Prediksi Soal UN 2017 P-1

PREDIKSI PAKET O1
UJIAN NASIONAL TAHUN 2017
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

1.        Bacalah kutipan teks berikut ini!
      Harga sejumlah kebutuhan pokok di beberapa kota di Nusantara merangkak naik, menyusul suplai berkurang akibat cuaca buruk. Kenaikan harga itu berkisar 10-50 persen. Kondisi ini membuat konsumen mengurangi volume belanja barang. Hal ini disebabkan oleh musibah banjir yang merendam beberapa kota di Nusantara. Di Medan misalnya, kenaikan harga kebutuhan pokok dipicu oleh terendamnya lading sawi sehingga pasokan sawi hanya sedikit. Demikian juga di Cirebon, Jawa Barat, harga cabai mulai meroket karena musim hujan yang menyebabkan cabai gampang busuk sehingga persediaan cabai hanya sedikit.

Makna kata bercetak miring pada teks tersebut adalah …
A.       makanan                    B. persediaan               C. kiriman                    D. perbekalan

2.      Bacalah kutipan teks berikut ini!
Hujan asam adalah hujan yang memiliki kadar keasaman  dibawah 5-6 (pH dibawah 5,6 ). Perlu  diketahui bahwa hujan secara alami memiliki pH 6 atau sedikit dibawahnya. Peristiwa hujan asam ini terjadi karena zat belerang (sulfur) yang ada di atmosfer yang merupakan gas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil yang ada di bumi.
Proses hujan asam terjadi juga karena gas sulfur oksida yang mayoritas dikeluarkan dari asap-asap pabrik dan gas nitrogen oksida yang dihasilkan dari banyak kendaraan bermotor  berkumpul menjadi satu dan bereaksi dengan uap air yang ada di udara. Proses reaksi ini menghasikan asam nitrat yang berkondensasi membentuk awan yang menjadikannya hujan asam.
Pertanyaan yang sesuai teks tersebut adalah ….
A.     Apa yang banyak dikeluarkan dari kendaraan bermotor?
B.     Bagaimana  proses terjadinya hujan azam?
C.     Berapa lama terjadinya hujan asam?
D.     Kapan terjadinya hujan asam?

3.        Bacalah kutipan teks berikut ini!
    Perilaku warga yang membuang sampah sembarangan masih menjadi keprihatinan utama dalam pengelolaan sampah di ibu kota. Sampah dianggap sebagai barang yang harus dibuang secepatnya, bukan sebagai barang yang bernilai ekonomi dan dapat dimanfaatkan kembali. Padahal, sampah dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi barang yang berguna.
    Saat ini sudah banyak komunitas masyarakat yang mengelola sampah menjadi barang yang berguna.  Bahkan, banyak pula yang membentuk bank sampah dan membuat sampah menjadi bernilai ekonomi.
Simpulan teks tersebut adalah …
A.  Perilaku warga yang membuang samapah sembarangan menimbulkan keprihatinan, padahal sampah dapat digunakan sebagai barang yang berguna.
B.   Sampah dianggap sebagai barang tidak berguna saat ini sudah dikelola sehingga menjadi barang yang bernilai ekonomi.
C.   Sampah jangan cepar-cepat dibuang karena dapat digunakan untuk barang-barang yang lebih berguna.
D.  Selama ini sampah dianggap sebagai barang yang tidak berguna sehingga harus dibuang secepatnya.
4.        Bacalah kutipan teks berikut ini!
Lokasi banjir di Jakarta selama beberpa tahun terakhir sangat acak dan tidak berpola. Hal ini menyulitkan pengendalian banjir. Relokasi dan normalisasi sungai belum terbukti meniadakan banjir di Jakarta. sebaliknya, warga di sekitar sungai dapat berperan mengatasi banjir.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah …
A.     Perlunya relokasi dan normalisasi sungai untuk mengantisipasi banjir
B.     Peran masyarakat dapat berperan untuk mengatasi banjir
C.     Banjir di Jakarta yang selalu menimbulkan masalah
D.     Lokasi banjir di Jakarta tidak menentu

5.        Bacalah kutipan teks berikut ini!
Entah berapa kali Gubernur DKI menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah melarang siapa pun mencari nafkah dengan cara berdagang, termasuk berdagang di kaki lima. Namun, yang tidak diinginkannya adalah berdagang yang membahayakan nyawa orang lain. Berdagang di trotoar merupakan contoh cara mencari nafkah yang sering membahayakan orang lain.
Informasi tersirat pada teks tersebut adalah …
A.  Siapa pun boleh berdagang di kaki lima.
B.   Berdagang dapat membahayakan nyawa orang lain.
C.   Gubernur tidak menginginkan adanya perdagangan kaki lima.
D.  Gubernur melarang orang mencari nafkah dengan berdagang di trotoar.

