7. RPP Penyusuan Teks Rekaman Percobaan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
PENYUSUNAN TEKS SECARA MANDIRI

Satuan Pendidikan     :  SMP Negeri 1 Batangan
Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           :  IX/2
Materi Pokok             Memahami, menyusun, menelaah dan merevisi, serta meringkas Teks Rekaman Percobaan
Tema                          :  Penyusunan Teks Rekaman Percobaan Secara Mandiri
AlokasiWaktu            : 12 x 40 menit (6 x pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
KI 1    :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3    : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.



B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
1.1.1        Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada TYME

1.1.2        Menggunakan bahasa Indonesia dengan santun

1.1.3        Menggunakan bahasa lisan dengan baik dan santun

2.4  Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah

2.4.1        Menunjukkan sikap percaya diri yang tinggi
2.4.2        Menunjukkan sikap semangat selama proses pembelajaran


3.1    Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan.

3.1.1        Menentukan struktur teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
3.1.2        Menentukan ciri  bahasa teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
3.1.3        Menceritakan kembali isi teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”

3.4   Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik lisan maupun tulisan.

3.4.1 Menjelaskan  kekurangan teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”dari aspek kelengkapan struktur isi
3.4.2 Mendeskripsikan kekurangan kata bilangan (angka Arab dan angka Romawi) dalam teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
3.4.3 Menentukan kekurangan kata dan istilah dalam teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
3.4.4 Menemukan kalimat utama tiap-tiap paragraf dalam teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”

4.2  Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan  sesuai dengan  karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan

4.2.1    Menentukan topik teks rekaman percobaan
4.2.2    Mengembangkan topik menjadi kalimat-kalimat
4.2.3    Menyusun/menggabungkan kalimat-kalimat  menjadi teks rekaman percobaan dengan memperhatikan ketepatan struktur
4.2.4    Menyusun teks rekaman percobaan  dengan memperhatikan kaidah bahasa

4.3. Menelaah dan merevisi  teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dn kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

4.3.1        Menyunting teks rekaman percobaan dari segi kelengkapan struktur
4.3.2        Menyunting  teks rekaman percobaan dari segi kebahasaan
4.3.3        Merevisi teks rekaman percobaan sesuai dengan struktur teks dan kaidah kebahasaan yang berlaku.

4.4   Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik lisan maupun tulisan.

4.4.1  Menentukan ide pokok tiap paragraf dari teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
4.4.2  Menyusun ide pokok menjadi paragraf
4.4.3  Menyusun rangkaian paragraf menjadi ringkasan

C.    Materi Pembelajaran
ü Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan ke-1
1.    Struktur teks Rekaman Percobaan “Membuat Es Krim”
2.    Ciri bahasa teks Rekaman Percobaan
a.         Kata Bilangan
b.        Kata sulit dan istilah
c.         Kalimat utama tiap paragraf

Pertemuan ke-2
1.    Struktur Teks Rekaman Percobaan. Yang berjudul “Membuat Es Krim”
2.    Kata Bilangan
3.    Kata sulit dan istilah

Pertemuan ke-3
1.    Cara menentukan topik teks rekaman percobaan
2.    Cara mengembangkan topik menjadi kalimat

Pertemuan ke- 4
1.    Cara Menyusun teks rekaman percobaan berdasarkan struktur dan kaidah bahasa

Pertemuan ke-5
1.      Struktur Teks rekaman percobaan yang berjudul “ Membuat Es Krim”
2.      Kata Sulit dan istilah
3.      Kata Bilangan

Pertemuan ke-6
Cara meringkas teks rekaman percobaan

ü Materi Pembelajaran Remedial
1.    Struktur teks rekaman percobaan
2.    Telaah penggunaan unsur kebahasaan
3.    Ringkasan teks

ü Materi Pembelajaran Pengayaan
Penyusunan teks rekaman percobaan membuat telur asin

