaran darah dalam tubuh. Salah satu cairan yang baik adalah air mineral.Banyak
manfaat yang dimiliki oleh air mineral dalam tubuh kita, seperti penghilang
dehidrasi dan haus, meningkatkan energy, mengontrol kalori dan menurunkan berat
badan.
C.
Tubuh memang memerlukan banyak cairan untuk membantu
peredaran darah dalam tubuh. Salah satu cairan yang baik adalah air mineral.
Jika kita kekurangan air minum, maka akan terjadi beberapa dampak negatif bagi
tubuh.
D.
Tubuh memang memerlukan banyak cairan untuk membantu
peredaran darah dalam tubuh. Jika kita kekurangan air minum, maka akan terjadi
beberapa dampak negatif bagi tubuh.di antaranya, kulit kusam dan tegranggunya fungsi
ginjal.
32. Bacalah
kalimat berikut!
Pemerintah tidak memberikan ijin(1)untuk membangun apotek(2)di kawasan(3) itu apalagi mall(4)..
Kata yang tidak baku dalam kalimat tersebut ditandai nomor ...
A. (1) (2) C. (3) D. (4)
33. Bacalah
teks berikut!
(1)Pada zaman
yang modern ini, banyak sekali perkembangan pada teknologi-teknologi yang ada
di Indonesia. (2)Salah satunya adalah teknologi elektronik. (3)Perkembangan
pada teknologi elektronik kini berkembang sangat pesat di Indonesia. (4)Namun,
perkembangan tersebut memberi pengaruh atau dampak juga terhadap konsumennya,
khususnya para remaja masa kini.
|
Kalimat
tidak efektif terdapat pada nomor …
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)
34. Bacalah
teks berikut!
(1)Hand phone
adalah salah satu alat tekhnologi yang bisa memudahkan manusia dalam hal
komunikasi. Hampir semua manusia di dunia ini menggunakan Hand phone termasuk anak-anak. (2)Ada
yang berpendapat bahwa hand phone akan merusak masa kanak-kanak yang seharusnya diisi dengan
permaianan dan interaksi dengan sesama. (3)Terlebih lagi,
mereka juga berpendapat bahwa hand phone bisa membuat anak mereka menjadi
pintar karena aplikasi – aplikasi pembelajaran yang ada di dalamnya. (4)Dengan hadirnya hand
phone, mereka akan semakin menjauh dari dunia mereka. Anak-anak akan
menjadi pasif dan gampang terkena penyakit.
|
Kalimat yang
menyebabkan ketidak paduan paragraph terdapat pada nomor …
A. (1) B.
(2) C.(3) D. (4)
35. Bacalah
kalimat berikut!
Sebenarnya, …tekhnologi handphone memiliki dampak positif bagi para remaja.
Kata
bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.
Pengembang B. pengembangan C.perkembangan D. perkembangbiakan
36. Bacalah
kalimat berikut!
Kita harus
menggunakan hand phone ini untuk
hal-hal yang bermanfaat buat diri sendiri … orang lain bukan malah merugikan.
Konjungsi
yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.
atau
B. bahkan C. maupun D.sehingga
37. Bacalah
kalimat berikut!
Pada umumnya hidangan kopi
disuguhkan pada saat tradisi kunjungan tamu, pertemuan, bagian dari sarapan,
dan minuman disaat bersantai sore hari.
|
Perbaikan
kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah …
A.
tradisi
diganti upacara C. bersantai diganti bebas
B. disuguhkan diganti disodorkan D. hidangan
diganti minuman
38. Bacalah
kalimat berikut!
Tak hanya para ahli kesehatan, bahkan masyarakat di
berbagai kalangan juga turut berdebat panas tentang masalah baik buruknya
mengonsumsi teh.
|
Perbaikan kalimat tersebut adalah …
A. Tak hanya para ahli kesehatan, masyarakat di berbagai kalangan juga
turut berdebat panas tentang baik buruknya mengonsumsi teh.
B. Tak hanya para ahli kesehatan, bahkan banyak masyarakat di berbagai
kalangan juga turut berdebat tentang masalah baik buruknya mengonsumsi teh.
C. Tak hanya para ahli kesehatan, bahkan masyarakat di
berbagai kalangan juga turut memperdebatkan panas tentang baik buruknya
mengonsumsi teh.
D. Tak hanya para ahli kesehatan, bahkan masyarakat di berbagai kalangan
juga turut memperdebatkantentang masalah baik buruknya mengonsumsi teh.
39. Bacalah
teks berikut!
Tidak hanya
dalam bidang transportasi dan komunikasi, tekhnologi juga turut berkembang
dalam bidang pengobatan. Tekhnologi-tekhnologi tersebut ibarat sebuah bom waktu
yang siap meledak dan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kehidupan
manusia. Saat
ini telah diciptakan berbagai pengobatan dan alat medis yang canggih, seperti
donor organ, cuci darah, kemoterapi, dan lain-lain yang dapat membantu penderita
penyakit parah dapat sembuh. Bahkan kini tekhnologi juga bisa membantu
pasangan yang tidak subur untuk bisa memiliki anak dengan tekhnologi bayi
tabung.
|
Perbaikan
paragraph tersebut adalah …
A.
Kalimat
terakhir dihilangkan C. Menghilangkan
kalimat kedua
B.