6.        Bacalah kutipan teks berikut ini!
    Sekarang ini, LED (light Emitting Diode) banyak digunakan pada perangkat ponsel, seperti Blackberry. Begitu juga dengan gawai (gadget) jenis lainnya. Bahkan, gawai kelas menengah pun menggunakannya karena dapat membuat tampilan menjadi lebih keren dengan cahaya yang selalu berganti-ganti seperti warna pelangi. Tidak heran apabila banyak orang yang tertarik menggunakannya. LED juga banyak digunakan untuk penerangan jalan atau cahaya lalu lintas.
    Namun, berdasarkan studi yang dilakukan oleh peneliti dari Complutense University di Madrid, Spanyol, cahaya lampu LED ternyata dapat merusak retina mata kita. Jika kita menggunakan LED dalam jangka waktu yang lama, mata kita akan mengalami kerusakan. Para ahli pun berpendapat dan menyerukan agar penggunaan LED dimasukkan penyaringan built in agar dapat memotong blue grade pada LED ini.

Ringkasan teks tersebut adalah …
A.  LED banyak digunakan pada berbagai perangkat, tetapi pelu penyaring built in agar cahanyanya tidak merusak retina mata.
B.   LED digunakan pada semua gadget karena menimbulkan warna yang menarik menyerupai pelangi sehingga sangat diperlukan.
C.   Pilihlah gadget yang tidak menggunakan LED suoaya retina mata kita tidak rusak dalam jangka waktu yang lama.
D.  LED sangat diperlukan untuk penerangan jalan raya dan cahaya lalu lintas di sekitar bahu jalan.

7.        Bacalah kutipan teks berikut ini!
(1)Distribusi subsidi BBM adalah satu di antara sekian banyak permasalahan pokok nelayan yang belum diselesaikan pemerintah. (2)Situasi tersebut akan diperburuk bila pemerintah mengurangi subsidi BBM. (3)Memang, nelayan diberi fasilitas boleh membeli BBM di tempat-tempat tertentu seperti SPBB (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Bunder), SPBN (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan), SPDN (Solar Pack Dealer Nelayan), kenyataannya baru 30-40% sentra nelayan yang sudah dibangunkan SPBB, SPBN, dan SPDN. (4)Jadi, jika dalam situasi sulit ini pun pemerintah masih berencana mengurangi subsidi BBM, sebaiknya lupakan wacana untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maritim.
Pendapat yang mendukung pada teks tersebut ditandai nomor …
A.     (1)                               B. (2)                           C. (3)                           D. (4)


8.        Bacalah kedua teks berikut ini!
Teks 1
Teks 2
SMPN 28 Bandar Lampung merupakan sekolah menengah yang terletak di jalan Bukit Kemiling Permai kelurahan Kemiling Permai kecamatan Kemiling kelurahan Kemiling Permai Bandar Lampung. Dalam area lingkungan SMPN 28 Bandar lampung terdiri dari 2 jenis lingkungan. Diantaranya yakni lingkungan hidup / benda hidup (biotik) dan lingkungan tidak hidup / benda mati (abiotik). Lingkungan benda hidup terdiri dari tanaman-tanaman hias dan pohon-pohon besar. Sedangkan lingkungan benda mati terdiri atas peralatan belajar, gedung sekolah, dan property sekolah.
Bulan beredar mengelilingi bumi setiap 27,3 hari (Periode Orbit) dan variasi periodik dalam sitem Bumi – Bulan – Matahari bertanggung jawab atas terjadinya fase-fase bulan yang selalu berulang setiap 29,5 hari (Periode Sinodik).
Bulan yang ditarik oleh gaya gravitasi bumi tidak jatuh ke bumi. Hal ini disebabkan oleh gaya sentrifugal yang timbul dari orbit bulan yang mengelilingi bumi.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah …

Teks 1
Teks 2
A.      
Urutan waktu
Urutan tempat
B.      
Urutan tempat
Urutan ruang
C.      
Urutan ruang
Urutan peristiwa
D.      
Urutan peristiwa
Urutan waktu

9.        Bacalah teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Masa remaja adalah masa yang penting untuk diperhatikan secara serius, kabanyakan remaja merasa dirinya sudah dewasa. Secara biologis memang sudah mirip orang dewasa namun secara psikologis belum. Artinya tubuh mereka mulai berkembang menjadi individu dewasa, namun dari sisi psikologis belum diimbangi kematangan perilaku.
Bermain menjadi salah satu kebutuhan bagi anak. Bermain dapat dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Alangkah lebih indah jika bermain juga disandingkan dengan belajar yang menyertainya. Apalagi proses belajar ini memiliki tujuan dan terencana dengan baik.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah …
  1. teks 1 lebih banyak menggunakan kata sambung pemilihan
teks 2 lebih banyak menggunakan kata sambung penambahan
  1. teks 1 lebih banyak menggunakan kata sambung sebab akibat
teks 2 lebih banyak menggunakan kata sambung pemilihan
  1. teks 1 lebih banyak menggunakan kata sambung penambahan
teks 2 lebih banyak menggunakan kata sambung pemilihan
  1. teks 1 lebih banyak menggunakan kata sambung penambahan
teks 2 lebih banyak menggunakan kata sambung sebab akibat