D.    Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan      : Saintifik
2.    Model              : Discovery Learning
3.    Metode            : diskusi, tanya jawab, penugasan, inkuiri, observasi


E.     Kegiatan Pembelajaran/Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke – 1 : (2JP)
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)
1.        Peserta didik mengondisikan diri untuk siap mengikuti pelajaran dengan tertib.
2.        Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang pengalaman Peserta didik ketika berdebat sebagai pengantar untuk memahami teks rekaman percobaan.
3.        Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan manfaat memahami teks rekaman percobaan. dengan cermat.
4.        Peserta didik menyimak motivasi yang diberikan oleh guru agar semangat belajar memahami teks rekaman percobaan
5.        Peserta didik menyimak rencana kegiatan pembelajaran memahami teks rekaman percobaan yang disampaikan oleh guru dengan cermat dan tertib.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengomunikasikan
Mengomunikasikan
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)

Mengamati
a.       Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap jujur dan percaya diri peserta didik menyimak tayangan.
b.      Peserta didik membaca  teks rekaman percobaan yang berjudul  “Membuat Es Krim”
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

Menanya
a.       Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan santun, peserta didik menanyakan  informasi yang berkaitan dengan teks rekaman percobaan yang berjudulMembuat Es Krim” 
b.      Dengan sikap jujur dan percaya diri peserta didik menjawab pertanyaan tentang informasi yang berhubungan dengan teks rekaman percobaan yang berjudulMembuat Es Krim
Data collection (pengumpulan data)

Mengumpulkan Informasi
a.       Peserta didik menemukan struktur teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
b.      Mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri kebahasaan teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
Data processing (pengolahan data)


Verification (pembuktian)
Mengasosiasi
a.         Menentukan struktur teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
b.         Menentukan ciri bahasa teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”

a.     Membandingkan hasil temuan dengan penjelasan yang ada di buku teks halaman 233—234
Generalization (menarik simpulan/generalisasi)

Mengomunikasikan
a.       Salah satu peserta didik perwakilan kelompok mempresentasikan  hasil diskusi.
b.      Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2.      Peserta didik bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran
3.      Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.

Pertemuan ke – 2 : (2Jp)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.    Peserta didik mengondisikan diri untuk siap mengikuti pelajaran dengan tertib.
2.    Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang pengalaman Peserta didik ketika berdebat sebagai pengantar untuk memahami teks rekaman percobaan.
3.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan manfaat memahami teks rekaman percobaan. dengan cermat.
4.    Peserta didik menyimak motivasi yang diberikan oleh guru agar semangat belajar memahami teks rekaman percobaan
5.    Peserta didik menyimak rencana kegiatan pembelajaran memahami teks rekaman percobaan yang disampaikan oleh guru dengan cermat dan tertib.
Mengomunikasikan
Mengomunikasikan
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
Mengamati
a.    Peserta didik diajak membangun konteks dengan mengamati teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
b.    Peserta didik Membaca  teks  yang berjudul “Membuat Es Krim”   dan memahami isinya  dengan menjawab pertanyaan
c.    Peserta didik membaca  teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”   mengidentifikasi  unsur kebahasaan/ciri-ciri  bahasa teks rekaman percobaan (kata bilangan, kata dan istilah, kalimat utama) sesuai dengan pemahaman awal yang dimiliki peserta didik
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
Menanya
a.    Peserta didik dengan bantuan pendidik bertanya jawab dengan santun  tentang rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”   yang berhubungan dengan struktur  teks dan ciri –ciri kebahasaan.
b.    Peserta didik diberi kesempatan untuk memberikan  jawaban sementara terhadap pertanyaan-pertanyaan yang muncul dengan santun sebelum menunjukkan data dalam teks.
Data collection (pengumpulan data)
Mengumpulkan Informasi
a.    Melalui diskusi kelompok,  peserta didik  secara cermat  menemukan kata dan istilah, kalimat utama tiap paragraf, dan kata bilangan yang menggunakan angka Arab dan angka Romawi yang terdapat pada langkah-langkah teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
b.    Dilanjutkan dengan mengisi tabel  dalam buku Peserta didik, dengan cara menuliskan persis yang tertulis di buku Peserta didik dalam rangka menguatkan pemahaman Peserta didik tentang penggunaan kata bilangan dalam teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
Data processing (pengolahan data)