Kata
penderita diganti pasien D. Kata transportasi
diganti pengangkutan
40. Bacalah
teks berikut!
Ibu sering memberiku upah setiap kali nilaiku bagus.
|
Alasan
kesalahan penggunaan kata upah pada kalimat tersebut adalah …
A.
upah untuk hasil kerja B. untuk buruh kasar C.untuk
oleh-oleh D. untuk cindera mata
41. Bacalah
teks berikut!
Dia berhasil terhindar
daripada kebakaran yang mengerikan itu.
|
Alasan ketidakefektifan
kalimat tersebut adalah …
A.
Kata
terhindar berarti tidak sengaja. C. Kata daripada untuk membandingkan.
B.
Kata
berhasil berarti telah berlalu. D. Kata mengerikan untuk suasana.
42. Bacalah
teks berikut!
Sistem pendidikan Indonesia dewasa ini mengalami suatu
perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan
kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Kurikulum 2006
yang sejak lama dipakai, diganti dengan kurikulum 2013. Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin
menghasilkan anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, dan afektif. Walaupun belum semua sekolah menggunakan kurikulum
ini, namun tetap berjalan sebagimana mestinya.
|
Alasan ketidakpaduan
paragraf tersebut adalah …
A.
Kalimat ketiga menyimpang dari pembicaraan. C.Kata
rujukan pada kalimat kedua tidak tepat.
B.
Kalimat
terakhir menggunakan konjungsi. D. Ide pokoknya tidak
jelas.
Mestinya kita memang menghormati
bapak dan ibu kita seperti yang anda lakukan.
|
43. Bacalah
teks berikut!
Penggunaan
ejaan yang salah terdapat pada …
A. kita B. bapak C. ibu D. anda
44. Bacalah
teks berikut!
Saya berangkat pukul 05.15, tapi sampai di sekolah
masih juga telat; meskipun begitu bu guru tidak marah, kemudian saya
buru-buru buka Surah Albaqarah: 2-5.
|
Penggunaan
tanda baca yang salah terdapat pada …
A.
Tanda
titik (.) setelah angka 05. C. Tanda koma (,) sebelum
tetapi.
B.
Tanda titik koma (;) sebelum meskipun. D.Tanda titik dua (:) setelah Surah Albaqarah.
45. Bacalah
kalimat-kalimat berikut!
1)
Ibu
selalu berpesan, “Berhati-hatilah, nak.”
2)
Suku
Dani akan memotong jarinya jika ada anggota keluarga yang meninggal.
3)
Kapal
yang kami tumpangi mulai menyeberangi Selat.
4)
Ibu
membeli kacang Bogor di Bogor.
|
Penggunaan ejaan yang
tepat terdapat pada nomor …
A.
(1) B. (2) C. (3) D. (4)
46. Bacalah
kalimat-kalimat berikut!
a.
Telepon
seluler: komputer, atau internet bukan barang asing lagi
b.
Dia
bukan teman saya; melainkan adik saya.
c.
Karena
baik hati, dia mempunyai banyak teman.
d.
Semua
siswa baik laki-laki maupun perempuan harus mengikuti pramuka.
|
Penggunaan
tanda baca yang tepat terdapat pada nomor …
A.
(1) B. (2) C.(3) D. (4)
47. Bacalah
kalimat berikut!
Murid-murid SMP Bangun Persada menampilkan pembacan
puisi, tarian sumatera selatan dan drama.
|
Perbaikan
ejaan yang tepat adalah …
|
Ejaan yang salah
|
Perbaikan
|
A.
|
Murid-murid
|
Murid-Murid
|
B.
|
puisi
|
Puisi
|
C.
|
sumatera selatan
|
Sumatera Selatan
|
D.
|
drama
|
Drama
|
48. Bacalah
teks berikut!
Bahasa Indonesia berkedudukan sebagai:
1). Bahasa nasional, yang berfungsi antara lain:
a)
lambang kebanggaan nasional,
b)
identitas nasional,
c)
dan alat pemersatu bangsa;
2). Bahasa negara …
|
Perbaikan tanda
baca yang tepat adalah …
Pil.
|
Tanda baca yang salah
|
Perbaikan
|
A.
|
Tanda titik dua(:) setelah sebagai
|
Diganti titik koma (;)
|
B.
|
Tanda koma (,) setelah nasional
|
dihilangkan
|
C.
|
Tanda titik dua (:) setelah lain
|
Diganti koma (,)
|
D.
|
Tanda titik koma (;) setelah bangsa
|
dihilangkan
|
49. Bacalah
teks berikut!
Saya
mengoleksi batik madura dan batik pekalongan
|
Alasan
kesalahan ejaan tersebut adalah …
A.
Batik
madura merupakan nama geografi.
B. Batik madura
dan pekalongan bukan nama jenis.
C.
Bati
madura dan pekalongan sebagai nama jenis.
D.
Batik
madura dan pekalongan bukan nama bangsa.
50. Bacalah
teks berikut!
Ayahku lahir pada tahun 1.967 di Bandung.
|
Alasan
kesalahan tanda baca tersebut adalah …
A.
Angka bukan jumlah.
B.
Angka
menunjukkan tahun.
C.
Angka
bukan ribuan.
D.
Angka
bukan tahun terbit.
EmoticonEmoticon