10.    Bacalah kutipan teks berikut ini!
(1) Novel 5 cm ini menceritakan lima anak muda yang menjalin persahabatan selama tujuh tahun. (2) Dalam novel ini, terdapat kata-kata yang membuat pembacanya terinspirasi untuk lebih bersemangat dalam menjalani. (3) Ditambah lagi dengan penggunaan bahasa yang mudah dimengerti, serta penempatan latar waktu dan tempat yang sangat detail. (4) Namun, pada akhir cerita, keadaannya tampak begitu memaksakan dengan pembentukan keluarga anatarsahabat. (5) Bentuk pemaksaan lainnya adalah hadirnya keturunan-keturunan mereka yang mempunyai sifat yang sama dengan orang tuanya.
Kalimat yang menyatakan kelebihan buku terdapat dalam pernyataan …
A.       (1),  (2)                      B. (2),  (3)                    C. (3),  (4)                    D. (4),  (5)

Bacalah kutipan teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 dan 11!
(1)Kuya dan Bening pun bekerja sama atas ide Kuya. (2)Mereka melakukan atraksi untuk menarik perhatian pengunjung. (3)Pada awalnya, banyak pengunjung yang mendekati Mura dan Muri, tetapi melihat atraksi Bening dan Kuya, pengunjung pun mengalihkan perhatian mereka. (4)Mura dan Muri tidak terima akan hal itu. (5)Tiba-tiba saja, kedua burung merak itu terjatuh ke danau. (6) Mereka bingung dan meminta tolong karena mereka tidak bisa berada di air berlama-lama. Bening dan Kuya yang membantu Mura dan Muri keluar dari danau.

11.  Makna kalimat nomor 3 teks tersebut adalah ...
A.       Kuya dan Bening ingin menarik perhatian pengunjung.
B.       Mura dan Muri mengalihkan perhatian pengunjung.
C.       Pengunjung menyukai atraksi Mura dan Muri.
D.       Pengunjung meninggalkan Mura dan Muri.

12.  Watak tokoh Bening adalah …
A.     tidak punya pendirian  B. mudah tersinggungC.suka menolong                       D. pengiri

13.    Bacalah teks berikut!
Ada kejadian tak mengenakkan. Salat isya yang diimami Ridwan, tak kunjung selesai. Jangankan emapat rokaat, satu rokaat pun tak finish-finish. Semua lantaran jamaah kurang setuju dengan bacaan Ridwan. Al Fatihahnya salah berat, pendapat mereka. Dari bacaan basmallah sampai ayat kedua ngaco berat.

Teks tersebut termasuk bagian alur …
A.     Pengenalan                 B. permasalahan          C. antiklimaks              D. penyelesaian

14.  Bacalah teks berikut!
Nina datang dua bulan yang lalu dan menempati kamar ketiga asrama. Kutaksir usianya belum mencapai tiga puluh tahun. Paling-paling hanya terpaut dua tiga tahun di bawahku. Ia tidak secantik Anita dan Tina.  Tetapi ia manis dan menarik. Dengan matanya yang selalu beriak dan senyumnya yang tulus. Ia rapi. Bukan saja kamarnya yang selalu tertata, tetapi kata-katanya pun halus dan terjaga. Biasanya setelah membereskan kamarnya, Nina membantu menyapu ruang tamu. Bahkan tidak jarang, Nina membantu mencuci piring di dapur.

Latar kutipan tersebut adalah …
A.     asrama                         B.kamar                       C. ruang tamu              D. dapur

15.  Bacalah teks berikut!
Bunga desa itu duduk di taman bunga di tengah kota Belinyu. Sayang ia tak mau beranjak dari tempat duduknya  sejak kekasih pujaan hatinya berjanji untuk  berjumpa di taman bunga itu. Sebenarnya, banyak pria ingin mendekatinya, namun ia tak pernah menanggapi. Bunga yang mekar di taman itupun  menyambut dengan tersenyum meskipun banyak orang mengganggapnya gila.
Makna simbol kata bercetak miring pada teks tersebu adalah ...
A.  gadis cantik                  B. gadis lugu                C. primadona               D. anak gadis

16.  Bacalah teks berikut!
Sekilas Mira melihat pengemis berkaki buntung di depan toko. Segera ia turun dari mobilnya dan menghampiri pengemis tersebut. Dia tersenyum dan membuka dompet yang berada dalam tasnya. Diambilkannya uang seratus ribuan lalu ia berikan pada pengemis itu.

Cara pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.     dialog tokoh                 B. perilaku tokoh         C. dialog antar tokoh   D. diceritakan langsung

17.  Bacalah teks berikut!
"Bisakah kau diam? Setidaknya hormatilah aku, karena usiaku. Biarkan aku tidur tenang," kata burung hantu tua kepada belalang, "Diamlah atau pergilah segera!"
Belalang tak mengacuhkan ucapan burung hantu tua. Soalnya, belalang merasa berhak untuk tetap di tempat sambil terus bernyanyi. Yang ada malah belalang bernyanyi lebih keras. Memekakkan telinga.
Burung hantu tua tahu tak berguna berdebat dengan belalang. Karena itu, dia berkata baik-baik kepada belalang, "Baiklah, ketimbang berdebat lebih baik aku mengalah. Mari kunikmati nyanyianmu di sini, sekarang juga. Oiya, aku memiliki banyak makanan dan minuman di sarangku. Bila kamu sudah selesai bernyanyi kemarilah. Nikmati makanan dan minuman ini bersamaku."
Penyebab konflik pada teks tersebut adalah …
A.     Burung hantu menyuruh belalang diam.                      C. Burung hantu menyuruh belalang pergi.
B.     Belalang bernyanyi saatburung hantu tidur.     D.Belalang merasa berhak tetap tinggal di tempat.