Verification (pembuktian)
Mengasosiasi
a.    Peserta didik diberi teks rekaman percobaan yang tidak lengkap (tidak ada penggunaan kata bilangan dalam langkah-langkah)
b.     Bersama kelompoknya peserta didik mengidentifikasi kekurangan teks tersebut.
c.    Bersama kelompoknya peserta didik melengkapi kekurangan yang telah ditemukan  dalam teks tersebut
d.   Guru memberi kesempatan peserta didik untuk  menverifikasi  hasil kerja mereka sehingga peserta didik dapat menyempurnakan pekerjaannya
Generalization (menarik simpulan/generalisasi)
Mengomunikasikan
a.    Peserta didik diberi kesempatan untuk mempresen-tasikan hasil pekerjaannya.
b.    Kelompok lain memberikan tanggapan
c.    Guru memberikan  tambahan pengetahuan

Kegiatan Penutup
1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2.      Peserta didik bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran
3.      Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.

Pertemuan ke – 3 (2JP)
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)
1.    Peserta didik mengondisikan diri untuk siap mengikuti pelajaran dengan tertib.
2.    Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang pengalaman Peserta didik ketika berdebat sebagai pengantar untuk memahami teks rekaman percobaan.
3.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan manfaat memahami teks rekaman percobaan. dengan cermat.
4.    Peserta didik menyimak motivasi yang diberikan oleh guru agar semangat belajar memahami teks rekaman percobaan
5.    Peserta didik menyimak rencana kegiatan pembelajaran memahami teks rekaman percobaan yang disampaikan oleh guru dengan cermat dan tertib.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengomunikasikan
Mengomunikasikan
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
Mengamati
a.    Peserta didik.diingatkan kembali  struktur teks rekaman percobaan dengan memberikan teks yang berjudul “Membuat Es Krim”
b.    Peserta didik diminta mengamati dan  ide pokok yang ada dalam teks tersebut
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
Menanya
a.    Peserta didik diminta menanya hal-hal yang belum dipahaminya terutama yang berkaitan dengan cara  menentukan ide pokok.
b.    Peserta didik dan guru bertanya jawab mengenai cara menyusun ide pokok menjadi teks rekaman percobaan
Data collection (pengumpulan data)
Mengumpulkan Informasi
a.   Secara kelompok peserta didik menentukan topik teks rekaman percobaan yang disusun .
b.  Peserta didik membuat ide-ide pokok yang nantinya akan dikembangkan menjadiparagraf
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.      Peserta didik bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran
2.      Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
3.      Peserta didik diberi tugas untuk mempelajari cara menyusun teks rekaman percobaan berdasarkan ide pokok yang sudah ditemukan.
Pertemuan ke – 4: (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.    Peserta didik mengondisikan diri untuk siap mengikuti pelajaran dengan tertib.
2.    Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang pengalaman Peserta didik ketika berdebat sebagai pengantar untuk memahami teks rekaman percobaan.
3.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan manfaat memahami teks rekaman percobaan. dengan cermat.
4.    Peserta didik menyimak motivasi yang diberikan oleh guru agar semangat belajar memahami teks rekaman percobaan
5.    Peserta didik menyimak rencana kegiatan pembelajaran memahami teks rekaman percobaan yang disampaikan oleh guru dengan cermat dan tertib.