18.  Bacalah kedua teks berikut ini!
Teks 1
Teks 2
Alkisah Sang Kancil yang baru saja diangkat menjadi raja hutan kedatangan serombongan gajah yang bertamu sambil membawa anak mereka yang sakit. Semua tabib di hutan telah menyerah, tak mampu mengobati penyakitnya. Badan Si Ajah (anak gajah) demam, kepalanya pusing, perut mual dan tidak mau makan, mirip dengan meriang biasa, tetapi tidak kunjung sembuh.Setelah Sang Kancil memeriksa dengan saksama, tahulah dia bahwa Si Ajah telah terserang tifus. Belum ada obat tifus yang dimiliki Apotek Hutan Raya sehingga hanya ada harapan kecil bagi Ajah untuk sembuh.
Gerhana matahari terjadi pada siang hari. Proses terjadinya diawali dengan bulan menutupi matahari sehingga kadaan terang –benderang berangsur-angsur menjadi gelap. Gerhana matahari terjadi karena sinar matahari pada siang hari terhalang oleh bulan. Akibatnya, selama beberapa saat sinar matahari tertutup dan tidak tampak dari bumi. Pada saat terjadi gerhana matahari, kedudukan matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis. Akibatnya, bayangan bulan akan mengenai bumi. Karena bulan lebih kecil daripada matahari, maka hanya sebagai tempat permukaan bumi yang terkena bayangan bulan.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan tersebut adalah …
NO
TEKS 1
TEKS 2
A
menggunakan konjungsi penanda waktu
menggunakan konjungsi pertentangan
B
menggunakan kata sandang
menggunakan konjungsi sebab akibat
C
menggunakan bahasa baku
menggunakan bahasa sehari-hari
D
menggunakan keterangan waktu
menggunakan keterangan tempat

19.    Cermatilah kutipan fabel berikut!
Sang Kucing Desa kecewa dengan keadaaannya di kota. Dia berbicara kepada sang Kucing Kota,”Aku memang mendapatkan kemewahan di sini, tetapi apa mewahnya jika aku hanya mendapatkan sisa makanan dan hidupnya tidak tenang. Ketika aku akan mencicipi makanan di meja itu, sebilah kayu mengahantam tubuhku”. Lalu sang Kucing keluar dan meninggalkan kota tersebut. Kini dia kembali kedesa dengan makanan yang sederhana, tetapi penuh kedamaian dan ketenangan.

Informasi tersirat dalam kutipan teks tersebut adalah …
A.       Berprasangka baiklah terhadap orang lain.
B.       Kedamaian tidak selalu karena hidup mewah.
C.       Bersyukur atas segala sesuatu yang kita miliki.
D.       Hidup di desa lebih menjanjikan kedamaian.
20.  Bacalah teks berikut!
Sejak kelas 3 SR, aku sering nguli nyeset. Itu kulakukan sepulang sekolah, di sela-sela jadwal rutin menggembalakan domba. Upah nguli nyeset terus kutabung demi dua mimpi besarku-sepatu dan sepeda. Namun, sering kali kuserahkan sebagian besar kepada ibuku dengan sepenuh-penuh kebahagiaan. Kebutuhan kami untuk mengisi perut lebih mendesak ketimbang mimpi sederhanaku itu. Setiap menyerahkan hasil nguli nyeset, biasanya mata ibu berkaca-kaca, seperti hendak mengatakan “Tidak seharusnya kamu bekerja seperti ini, Le!” atau mungkin “Terima kasih, Le.”

Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah …
A.     tokoh aku rela mengorbankan mimpi demi menolong orang tua.
B.     tokoh aku selalu berdoa agar impiannya dapat terwujud.
C.     tokoh aku ingin membeli sepatu dan sepeda.
D.     tokoh aku rela menjadi kuli nyeset.

21.  Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Matahari bersinar dengan teriknya. Dimas, Bagas, Satria, dan Ludvi berjalan pulang sekolah menuju rumah Ludvi. Mereka akan mengerjakan tugas kelompok. Saking panasnya, Bagas mengeluh,
“Mataharinya panas banget. Dimas,jajanin es dong.” Traktirin, ya… Please…” Satria memasang muka memelas. “Ah, teman-teman, bentar lagi juga nyampe rumahku. Ntar begitu nyampe aku bikinin es teh, apa es jeruk, es buah, terserah deh!” kata Ludvi sambil mengelap keringatnya. Nampak sebuah mobil, ternyata mobil Doni. “Hai kawan-kawan!” sapa Doni membuka jendela mobil. “Cepetin jalannya, ya. Dadahh…” seru Doni. Dimas hanya sebal. “Huh, makanya ajak kami juga dong!” Sahabat-sahabatnya hanya ikut bersungut-sungut.
Seorang wanita pemerah susu telah memerah susu dari beberapa ekor sapi. Ia berjalan pulang dengan seember susu yang dijunjungnya di atas kepalanya. Saat dia berjalan pulang, dia berpikir dan membayang-bayangkan rencananya ke depan. "Susu yang kuperah ini sangat baik mutunya," pikirnya menghibur diri, "akan memberikanku banyak cream untuk dibuat. Aku akan membuat mentega yang banyak dari cream itu dan menjualnya ke pasar dan dengan uang yang kumiliki nantinya, aku akan membeli banyak telur dan menetaskannya. Sungguh sangat indah kelihatannya apabila telur-telur tersebut telah menetas dan ladangku akan dipenuhi dengan ayam-ayam muda yang sehat.”