Kegiatan Inti (60 menit)
Mengomunikasikan
Mengomunikasikan
Data processing (pengolahan data)

Verification (pembuktian)
Mengasosiasi
a.    Secara berkelompok Peserta didik mengembangkan setiap ide pokok yang sudah ditemukan pada pertemuan sebelumnya menjadi kerangka paragraf yang utuh
b.    Secara berkelompok Peserta didik mengembangkan kerangka karangan
c.    Peserta didik menyusun seluruh paragraf menjadi teks rekaman percobaan dengan struktur yang benar
d.    Peserta didik mendiskusikan kembali hasil akhir teks rekaman percobaan untuk mengetahui apakah masih ada kekurangan dan kesalahan
Generalization (menarik simpulan/generalisasi)
Mengomunikasikan
a.    Peserta didik mempresentasikan hasil penyusunan teks rekaman percobaan secara bergantian
b.    Kelompok lain menanggapi
c.    Peserta didik  menyimpulkan hasil pembelajaran

Kegiatan Penutup(10 menit)
1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2.      Peserta didik bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran
3.      Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.

Pertemuan ke – 5 : (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.    Peserta didik mengondisikan diri untuk siap mengikuti pelajaran dengan tertib.
2.    Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang pengalaman Peserta didik ketika berdebat sebagai pengantar untuk memahami teks rekaman percobaan.
3.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan manfaat memahami teks rekaman percobaan. dengan cermat.
4.    Peserta didik menyimak motivasi yang diberikan oleh guru agar semangat belajar memahami teks rekaman percobaan
5.    Peserta didik menyimak rencana kegiatan pembelajaran memahami teks rekaman percobaan yang disampaikan oleh guru dengan cermat dan tertib.

Kegiatan Inti (60 menit)
Mengomunikasikan
Mengomunikasikan
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
Mengamati
a.    Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap jujur dan percaya diri,  peserta didik menyimak tayangan membangun konteks
b.    Peserta didik mengenali/mengamati  teks rekaman percobaan yang berjudul  “Membuat Es Krim
c.    Peserta didik diminta menemukan struktur dari teks tersebut.
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
Menanya
Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang ditemukan dari teks rekaman percobaan yang berjudul  “Membuat Es Krim”
Data collection (pengumpulan data)
Mengumpulkan Informasi
a.    Peserta didik secara berkelompok menentukan struktur teks yang ada di teks rekaman percobaan yang berjudul  “Membuat Es Krim”
b.    Peserta didiksecara berkelompok  menentukan unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks tersebut.
c.    Peserta didik secara berkelompok mencari dan menemukan kata-kata sulit yang belum diketahui maknanya.
Data processing (pengolahan data)

Verification (pembuktian)
Mengasosiasi
a.    Berdasarkan struktur teks yang telah ditemukan setiap kelompok menyusunnya menjadi teks rekaman percobaan sesuai urutan struktur yang benar.
b.   Peserta didik merevisi pengunaan unsur-unsur bahasa yang belum tepat  sehingga sesuai degan kaidah-kaidah yang berlaku dalam bahasa Indonesia.
c.   Peserta didik mendiskusikan kembali hasil akhir revisi teks rekaman percobaan yang telah disusun untuk mengetahui apakah masih ada kekurangan dan kesalahan
Generalization (menarik simpulan/generalisasi)
1.      Mengomunikasi
a.    Peserta didik mempresentasikan hasil penyusunan teks rekaman percobaan secara bergantian
b.    Kelompok lain menanggapi
c.    Guru memberikan penguatan dan penegasan terhadap hasil diskusi

Kegiatan Penutup (10 menit)
1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2.      Peserta didik bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran
3.      Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.

Pertemuan ke – 6 : (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10  menit)
1.    Peserta didik mengondisikan diri untuk siap mengikuti pelajaran dengan tertib.
2.    Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang pengalaman peserta didik ketika berdebat sebagai pengantar untuk memahami teks rekaman percobaan.
3.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan manfaat memahami teks rekaman percobaan. dengan cermat.
4.    Peserta didik menyimak motivasi yang diberikan oleh guru agar semangat belajar memahami teks rekaman percobaan
5.    Peserta didik menyimak rencana kegiatan pembelajaran memahami teks rekaman percobaan yang disampaikan oleh guru dengan cermat dan tertib.
Kegiatan Inti
Mengomunikasikan
Mengomunikasikan
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
Mengamati
a.    Peserta didik mengamati teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
b.    Guru memberi contoh ide pokok yang   dalam sebuah  paragraf.
c.    Guru mengajukan pertanyaan yang dapat memancing  pemahaman Peserta didik tentang ide pokok
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
Menanya
a.     Guru memberi kesempatan kepada Peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan ide pokok .
b.     Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya jawab tentang cara menemukan ide pokok dalam paragraf.

Data collection (pengumpulan data)
Mengumpulkan Informasi
a.       Secara berkelompok Peserta didik menentukan struktur yang terdapat  dalam teks rekaman percobaan yang berjudul “Membuat Es Krim”
b.      Secara berkelompok Peserta didik menemukan ide pokok dari tiap paragraf yang ada dari teks tersebut.

Data processing (pengolahan data)

Verification (pembuktian)
Mengasosiasi
a.     Secara  berkelompok Peserta didik menyusun   ide pokok yang ditemukan  menjadi paragraf
b.     Menyusun rangkaian paragraf menjadi ringkasan yang baik
c.     Guru memberi kesempatan Peserta didik untuk  menverifikasi  hasil kerja merekasehingga Peserta didik dapat menyempurnakan ringkasannya.
Generalization (menarik simpulan/generalisasi)
2.      Mengomunikasi
a.       Peserta didik diberi kesempatan untuk mempresen-tasikan hasil ringkasannya.
b.       Kelompok lain memberikan tanggapan
c.       Guru memberikan  pengetahuan

Kegiatan Penutup (12 menit)
1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2.      Peserta didik bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran
3.      Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.

F.     Penilaian
       Penilaian Sikap
a.      Penilaian  Kompetensi  Sikap  Melalui  Observasi

Penilaian  Sikap Kegiatan Praktikum/Diskusi
Mata Pelajaran       
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      
:
IX/ genap
Kompetensi Dasar
(KI 1)
:
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
Kompetensi Dasar  (KI 2)
:
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
Topik/Subtopik
:
Teks Rekaman Percobaan
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 1)
:
1.1.1       Menunjukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2.1 Menunjukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3.1   Menujukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 2)
:
2.4.1  Berpendapat atau melakukan tindakan tanpa ragu-ragu.
2.4.2   Mampu membuat keputusan dengan cepat
2.4.3  Berani presentasi di depan kelas
2.4.4  Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab keyakinan kuat untuk berbuat atau  bertindak pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya

Instrumen:
Lembar Penilaian  Sikap
Mata Pelajaran    :       Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    :       IX/ GENAP
Materi PokokTeks Rekaman Percobaan
Kompetensi dasar       :          
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah



No
Nama Siswa
Spiritual
Percaya diri
Semangat dalam kegiatan ilmiah 
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
.....................





2.






......








                                 
b.      Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri

Mata Pelajaran       
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      
:
IX/ genap
Kompetensi Dasar  (KI 1)
:
1.1    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
Kompetensi Dasar  (KI 2)
:
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
Topik/Subtopik
:
Teks Rekaman Percobaan
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 1)
:
1.1.2  Menunjukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
1.2.1 Menunjukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.3.1   Menujukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 2)
:
2.4.1   Berpendapat atau melakukan tindakan tanpa ragu-ragu.
2.4.2          Mampu membuat keputusan dengan cepat.
2.4.3          Berani presentasi di depan kelas.
2.4.4    Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab keyakinan kuat untuk berbuat atau  bertindak pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya.
Instrumen:
LEMBAR PENILAIAN DIRI SENDIRI (SIKAP PERCAYA DIRI)
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
              Nama Peserta Didik  : ………………….
              Kelas                         : ………………….
              Tanggal Pengamatan : …………………..
              Materi Pokok            : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor nilai
1
2
3
4
1
Saya berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.