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah …
No
Teks 1
Teks 2
A
Diawali dengan masalah
Diawali dengan pengenalan
B
Diawali dengan pengenalan
Diawali dengan latar
C
Diawali dengan latar
Diawali dengan pengenalan
D
Diawali dengan konflik
Diawali dengan penyelesaian

22.  Bacalah teks berikut!
Kembali terngiang ucapan ibu tadi siang. “Yan, bagaimana menurutmu kalau celengan ayammu tidak usah kamu gunakan untuk membeli playstation?” ucap ibu lirih.
(1)“Lalu mau digunakan untuk apa, Bu?”
“Ibu mempunyai rencana untuk memperluas kios kita dengan barang-barang kebutuhan rumah tangga lainnya. Kamu mengerti maksud ibu bukan, Yan?”
(2)“Iya, Bu.”
(3)Kubulatkan niatku untuk merelakan celengan ayam itu. Untuk terakhir kali kuelus celengan itu. Selamat tinggal playstation. (4)Perlahan kuangkat celengan itu dan kubanting ke lantai. Pyaarr...


Bukti watak tokoh Yan rela berkorban terdapat pada nomor …
A.     (1)                                B. (2)                           C.(3)                            D.(4)

23.  Bacalah teks berikut!
Mendengar berita warganya dimangsa buaya, Raja Katak langsung marah. Ia mendatangi buaya didampingi pasukannya. Kepada buaya, Raja Katak mengancam jika terus memakan warga katak, ia akan menyihir buaya menjadi seekor katak. Lalu, Raja Katak dan pasukannya pergi meninggalkan buaya.
      Namun, buaya masih berani memakan warga Kerajaan Katak. Raja Katak yang kesal, langsung mengeluarkan tongkat sihirnya yang sudah lama tidak dipakainya. Ia langsung menyihir buaya menjadi seekor katak kecil.
      Karena menjadi katak kecil inilah, buaya menjadi takut akan dimangsa buaya lainnya. Lalu, ia pergi menghadap Raja Katak untuk meminta maaf. Ia berjanji untuk tidak memakan warga Kerajaan Katak lagi. Raja yang merasa iba, langsung membebaskan buaya dari kekuatan sihir. Karena merasa berutang budi, buaya lalu menjadikan dirinya sebagai benteng pertahanan Kerajaan Katak agar aman dari buaya lainnya.
Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah …
A.     Sudah biasa, seseorang menggunakan kekuasaannya.
B.     Membalas budi baik, tetapi tidak perlu sampai menjadi budak.
C.     Isi cerita kurang menarik tidak terdapat latar tempat dan pesan moral.
D.     Cerita mengada-ada karena tidak mungkin seekor katak dapat mengalahkan buaya.

24.  Bacalah kalimat berikut!
Fotosintesis adah proses tanaman dan … menghasilkan makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari.

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.     energy                          B. organisme                C. bakteri                     D. kloroplast

25.  Bacalah teks berikut!
Cara Membuat Bakso
1.      Giling daging hingga halus sambil masukkan es batu sedikit demi sedikit. Setelah halus, angkat.
2.      Masak air hingga mendidih, masukkan bulatan adonan bakso.
3.      Campur daging sapi, sagu, baking soda, telur, dan bumbu yang sudah dihaluskan
4.      Tunggu hingga mengapung dan angkat.
5.      Buat bulatan adonan bakso dengan menggunakan sendok.
Urutan yang tepat petunjuk tersebut adalah …
A.    3-1-5-2-4                     B. 3-2-1-5-4                C. 1-3-2-5-4                D. 1-3-5-2-4

26.  Bacalah teks berikut!
Panduan membuat rekening tabungan dan kartu ATM:
1.      Siapkan keperluan administratif: KTP / SIM / kartu pelajar.
2.      [ ... ]
3.      Setelah semuanya lengkap, datangilah bank di cabang terdekat yang sesuai dengan domisili Anda.
4.      [ ... ]
5.      Ketika giliran Anda tiba, sampaikan kepada CS bahwa Anda ingin membuka rekening tabungan perorangan.
6.      Jika semua informasi sudah jelas isilah formulir yang diberikan.
7.      Katakan, Anda ingin mengaktifkan ATM ini.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A.      
(2) Siapkan kendaraan untuk menuju Bank terdekat
(4) Ambil nomor antrian untuk mengantri di Customer Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil
B.      
(2) Persiapkan uang tunai untuk setoran awal di tabungan baru Anda, sesuaikan dengan batas ketentuan minimum saldo di bank yang Anda pilih.
(4) Tanyakan kepada petugas, bagaimana cara mengisi formulir.
C.      
(2) Persiapkan uang tunai untuk setoran awal di tabungan baru Anda, sesuaikan dengan batas ketentuan minimum saldo di bank yang Anda pilih.
(4) Ambil nomor antrian untuk mengantri di Customer Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil.
(5)    
(2) Siapkan kendaraan untuk menuju Bank terdekat
(3) Ambil nomor antrian untuk mengantri di Customer Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil.

27.  Bacalah teks berikut!
Banjir
Banjir adalah suatu fenomena alam yang sangat merugikan  sehingga disebut juga dengan bencana alam. Kata banjir berarti ketidakmampuan sungai , danau, drainaase, atau aliran air lainnya untuk menampung air yang jumlahnya sangat banyak, sehingga meluap dan memasuki daerah sekitarnya. Banjir sering muncul pada daerah pinggiran sungai, dan daerah yang drainasenya terganggu. […]. Jika dilihat dari penyebabnya, ada dua faktor  yang dapat menyebabkan banjir, yaitu faktor alam dan faktor sosial.

Kalimat yang tepat utnuk melengkapi teks tersebut adalah …
(4)   Bencana  banjir  biasanya terjadi pada musim penghujan.
(5)   Banjir sangat merugikan masyarakat yang tinggal di bantaran kali.
(6)   Hal ini biasanya karena masyarakat membuang sampah ke sungai.
(7)   Hal ini sangat mengganggu kehidupan masyarakat sekitar sungai

28.  Bacalah kalimat berikut!
Adikku memang penurut.
Agar maknanya tidak berubah, kata bercetak miring dapat diganti dengan …
A.     Bandel                         B. Pendiam                  C. Patuh                       D. Pembangkang

29.  Bacalah kalimat berikut!
Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat Pasarminggu.
Variasi kalimat tersebut adalah …       
A.     Belum dikenal oleh masyarakat Pasarminggu dokter muda itu.
B.     Masyarakat Pasarminggu belum dikenal oleh dokter muda itu.
C.     Masyarakat Pasarminggu oleh dokter muda itu belum dikenal.
D.     Belum dikenal oleh dokter muda itu masyarakat Pasarminggu.

30.  Bacalah teks berikut!
Judul buku
:
Tuilet
Pengarang
:
Oben Cedric
Penerbit
:
Gradient Mediatama
Pokok-pokok isi
:
Novel ini bertema persahabatan.
Keunggulan
:
Dibumbui cerita lucu yang membuat pembaca tidak bosan.
Kelemahan
:
Pilihan katanya menggunakan serapan remaja. Membuat novel ini sepertinya khusus untuk remaja.
Teks yang tepat sesuai data tersebut adalah …
A.     Novel berjudul Tuilet karya Oben Cedric ini bertema persahabatan. Dengan dibumbui kisah lucu seputar tokoh, membuat pembaca tidak bosan membacanya. Novel ini hanya diperuntukkan bagi remaja
B.     Novel berjudul Tuilet karya Oben Cedric ini bertema persahabatan. Novel ini banyak mengisahkan kelucuan para tokohnya. Sayang, hanya menggunakan kata serapan remaja, sehingga seolah-olah novel ini hanya diperuntukkan bagi remaja saja.
C.     Novel berjudul Tuilet karya Oben Cedric ini menceritakan kelucuan para tokoh. n. Novel yang meuat cerita lucu ini hanya menggunakan kata serapan remaja, sehingga seolah-ovel ini memang tidak membuat pembaca bosan karena diselipi humor, namun seolah hanya diperuntukkan bagi remaja
D.     Novel berjudul Tuilet karya Oben Cedric ini bertema persahabatan. Dengan dibumbui kisah lucu seputar tokoh, membuat pembaca tidak bosan membacanya. Novel yang memuat cerita lucu ini hanya menggunakan kata serapan remaja, sehingga seolah-olah novel ini hanya diperuntukkan bagi remaja, tidak untuk umum.

31.  Bacalah teks berikut!
Pewawancara
:
Selamat siang, Dok!
Dokter
:
Selamat siang, ada yang bisa saya bantu?
Pewawancara
:
Iya, begini Dok, saya ingin menanyakan beberapa hal tentang apa fungsi atau manfaat air minum untuk kesehatan tubuh kita?
Dokter
:
Baik, tubuh memang memerlukan banyak cairan untuk membantu peredaran darah dalam tubuh. Salah satu cairan yang baik adalah air mineral. Banyak manfaat yang dimiliki oleh air mineral dalam tubuh kita, seperti penghilang dehidrasi dan haus, meningkatkan energy, mengontrol kalori dan menurunkan berat badan, membuat kulit halus dan cerah, menjaga fungsi ginjal, dan mencegah penuaan dini. Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat yang kita dapat dengan mengkonsumsi air minum secara rutin
Pewawancara
:
Lalu bagaimana kalau tubuh kita kekurangan cairan atau air putih?
Dokter
:
Karena air putih mengandung banyak manfaat bagi tubuh, maka ketika kekurangan air minum, maka akan terjadi beberapa dampak bagi tubuh. Dampak yang terjadi seperti, kulit kusam, teranggunya fungsi ginjal, kurangnya konsentrasi yang juga akan berakibat mudah mengantuk, berhalusinasi, tenggorokan kering, dan lain sebagaianya. 