2
Saya mampu membuat keputusan dengan cepat




3
Saya berani presentasi di depan kelas




4
Saya berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan





LEMBAR PENILAIAN DIRI SENDIRI (SIKAP SPIRITUAL)

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
              Nama Peserta Didik  : ………………….
              Kelas                         : ………………….
              Tanggal Pengamatan : …………………..
              Materi Pokok : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor nilai
1
2
3
4
1
Saya menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya




2
Saya menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis




3
Saya menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis






c.       Penilaian Antar Peserta Didik

Mata Pelajaran       
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      
:
IX/ genap
Kompetensi Dasar  (KI 1)
:
1.1    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
Kompetensi Dasar (KI 2)
:
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
Topik/Subtopik

Teks Rekaman Percobaan
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 1)
:
1.1.3  Menunjukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2.1 Menunjukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3.1   Menujukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 2)
:
1.4.1      Berpendapat atau melakukan tindakan tanpa ragu-ragu.
1.4.2         Mampu membuat keputusan dengan cepat
1.4.3         Berani presentasi di depan kelas
1.4.4         Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab keyakinan kuat untuk berbuat atau  bertindak pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya

Instrumen:
LEMBAR PENILAIAN ANTARTEMAN (SIKAP PERCAYA DIRI)
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
              Nama Peserta Didik  : ………………….
              Kelas                         : ………………….
              Tanggal Pengamatan : …………………..
              Materi Pokok            : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor nilai
1
2
3
4
1
Teman saya berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.




2
Teman saya mampu membuat keputusan dengan cepat




3
Teman saya berani presentasi di depan kelas




4
Teman saya berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan





LEMBAR PENILAIAN DIRI SENDIRI (SIKAP SPIRITUAL)

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
              Nama Peserta Didik  : ………………….
              Kelas                         : ………………….
              Tanggal Pengamatan : …………………..
              Materi Pokok            : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor nilai
1
2
3
4
1
Teman saya menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya




2
Teman saya menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis




3
Teman saya menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis








Penilaian Sikap melalui  Jurnal

Mata Pelajaran       
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      
:
IX/ genap
Kompetensi Dasar  (KI 1)

1.1  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
Kompetensi Dasar  (KI 2)
:
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
Topik/Subtopik

Teks Rekaman Percobaan
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 1)

1.1.4  Menunjukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2.1 Menunjukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa  Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3.1   Menujukkan sikap menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
Indikator Pencapaian Kompetensi (KI 2)
:
2.4.1       Berpendapat atau melakukan tindakan tanpa ragu-ragu.
2.4.2       Mampu membuat keputusan dengan cepat
2.4.3       Berani presentasi di depan kelas
2.4.4       Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab keyakinan kuat untuk berbuat atau  bertindak pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya

JURNAL
                   Nama Peserta Didik   :……………………………………………………
                   Nomor peserta Didik :………………………………………………..
                   Tanggal                      :…………………………………………………
                   Aspek yang diamati   : ……………………………………………
                   Kejadian                     ……………………………………………........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

                   Guru:   _______________________


c.    Penugasan
Mata Pelajaran       
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      
:
IX/2
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
:
:
Mengidentifikasi kekurangan teks rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.
Topik/Subtopik
:
Pemodelan Teks Rekaman Percobaan
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
1.      Mengidentifikasi kekurangan teks aspek struktur teks
2.      Mengidentifikasi kekurangan teks dari unsur kebahasaan