Bentuk lain dari teks tersebut adalah …
A.     Tubuh memang memerlukan banyak cairan untuk membantu peredaran darah dalam tubuh. Salah satu cairan yang baik adalah air mineral. Banyak manfaat yang dimiliki oleh air mineral dalam tubuh kita. Jika kita kekurangan air minum, maka akan terjadi beberapa dampak negatif bagi tubuh.
B.     Tubuh memang memerlukan banyak cairan untuk membantu peredaran darah dalam tubuh. Salah satu cairan yang baik adalah air mineral.Banyak manfaat yang dimiliki oleh air mineral dalam tubuh kita, seperti penghilang dehidrasi dan haus, meningkatkan energy, mengontrol kalori dan menurunkan berat badan.
C.     Tubuh memang memerlukan banyak cairan untuk membantu peredaran darah dalam tubuh. Salah satu cairan yang baik adalah air mineral. Jika kita kekurangan air minum, maka akan terjadi beberapa dampak negatif bagi tubuh.
D.     Tubuh memang memerlukan banyak cairan untuk membantu peredaran darah dalam tubuh. Jika kita kekurangan air minum, maka akan terjadi beberapa dampak negatif bagi tubuh.di antaranya, kulit kusam dan tegranggunya fungsi ginjal.

32.  Bacalah kalimat berikut!
Pemerintah tidak memberikan  ijin(1)untuk membangun apotek(2)di kawasan(3) itu apalagi mall(4)..
Kata yang tidak baku dalam kalimat tersebut ditandai nomor ...
A.     (1)                                (2)                                C. (3)                           D. (4)

33.  Bacalah teks berikut!
(1)Pada zaman yang modern ini, banyak sekali perkembangan pada teknologi-teknologi yang ada di Indonesia. (2)Salah satunya adalah teknologi elektronik. (3)Perkembangan pada teknologi elektronik kini berkembang sangat pesat di Indonesia. (4)Namun, perkembangan tersebut memberi pengaruh atau dampak juga terhadap konsumennya, khususnya para remaja masa kini.
Kalimat tidak efektif terdapat pada nomor …
A.     (1)                                B. (2)                           C. (3)                           D. (4)

34.  Bacalah teks berikut!
(1)Hand phone adalah salah satu alat tekhnologi yang bisa memudahkan manusia dalam hal komunikasi. Hampir semua manusia di dunia ini menggunakan Hand phone termasuk anak-anak. (2)Ada yang berpendapat bahwa hand phone akan merusak masa kanak-kanak yang seharusnya diisi dengan permaianan dan interaksi dengan sesama. (3)Terlebih lagi, mereka juga berpendapat bahwa hand phone bisa membuat anak mereka menjadi pintar karena aplikasi – aplikasi pembelajaran yang ada di dalamnya. (4)Dengan hadirnya hand phone, mereka akan semakin menjauh dari dunia mereka. Anak-anak akan menjadi pasif dan gampang terkena penyakit.

Kalimat yang menyebabkan ketidak paduan paragraph terdapat pada nomor …
A.  (1)                                B. (2)                           C.(3)                            D. (4)

35.  Bacalah kalimat berikut!
Sebenarnya, tekhnologi handphone memiliki dampak positif bagi para remaja.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.     Pengembang                B. pengembangan        C.perkembangan          D. perkembangbiakan

36.  Bacalah kalimat berikut!
Kita harus menggunakan hand phone ini untuk hal-hal yang bermanfaat buat diri sendiri … orang lain bukan malah merugikan.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.     atau                              B. bahkan                    C. maupun                   D.sehingga

37.  Bacalah kalimat berikut!
Pada umumnya hidangan kopi disuguhkan pada saat tradisi kunjungan tamu, pertemuan, bagian dari sarapan, dan minuman disaat bersantai sore hari.

Perbaikan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah …
A.     tradisi diganti upacara                                      C. bersantai diganti bebas
B.     disuguhkan diganti disodorkan                                    D. hidangan diganti minuman

38.  Bacalah kalimat berikut!
Tak hanya para ahli kesehatan, bahkan masyarakat di berbagai kalangan juga turut berdebat panas tentang masalah baik buruknya mengonsumsi teh.
Perbaikan kalimat tersebut adalah …
A.     Tak hanya para ahli kesehatan, masyarakat di berbagai kalangan juga turut berdebat panas tentang baik buruknya mengonsumsi teh.
B.     Tak hanya para ahli kesehatan, bahkan banyak masyarakat di berbagai kalangan juga turut berdebat tentang masalah baik buruknya mengonsumsi teh.
C.     Tak hanya para ahli kesehatan, bahkan masyarakat di berbagai kalangan juga turut memperdebatkan panas tentang baik buruknya mengonsumsi teh.
D.     Tak hanya para ahli kesehatan, bahkan masyarakat di berbagai kalangan juga turut memperdebatkantentang masalah baik buruknya mengonsumsi teh.

39.  Bacalah teks berikut!
Tidak hanya dalam bidang transportasi dan komunikasi, tekhnologi juga turut berkembang dalam bidang pengobatan. Tekhnologi-tekhnologi tersebut ibarat sebuah bom waktu yang siap meledak dan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kehidupan manusia. Saat ini telah diciptakan berbagai pengobatan dan alat medis yang canggih, seperti donor organ, cuci darah, kemoterapi, dan lain-lain yang dapat membantu penderita penyakit parah dapat sembuh. Bahkan kini tekhnologi juga bisa membantu pasangan yang tidak subur untuk bisa memiliki anak dengan tekhnologi bayi tabung.