Instrumen
A.   Soal
1.     Carilah contoh teks rekaman percobaan, kemudian carilah kekurangan teks tersebut berdasarkan struktur teks dan aspek kebahasaannya! 
B.   Rubrik  Penilaian
No.
ASPEK
SKOR
4
3
2
1
1
Struktur teks
Peserta didik dapat menemukan kekurangan struktur teks dengan tepat.
Peserta didik menemukan sebagian besar kekurangan struktur teks
Peserta didik menemukan sebagian kecil kekurangan struktur teks
Peserta didik tidak menemukan kekurangan struktur teks
2
Unsur kebahasaan
Peserta didik dapat menemukan kekurangan unsur kebahasaan teks dengan tepat.
Peserta didik menemukan sebagian besar kekurangan unsur kebahasaan teks
Peserta didik menemukan sebagian kecil kekurangan unsur kebahasaan teks
Peserta didik tidak menemukan kekurangan unsur kebahasaan teks

Nilai akhir =
skor yang diperoleh
X 100%
Skor maksimal

d.      Pertemuan ke – 3 dan ke – 4
            Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
a.      Penilaian Projek

Mata Pelajaran       
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      
:
IX / 1
Kompetensi Dasar 
:
4.2.Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan  sesuai dengan  karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
Topik/Subtopik
:
Menyusun Teks Rekaman Percobaan Berkelompok
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
-    Menentukan topik teks rekaman percobaan
-    Mengembangkan topik menjadi kalimat-kalimat
-    Menyusun/menggabungkan kalimat-kalimat tersebut menjadi teks rekaman percobaan dengan memperhatikan ketepatan struktur
-    Menyusun teks rekaman percobaan  dengan memperhatikan kaidah bahasa

Instrumen:
Susunlah sebuah teks rekaman percobaan dengan ketentuan sebagai berikut.
1.      Tentukan topik teks rekaman percobaan yang akan disusun! Topik tersebut
dapat  berhubungan dengan diri sendiri, orang lain, sekolah atau sesuatu yang menarik bagimu.
2.      Carilah sumber-sumber informasi yang sesuai dengan topik yang kamu pilih, baik
melalui  internet maupun media massa!
3.    Perhatikan struktur teks dan kaidah bahasa!
4.    Kerjakan secara berkelompok dalam waktu 1  minggu!

Format Penilaian:
pelajaran            : Bahasa Indonesia          
Nama Proyek    : Menyusun teks  Rekaman Percobaan
Alokasi Waktu 1 minggu                   
Guru pembimbing  : ............................................
Nama                 : ....................................
Kelas                 : ................
Nomor               : ..................

No.
Aspek
Skor
4
3
2
1

1
PERENCANAAN




a. Persiapan




b. Menentukan tahap-tahap kegiatan






2
PELAKSANAAN




a. Keakuratan Sumber Data/ Informasi




b. Kuantitas Sumber Data/ Informasi




c. Uraian Teks Tanggapan Kritis




d. Panarikan Kesimpulan





3
LAPORAN PROJEK




a. Orisinalitas / Keaslian




b. Kesesuaian isi dengan tema




c. Ketepatan Struktur Teks




d. Penggunaan Kaidah Bahasa




Total Skor

A.    Rubrik  Penilaian

No.
ASPEK
SKOR
4
3
2
1
1
Struktur teks
Siswa dapat menemukan kekurangan struktur teks dengan tepat.
Siswa menemukan sebagian besar kekurangan struktur teks
Siswa menemukan sebagian kecil kekurangan struktur teks
Siswa tidak menemukan kekurangan struktur teks
2
Unsur kebahasaan
Siswa dapat menemukan kekurangan unsur kebahasaan teks dengan tepat.
Siswa menemukan sebagian besar kekurangan unsur kebahasaan teks
Siswa menemukan sebagian kecil kekurangan unsur kebahasaan teks
Siswa tidak menemukan kekurangan unsur kebahasaan teks

Nilai akhir =
skor yang diperoleh
X 100%
Skor maksimal

e.       Pertemuan ke – 5
   Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
a. Tertulis
Instrumen                   
a.       Perhatikan teks rekaman percobaan berikut kemudian jawablah pertanyaan nomor 1 -5!
Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana
Pada saat kita tidur, baik siang maupun malam hari, selalu saja ada makhluk kecil bersayap yang mengganggu tidur kita. Ya, makhluk kecil bersayap tersebut bernama nyamuk. Hal ini mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sepele dan dapat diatasi dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk yang banyak beredar di pasar. Namun, tahukah kamu jika cairan pembasmi tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternatif yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk.
Cara membuatnya cukup sederhana dan  bahan untuk membuatnya pun dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
Sebelum kamu coba membuatnya, siapkan bahan-bahan berikut!
Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter, 200 ml air, 50 gram gula merah, 1 gram ragi (beli di toko makanan kesehatan, warung, atau pasar).
Setelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah pembuatan berikut ini!
1.      Potong botol plastik di tengah! Simpan bagian atas/mulut botol!
2.      Campur gula merah dengan air panas! Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol!
3.      Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk! Ini akan menghasilkan karbondioksida!
4.      Pasang/masukkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong!
5.      Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda!

1.      Bagian apakah yang belum ada pada teks rekaman percobaan tersebut! (skor maksimal 2)
2.      Revisilah bagian teks berikut ini menjadi bagian yang mencirikan unsur kebahasaan teks percobaan(skor maksimal 3).
Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter, 200 ml air, 50 gram gula merah, 1 gram ragi
3.      Revisilah bagian teks berikut ini menjadi bagian yang mencirikan unsur kebahasaan teks percobaan.(skor maksimal 5)
-          Potong botol plastik di tengah! Simpan bagian atas/mulut botol!
-          Campur gula merah dengan air panas! Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol!
-          Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk! Ini akan menghasilkan karbondioksida!
-          Pasang/masukkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong!
-          Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda!
4.      Lengkapilah dan revisilah teks tersebut sehingga menjadi teks percobaan yang benar dari aspek struktur dan unsur kebahasaan!(skor maksimal 10).
b.      Kunci jawaban
1)      Hasil dan simpulan
2)       
1. Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter,
2. 200 ml air,
3. 50 gram gula merah,
4. 1 gram ragi
              3)
I.       Potong botol plastik di tengah! Simpan bagian atas/mulut botol!
II.    Campur gula merah dengan air panas! Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol!
III. Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk! Ini akan menghasilkan karbondioksida!
IV. Pasang/masukkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong!
V.    Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda!
       4) a. Setelah melalui langkah-langkah pembuatan, kini alat perangkap nyamuk yang sederhana dan ampuh telah berhasil dibuat. Kamu dapat menggunakannya pada siang atau malam hari.
b. Perangkap nyamuk sederhana ini terbukti lebih aman digunakan dibandingkan dengan cairan kimia pembasmi nyamuk. Alat ini dapat kamu taruh di pojok kamar atau di bawah tempat tidur. Dalam satuan banyak nyamuk yang tertampung dalam botol.
c. 1. Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter,
2. 200 ml air,
3. 50 gram gula merah,
4. 1 gram ragi
d.
I.       Potong botol plastik di tengah! Simpan bagian atas/mulut botol!
II.    Campur gula merah dengan air panas! Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol!
III. Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk! Ini akan menghasilkan karbondioksida!
IV. Pasang/masukkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong!
V.    Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda!


Nilai akhir =
skor yang diperoleh
X 100%
Skor maksimal


G.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.                                                   Media              : Teks Rekaman Percobaan
2.                                                   Alat                  : LCD, Laptop, Pengeras Suara/Speaker
3.                                                   Sumber Belajar:
Kemendikbud. 2015. Buku Peserta didik:Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta : Kemendikbud.
Kemendikbud. 2015. Buku Guru:Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta : Kemendikbud.
Permendikbud No 46 tahun 2009. Penyempurnaan EYD. Jakarta: Depdikbud.
Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



Susanto, S. Pd., M. M.
NIP 19570930 197903 1 005


Batangan, 2 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,



Bambang Sukamto, M. Pd.
NIP 19600522 198403 1 004


Previous
Next Post »