Perbaikan paragraph tersebut adalah …
A.     Kalimat terakhir dihilangkan                            C. Menghilangkan kalimat kedua
B.     Kata penderita diganti pasien                           D. Kata transportasi diganti pengangkutan

40.  Bacalah teks berikut!
Ibu sering memberiku upah setiap kali nilaiku bagus.
Alasan kesalahan penggunaan kata upah pada kalimat tersebut adalah …
A.     upah untuk hasil kerja B. untuk buruh kasar   C.untuk oleh-oleh        D. untuk cindera mata

41.  Bacalah teks berikut!
Dia berhasil terhindar daripada kebakaran yang mengerikan itu.

Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah …
A.     Kata terhindar berarti tidak sengaja.                C. Kata daripada untuk membandingkan.
B.     Kata berhasil berarti telah berlalu.                   D. Kata mengerikan untuk suasana.

42.  Bacalah teks berikut!
Sistem pendidikan Indonesia dewasa ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Kurikulum 2006 yang sejak lama dipakai, diganti dengan kurikulum 2013.  Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin menghasilkan anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, dan afektif. Walaupun belum semua sekolah menggunakan kurikulum ini, namun tetap berjalan sebagimana mestinya.

Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah …
A.     Kalimat ketiga menyimpang dari pembicaraan.           C.Kata rujukan pada kalimat kedua tidak tepat.
B.     Kalimat terakhir menggunakan konjungsi.       D. Ide pokoknya tidak jelas.

Mestinya kita memang menghormati bapak dan ibu kita seperti yang anda lakukan.
43.  Bacalah teks berikut!
Penggunaan ejaan yang salah terdapat pada …
A.     kita                              B. bapak                      C. ibu                           D. anda
44.  Bacalah teks berikut!
Saya berangkat pukul 05.15, tapi sampai di sekolah masih juga telat; meskipun begitu bu guru tidak marah, kemudian saya buru-buru buka Surah Albaqarah: 2-5.

Penggunaan tanda baca yang salah terdapat pada …
A.     Tanda titik (.) setelah angka 05.                                   C. Tanda koma (,) sebelum tetapi.
B.     Tanda titik koma (;) sebelum meskipun.                      D.Tanda titik dua (:) setelah Surah Albaqarah.


45.  Bacalah kalimat-kalimat berikut!
1)      Ibu selalu berpesan, “Berhati-hatilah, nak.”
2)      Suku Dani akan memotong jarinya jika ada anggota keluarga yang meninggal.
3)      Kapal yang kami tumpangi mulai menyeberangi Selat.
4)      Ibu membeli kacang Bogor di Bogor.

Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada nomor …
A.     (1)                                B. (2)                           C. (3)                           D. (4)

46.  Bacalah kalimat-kalimat berikut!
a.       Telepon seluler: komputer, atau internet bukan barang asing lagi
b.      Dia bukan teman saya; melainkan adik saya.
c.       Karena baik hati, dia mempunyai banyak teman.
d.      Semua siswa baik laki-laki maupun perempuan harus mengikuti pramuka.
Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada nomor …
A.     (1)                                B. (2)                           C.(3)                            D. (4)

47.  Bacalah kalimat berikut!
Murid-murid SMP Bangun Persada menampilkan pembacan puisi, tarian sumatera selatan dan drama.

Perbaikan ejaan yang tepat adalah …

Ejaan yang salah
Perbaikan
A.      
Murid-murid
Murid-Murid
B.      
puisi
Puisi
C.      
sumatera selatan
Sumatera Selatan
D.      
drama
Drama

48.  Bacalah teks berikut!
Bahasa Indonesia berkedudukan sebagai:
1). Bahasa nasional, yang berfungsi antara lain:
a) lambang kebanggaan nasional,
b) identitas nasional,
c) dan alat pemersatu bangsa;
2). Bahasa negara …

Perbaikan tanda baca yang tepat adalah …
Pil.
Tanda baca yang salah
Perbaikan
A.      
Tanda titik dua(:) setelah sebagai
Diganti titik koma (;)
B.      
Tanda koma (,) setelah nasional
dihilangkan
C.      
Tanda titik dua (:) setelah lain
Diganti koma (,)
D.      
Tanda titik koma (;) setelah bangsa
dihilangkan

49.  Bacalah teks berikut!
Saya mengoleksi batik madura dan batik pekalongan

Alasan kesalahan ejaan tersebut adalah …
A.     Batik madura merupakan nama geografi.
B.     Batik madura dan pekalongan bukan nama jenis.
C.     Bati madura dan pekalongan sebagai nama jenis.
D.     Batik madura dan pekalongan bukan nama bangsa.

50.  Bacalah teks berikut!
Ayahku lahir pada tahun 1.967 di Bandung.

Alasan kesalahan tanda baca tersebut adalah …
A.     Angka bukan jumlah.
B.     Angka menunjukkan tahun.
C.     Angka bukan ribuan.
D.     Angka bukan tahun terbit.


                                                     










Previous
Next Post »